Hengkang dari Honda, Stoner Merapat ke Ducati

Berita Otomotif

Hengkang dari Honda, Stoner Merapat ke Ducati

JAKARTA - Rumor terkait kepindahan Casey Stoner dari Honda ke Ducati terbukti. Juara dunia MotoGP dua kali itu akan menjadi test rider dan duta Ducati.

Stoner sendiri menjadi test rider Honda setelah mengakhiri karirnya di MotoGP pada akhir musim 2012. Dia telah memenangkan gelar juara dunia untuk Ducati pada tahun 2007 dan menambahkan mahkota kedua dengan Honda pada tahun 2011.

“Kami memiliki kenangan luar biasa dengan Casey,” kata wakil presiden Honda Racing Corp Shuhei Nakamoto.

“Dari saat dia tiba pada tahun 2011 di Repsol Honda Team kami memiliki hubungan yang sangat dekat, dan kami selalu menikmati ketika berbicara dengannya tentang balapan dan hal-hal teknis.” 

“Tentu saja kemenangan kejuaraan pada tahun 2011 adalah saat yang sangat istimewa bagi kami dan karir saya,” ujar Nakamoto.

“Bahkan setelah balapan lain, saya menikmati menghadiri tes dengan dia dan menghabiskan waktu bersama-sama,” tambahnya.

Bersama Honda, Stoner telah membukukan 15 kemenangan (10 di musim 2011 dan 5 di musim 2012), 2 kali finish posisi kedua (1 kali di musim 2011 dan 1 kali di musim 2012), 9 kali finish posisi ketiga (5 kali di musim 2011 dan 4 kali di musim 2012) dengan total 26 podium.

Dia juga telah membukukan 17 pole position (12 kali di 2011, 5 kali di 2012) dan 9 fastest race laps (7 kali di 2011, 2 kali di 2012). Ketika membela tim satelit LCR Honda di 2006 dirinya juga sekali mendapat pole position. (Baca juga: Sambutlah Suzuki GSX-RR MotoGP 2016)

Nostagia Bersama Ducati
Setelah bersama Honda dan merapat ke Ducati, rider Australia berusia 30 tahun itu akan membuat penampilan perdana di World Ducati Week 2016 (1-3 Juli).

Dahulu, ketika di Ducati, dia menunggangi Ducati Desmosedici GP dan meraih 10 kemenangan dalam 18 balapan untuk kemudian merebut 2007 MotoGP World Championship. Dan selama 2007 dan 2010 bersama Ducati, Stoner tercatat telah memenangkan 23 balapan.

"Merupakan perjalanan besar dengan HRC selama lima tahun terakhir, memenangkan Kejuaraan Dunia pada tahun 2011 jelas titik tertinggi, dan saya telah mendapat banyak teman dan membentuk hubungan yang langgeng sepanjang jalan," kata Stoner.

"Untuk 2016 saya sangat gembira mengumumkan bahwa saya akan kembali bergabung dengan tim Ducati! Saya punya begitu banyak kenangan besar bekerja dengan orang-orang Ducati, dan kesempatan untuk bekerja dengan mereka lagi adalah sesuatu yang sangat istimewa," lugasnya.

"Gigi Dall'Igna telah membawa sebuah pendekatan baru, dan saya tak sabar untuk membantu tim, Andrea Dovizioso dan Andrea Iannone."

Dia pun menegaskan bahwa Ducati selalu ada di hatinya.

"Merek Ducati dan para penggemar Ducati telah seperti bagian besar dari karir saya, dan hidup saya, sehingga akan benar-benar hebat untuk menyatukan kembali hubungan dan memulai bab lain dengan merek ikonik ini."

Sementara itu, CEO Ducati Claudio Domenicali juga mengaku senang anak emas Ducati ini kembali.

"Stoner selalu tetap di hati semua Ducatisti, dan saya benar-benar senang dia telah memutuskan untuk kembali ke keluarga kami," cetusnya.

"Casey memiliki bakat luar biasa dan dengan pengalamannya, ia akan dapat memberikan kontribusi penting untuk Gigi dan dua Andrea dalam pengembangan motor Desmosedici MotoGP."

"Kehadirannya di WDW 2016 akan menjadi hadiah istimewa untuk semua fans dan penggemar Ducati, yang akhirnya akan memiliki kesempatan untuk mengejar ketertinggalan sekali lagi dengan juara besar ini, yang membawa gelar dunia 2007 untuk Borgo Panigale dan yang memenangkan berbagai balapan GP dengan Desmosedici GP." [Syu/Idr]

Temukan motor idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual