Head Unit Besar Wuling Almaz Bisa Setel YouTube Hingga Spotify

Berita Otomotif

Head Unit Besar Wuling Almaz Bisa Setel YouTube Hingga Spotify

JAKARTA – Wuling Almaz memiliki head unit layar sentuh berukuran sangat besar yang mendukung beragam aplikasi media sosial seperti Facebook plus aplikasi di smartphone seperti YouTube dan Spotify.

Wuling memperkenalkan Almaz pada Rabu (23/1/2019) di Sentul, Bogor, sebelum peluncuran resminya pada kuartal satu 2019. Sebelumnya, pada 2017 dan 2018, Wuling selalu meluncurkan multi purpose vehicle (MPV) yakni Confero 1.5-liter, Cortez 1.8-liter, Cortez 1.5-liter.

Almaz merupakan calon sport utility vehicle (SUV) pertama Wuling di Indonesia yang namanya diambil dari bahasa Arab.

Salah satu yang menjadi sorotan utama dalam paparan adalah head unit-nya yang punya ukuran ‘tak  biasa’. Ukuran tersebut mengingatkan pada head unit Tesla.

“Head unit ini berukuran 10,4 inchi,” sebut Danang Wiratmoko dalam presentasinya.

Melalui head unit itu, pabrikan asal China ini memberikan fitur Wuling Link. Ini adalah fasilitas untuk menampilkan interface (tampilan) smartphone ke head unit melalui kabel serta menghantarkan suara melalui koneksi Bluetooth.

Data teknis dari Wuling menyebut Wuling Link mendukung banyak aplikasi. Di antara yang disebutkan adalah Facebook, Line, YouTube, Google, Gmail, Instagram, Google Maps, JOOX, Whatsapp, Spotify.

Head unit itu pun dapat digunakan untuk menyetel berbagai aspek dalam kendaraan, melihat fitur Tire Pressure Monitoring System (TPMS), menyaksikan fitur 360 Degree Camera, sampai menyetel pendingin ruangan.

Fitur-fitur lain yang berhubungan dengan kenyamanan ialah Start/Stop Button, Keyless Remote, Keyless Entry, Six-ways Electric Adjustable Driver Seat, USB Charging serta AC vent di baris kedua, Cruise Control dan Sun Roof. Adapun fitur keselamatannya adalah dua sensor parkir di depan dan empat sensor parkir di belakang, Traction Control System, Electronic Stability Control, Hill Hold Control, sistem pengereman ABS – EBD – BA, empat airbag yang tersebar di depan serta samping, Seatbelt Reminder, Immobilizer, Rear Disc Brake, Emergency Stop Signal, struktur bodi dari baja berkekuatan tinggi.

Almaz dipersenjatai mesin bensin 1.5-liter turbo bertenaga 140hp di 5.300 rpm dan torsi 250 Nm di 1.600 – 3.600 rpm. Sebagai padanannya, diberikanlah transmisi otomatis CVT 8-percepatan. Almaz juga menggunakan sistem penggerak roda depan. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar