Hati-Hati, Kondisi Jembatan Cisomang Purbaleunyi Bermasalah

Berita Otomotif

Hati-Hati, Kondisi Jembatan Cisomang Purbaleunyi Bermasalah

JAKARTA – Jembatan Cisomang bermasalah, beban lalu lintas jalan tol Purbaleunyi dibatasi.

Bagi Anda yang hendak liburan ke Bandung via Tol Cipularang, sebaiknya berhati-hati. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) hari ini menyebarkan siaran pers tentang hasil monitoring serta evaluasi Jembatan Cisomang pada Jalan Tol Purwakarta-Bandung-Cileunyi (Purbaleunyi) tepatnya di KM 100+700. 

Dari hasil evaluasi oleh PT. Jasa Marga sebagai Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) pada kamis (22/12), diperoleh hasil bahwa telah terjadi pergeseran (deformasi) pada pilar kedua (P2) sudah melebihi batas izin yang disyaratkan. Namun demikian vibrasi jembatan tersebut masih dalam ambang batas aman.

Hasil ini telah disampaikan kepada Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ) juga Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).

Berdasarkan kondisi ini, KKJTJ telah melaporkan kepada Menteri PUPR bahwa perlu dilakukan evaluasi menyeluruh terhadap keamanan jembatan. Dengan pertimbangan tersebut di atas, Menteri PUPR menyetujui saran KKJTJ untuk membatasi beban lalu lintas yang diizinkan melalui Jembatan Cisomang.


Sebagai tindak lanjut, Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR meminta kepada BPJT (sebagai regulator jalan tol) dan PT. Jasa Marga (sebagai operator jalan tol) untuk segera menerapkan pembatasan lalu lintas di Jembatan Cisomang yang hanya bisa dilalui oleh kendaraan Golongan I.

BPJT dan PT. Jasa Marga juga diminta segera melakukan monitoring pergerakan pilar-pilar Jembatan Cisomang serta melaksanakan perkuatan terhadap struktur jembatan untuk mencegah pergeseran lebih lanjut. Berikutnya juga menjamin kapasitas struktur jembatan berada pada kondisi aman untuk pengguna lalu lintas.

KKJTJ juga meminta BPJT dan PT. Jasa Marga untuk menyiagakan petugas di jembatan tersebut. Tujuaannya agar apabila kondisi jembatan tidak aman, petugas  dapat segera menghentikan lalu lintas melewati jembatan.  (Amo/Ari)

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Amos Arya

Amos Arya

Penyuka otomotif yang ingin mengungkap keunikan dan keseruan seputar otomotif


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support