Perhatian, Ini 9 Lokasi Kamera Tilang Elektronik di Bandung

Berita Otomotif

Perhatian, Ini 9 Lokasi Kamera Tilang Elektronik di Bandung

JAKARTA – Bandung bakal menyusul Jakarta menerapkan tilang elektronik (Electronic-Traffic Law Enforcement/E-TLE). Kepolisian akan menaruh kamera – kameranya di sembilan lokasi.

Seperti diberitakan, Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jendral Listyo Sigit Prabowo menjadikan tilang elektronik sebagai andalan dalam menindak pelanggaran lalu lintas. Karena itulah, banyak daerah nantinya menerapkan kebijakan tersebut.

Hal ini menjadi satu dari sekian banyak program 100 hari pertama dia sebagai suksesor Jendral (Purn.) Idham Azis.


Salah satu kota yang dipastikan akan menerapkan tilang elektronik adalah Bandung. Sejumlah persimpangan di ‘Kota Kembang’, menurut laporan NTMC Polri pada Selasa (2/2/2021), rencananya diintai kamera – kamera canggih.

Kanit Turjawali Polrestabes Bandung AKP Anang Suryana menerangkan bahwa di awal penerapan tilang elektronik ada sembilan persimpangan jalan di Bandung yang dipasangkan kamera. Berikut adalah rinciannya:

  1. Jalan simpang Buah Batu
  2. Simpang Pasirkoja
  3. Simpang Pelajar Pejuang – Turangga
  4. Simpang Ahmad Yani – Riau
  5. Simpang Jalan Pahlawan – Pasupati
  6. Simpang Jalan Dago – Cikapayang
  7. Simpang Jalan Pasteur
  8. Simpang Jalan Asia Afrika – Otista
  9. Simpang Jalan Kosambi

Pemberlakuan tilang elektronik di Ibu Kota Provinsi Jawa Barat ini sendiri belum bisa dipastikan. Menurutnya, mereka hingga detik ini masih menunggu arahan dari Kepolisian Republik Indonesia terkait teknis penerapan.

“Fasilitas CCTV semua sudah terpasang. Kalau masalah teknis kami belum,” tandas Anang.

Kota lain yang bersiap menerapkan tilang elektronik di Jawa Barat adalah Cirebon. Di tahap awal, Kapolri menyasar tiga area Kepolisian Daerah (Polda) terlebih dahulu untuk penerapannya yaitu Polda Jawa Barat, Polda Jawa Tengah, serta Polda Riau melalui koordinasi.

Ada pula empat area Kepolisian Resor Kota (Polresta) yakni Polresta Jambi, Polresta Gresik, Polresta Batam, Polresta Padang.

Secara total, di tiga Polda plus empat Polresta tersebut akan ada 166 kamera E-TLE. Peresmian penerapannya sendiri dijadwalkan pada Maret 2021. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar