Harga Yamaha Nmax Bekas Mulai Belasan Juta Rupiah, yang Baru Rp30 Jutaan

Panduan Pembeli

Harga Yamaha Nmax Bekas Mulai Belasan Juta Rupiah, yang Baru Rp30 Jutaan

Harga Yamaha Nmax bekas variatif, mulai belasan juta rupiah pun ada. Harga Nmax baru, di sisi lain, kini kisaran Rp30 jutaan.

Nmax merupakan salah satu motor populer di Indonesia. Kemunculannya pada 2015 membuat ‘kuda besi’ jenis skuter matik (skutik) adventure berkapasitas mesin 150-an cc ini dilirik masyarakat.

Masuk tahun keenam eksistensinya di pasar otomotif Tanah Air, sudah banyak Nmax bekas beredar di dealer – dealer. Harganya pun beragam.

Dalam artikel kali ini, simak kisaran harga Nmax termutakhir dalam kondisi baru, spesifikasinya, pun rentang harga Nmax seken dari berbagai tahun produksi.

Harga Yamaha Nmax Terbaru 2021

Yamaha Nmax 2021

Nmax versi terbaru untuk pasar Indonesia tersedia dalam tiga tipe. Ada tipe Standard, Connected, maupun Connected ABS.

Bisa dikatakan bahwa Nmax baru kini sudah tergolong skutik Rp30 jutaan. Pasalnya, harga tipe terbawahnya hanya berselisih ratusan ribu rupiah dari angka tersebut.

Berikut harga Nmax on the road Jakarta per awal Mei 2021 untuk setiap tipenya, seperti dikutip dari situs resmi Yamaha Indonesia:

  • Nmax Standard Rp29,85 juta
  • Nmax Connected Rp31,1 juta
  • Nmax Connected ABS Rp33,85 juta

Spesifikasi Yamaha Nmax Terbaru

Nmax yang ada di dealer – dealer resmi Yamaha saat merupakan generasi kedua. Peluncurannya terjadi pada Desember 2019 silam, dengan penjualan mulai Januari 2020.

Awalnya, yang hadir adalah varian Standard serta Connected ABS saja. Varian pertengahan, Connected, menyusul hadir pada November 2020 di tengah pandemi virus Corona (Covid-19).

Sebagai generasi terbaru, tentu saja, perubahannya bersifat mayor (major change) alias amat signifikan. Sasis disempurnakan, demikian pula dengan mesinnya.

Sasis barunya diklaim lebih rigid dan membuat Nmax lebih enak serta nyaman dibawa bermanuver. Ini dibantu lagi dengan kaki – kaki yang masih menggunakan Sub-tank Suspension.

Dimensi bodi berubah. Nmax generasi kedua sedikit memendek, tapi lebih tinggi.

Panjangnya kini 1.935 mm, dengan lebar masih 740 mm dan tinggi yang bertambah menjadi 1.160 mm.

Yamaha Nmax Generasi Kedua

Kapasitas tangki bensin diperbesar menjadi 7,1 liter. Adapun kapasitas sebelumnya 6,6 liter.

Kapasitas mesin Nmax generasi terbaru masih 155 cc satu silinder, SOHC, Fuel Injection, empat langkah, berpendingin cairan dengan teknologi Blue Core and VVA.

Akan tetapi, sektor dapur pacu tersebut mendapat penambahan Smart Generator System. Ada pula penyempurnaan pada bagian kepala silinder, katup hisap, cleaner box, maupun desain ruang bakar yang menggunakan piston kepunyaan Yamaha YZF-R15.

Diameter x langkah mesin adalah 58,0 mm x 58,7 mm dengan rasio kompresi 11,6:1. Gelontoran daya puncak mencapai 11,3 kW pada putaran mesin 8.000 rpm, dengan torsi maksimal 13,9 Nm di 6.500 rpm.

Tipe Standard punya fitur Start/Stop System, Electric Power Socket, Multifunction Full Digital Speedometer, Handlebar Switch Control, lampu depan dan belakang LED, lampu hazard, ban tubeless.

Tipe Connected memiliki terobosan baru yang terbilang canggih di kelasnya. Pasalnya, Nmax tipe ini tak hanya punya Smart Key System, tapi juga sudah mampu dikoneksikan dengan smartphone melalui aplikasi Y-Connect.

Konektivitas smartphone pada Nmax generasi termutakhir memiliki berbagai kemampuan. Pemilik bisa menyimpan lokasi parkir atau lokasi terakhir motor sebelum koneksi dengan aplikasi terputus, mendapatkan notifikasi pesan singkat atau telepon pada meter cluster, mengetahui kondisi oli mesin maupun voltase aki dan waktu perawatan, serta mendapatkan notifikasi via surel jika terjadi malfungsi atau masalah pada motor.

Tipe tertinggi, Connected ABS, ditambahkan lagi dengan sistem pengereman Dual Antilock Braking System (ABS) plus sistem kontrol traksi (Traction Control).

Nmax generasi kedua mempunyai warna jagoan yang tidak dimiliki pendahulunya yaitu hitam doff dengan aksen emas.

Sejarah Yamaha Nmax di Indonesia

Nmax generasi pembuka menjalani debut di Indonesia pada awal 2015, tepatnya pada Februari di Sirkuit Sentul, Bogor. Perpaduan kapasitas mesin lebih dari 150 cc yang sudah memiliki tenaga memadai, desain oke dan enak dibawa berkendara jarak jauh, plus harga mulai Rp27,4 jutaan on the road Jakarta saat itu membuatnya menjadi fenomena baru di pasar motor Tanah Air.

Yamaha Nmax 2015

Sebelum kedatangan Nmax, segmen skutik adventure 150 cc sebenarnya sudah diisi Honda PCX. Akan tetapi, skutik itu dahulu masih diimpor utuh dari Thailand dan dijual dengan harga tinggi yakni Rp40 jutaan sehingga tak tergapai masyarakat kebanyakan.

Baru pada 2017, Honda memperbaiki ‘kesalahannya’ pada PCX dan merilis versi produksi lokal dengan harga bersaing.

Lebih lanjut, sejak 2015, mesin Nmax sudah berbalut teknologi Blue Core plus VVA. Akan tetapi, belum ada Smart Generator System maupun Start/Stop System yang baru hadir pada generasi kedua.

Sudah tersemat pula sistem pengereman Dual ABS. Pada Juni 2015, tipe tanpa ABS dengan harga lebih murah yakni Rp23 jutaan hadir yang membuat Nmax makin laris – manis.

Versi facelift generasi pertama hadir pada Desember 2017, dengan penjualan mulai Januari 2018. Sirkuit Sentul masih menjadi pilihan lokasi peluncuran.

Yamaha Nmax 2017

Ubahan pertamanya bersifat kosmetik. Ada perubahan kelir maupun aksen warna, tampilan panel instrumen, serta diferensiasi desain jok yang dibikin lebih nyaman lagi.

Ubahan kedua pada versi facelift terdapat pada sisi teknis. Mulai tahun itu, Nmax mendapatkan Sub-Tank Suspension.

Komponen ini diklaim membuat pengendaraan jarak jauh dengan menggunakan Nmax menjadi lebih nyaman. Pasalnya, Sub-Tank Suspension membuat volume oli lebih banyak, temperatur oli lebih stabil, hingga kemudian mempengaruhi kinerja suspensi menjadi lebih baik.

Generasi kedua lahir pada Desember 2019, persis dua tahun setelah versi facelift generasi pertama hadir. Ubahan – ubahannya makin drastis, seperti sudah dipaparkan bagian bagian sebelumnya.

Yamaha Nmax Generasi Kedua

Persaingan antara Nmax dengan seteru beratnya PCX makin menjadi – jadi pada awal 2021. Pasalnya, Honda menerjunkan PCX generasi baru dengan kapasitas mesin lebih besar yakni 160 cc dan menyuntik mati opsi mesin 150 cc.

Rentang harga PCX 160 ketika artikel ini dinaikkan, menurut situs resmi Honda Indonesia, adalah Rp30,74 juta (tipe CBS) dan Rp34,34 juta (CBS ABS) on the road Jakarta. Ada juga tipe hybrid dengan selisih banderol sangat jauh yaitu Rp43,55 juta on the road Jakarta.

Harga Yamaha Nmax Bekas Murah

Sebagai motor populer yang sudah hadir selama hampir enam tahun di Indonesia, unit – unit bekasnya pun gampang terlihat di dealer maupun situs jual – beli kendaraan. Konsumen juga bisa menemukan banderol yang beranekaragam.

Dengan modal belasan juta rupiah, Nmax seken sudah dapat dibawa pulang.

Nmax bekas 2015 misalnya, menurut penelusuran Mobil123.com dari berbagai sumber, umumnya memiliki rentang harga antara Rp15 – 18 juta tergantung tipe maupun kondisinya. Bahkan, yang sedikit lebih murah dari itu pun bisa saja ditemui.

Adapun Nmax bekas 2020 dari generasi pertama saat ini berbanderol sekitar Rp25 jutaan. Sementara itu, Nmax bekas 2020 versi generasi kedua memiliki harga tak jauh berbeda dari yang baru karena dijajakkan di sekitar Rp27 jutaan. [Xan/Had]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar