Harga Wuling Confero Naik Bulan Juli Sementara Cortez Belum

Berita Otomotif

Harga Wuling Confero Naik Bulan Juli Sementara Cortez Belum

JAKARTA – Wuling hanya menaikkan harga Confero pada awal Juli kemarin. Harga model lain yaitu Cortez 1.8-liter maupun 1.5-liter belum dinaikkan.

Seperti diberitakan Mobil123.com sebelumnya, pabrikan asal China ini menaikkan harga produk mereka di Indonesia per 1 Juli. Dari tiga model yang sekarang dijual di pasar otomotif Tanah Air, Cuma Confero 1.5-liter yang dikerek harganya sebesar Rp 3 juta.

Dengan demikian, banderol on-the-road Jakarta Confero 1.5-liter menjadi Rp 134,8 – 171,9 juta. Sementara, untuk Cortez 1.8-liter tetap Rp 218 – 264 juta. Cortez 1.5-liter pun masih Rp 193,8 – 203,8 juta.

“Nanti kami lihat bulan per bulan seperti apa untuk Cortez. Kami, kan, juga terus evaluasi. Tapi untuk saat ini belum ada rencana menaikkan harganya. Masih Confero saja,” kata Brand Manager PT. SAIC General Motors Wuling (SGMW) Indonesia Dian Asmahani menjawab pertanyaan Mobil123.com pada awal pekan ini di Jakarta.

Dian berbicara seusai konferensi pers terakhir mengenai persiapan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 yang bakal berlangsung pada 2 – 12 Agustus di Serpong, Tangerang. Di acara itu, ia menjelaskan bahwa dalam GIIAS 2018 Wuling nantinya memperkenalkan ‘model yang belum dikenal’.

Lebih lanjut, kenaikan Confero pada bulan ketujuh sendiri ternyata tidak terlalu terkait dengan kurs rupiah terhadap dollar Amerika Serikat (AS) yang melemah secara drastis sejak kuartal satu 2018. Ini karena transaksi luar negeri, termasuk untuk impor bahan baku perakitan Wuling di Indonesia, tidak menggunakan mata uang tersebut.

“Kami banyak melakukan transaksi luar negeri memakai yuan. Untuk Wuling tidak terlalu pengaruh kurs rupiah terhadap dollar AS saat ini,” terang Dian.

Menurutnya, penambahan harga jual sebuah kendaraan juga terkait banyak hal seperti biaya produksi, biaya operasional agen tunggal pemegang merek serta dealer, maupun pajak. Faktor-faktor inilah yang lebih memainkan peran dalam kebijakan kenaikan harga Confero pada 1 Juli. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual