Harga Toyota CH-R Semahal Fortuner, Ini Alasannya

Berita Otomotif

Harga Toyota CH-R Semahal Fortuner, Ini Alasannya

JAKARTA – Toyota C-HR, yang baru berusia sepekan di Indonesia, memiliki harga setara dengan Fortuner. Penggunaan platform Toyota New Global Architecture (TNGA) diklaim sebagai alasan utama C-HR dibanderol setinggi itu.

C-HR meluncur di Tanah Air persis Selasa pekan lalu. SUV yang diimpor utuh dari Thailand ini memiliki harga on-the-road Jakarta Rp 488,5 juta untuk warna solid-tone serta Rp 490 juta bagi warna two tone, lebih tinggi dari dua varian terbawah Fortuner yang kini dijual Rp 467,3 juta dan Rp 485,3 juta.

Tak heran, muncul para konsumen otomotif yang menilai harga C-HR terlampau tinggi. Ini karena dimensi serta kapasitas mesinnya setara Honda HR-V yang 'cuma' berbanderol mulai Rp 378.499.997 hingga Rp 404.500.000.

“Overpriced!,” kata Epafras ‘Evan’ Christian di linimasa akun Facebook Mobil123.com.

Menanggapi hal ini, Executive General Manager PT. Toyota Astra Motor (TAM) Fransiskus Soerjopranoto menjelaskan bahwa pihaknya pasti sudah melakukan studi komprehensif. Studi tersebut menyangkut banyak hal, mulai dari variabel harga, line up, warna, pasar dan lain sebagainya.

Ia menganggap penilaian para konsumen mengenai harga C-HR terlampau mahal terjadi karena mereka melakukan perbandingan dari apa yang terlihat. Menurut Soerjopranoto, C-HR diberi harga hampir Rp 500 juta karena sudah mempunyai platform terbaru TNGA.

“Platform TNGA yang memiliki 5 keunggulan utama,” ujarnya kepada Mobil123.com melalui pesan singkat pada Selasa (17/4/2018).

Keunggulan pertama adalah kualitas berkendara makin sempurna berkat pembagian bobot lebih seimbang plus pusat gravitasi rendah, pemakaian double wishbone pada suspensi belakang, juga performa steering lebih baik. Kemudian, kenyamanan C-HR diklaim berkelas karena kabin senyap dan bisa dibuat makin luas berkat platform TNGA.

Platform baru ini juga membuat kapasitas bagasi lebih besar. Konsumsi bensinnya lebih baik pula karena mesin berteknologi Dual VVT-i.

Platform TNGA pun membuat para insiyur Toyota mampu membuat desain eksepsional yang berbeda jauh dari mobil-mobil mereka selama ini. Desain ‘sexy diamond’ C-HR dibuat tanpa mengorbankan performa maupun konsumsi bahan bakar.

“Aspek keamanan dan keselamatannya pun menjadi lebih baik dengan adanya platform TNGA. Banyak fitur-fitur keselamatan baru yang bisa disematkan pada C-HR seperti 7 SRS airbag, Vehicle Stability Control, ABS+EBD+BA, Hill Start Assist, Auto Brake Hold, Traction Control, Blind Sport Monitor, Impact Absorbing Structure, Rear Cross Traffic Alert, Intrution Sensor,” terang Soerjopranoto. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual