Harga Toyota C-HR di Indonesia Naik Diam-diam

Berita Otomotif

Harga Toyota C-HR di Indonesia Naik Diam-diam

JAKARTA – Harga Toyota C-HR ternyata sudah naik diam-diam, meski kenaikannya hanya beberapa ratus ribu rupiah.

Toyota pada semester kedua sempat dua kali mengumumkan kenaikan harga. Pertama adalah pada Agustus untuk empat model yaitu Agya, Calya, Fortuner, Kijang Innova.

Beberapa bulan kemudian, tepatnya pada Oktober, Toyota kembali mengerek harga. Kali ini, model yang terkena kenaikan harga adalah Agya, Calya, Rush, Voxy. Adapun penyebab kenaikan harga pada Agustus maupun Oktober sama yakni depresiasi kurs rupiah terhadap dollar AS yang cukup dalam dan bertahan lama sejak awal tahun ini.

Ternyata, C-HR pun ikut dikoreksi meski tak disertakan dalam pengumuman. Berdasarkan penelusuran Mobil123.com pada Rabu (19/12/2018), banderol on-the-road Jakarta compact sport utility vehicle (SUV) ini berdasarkan daftar harga per Oktober adalah Rp 488.650.000 untuk tipe single tone serta Rp 490.150.000 bagi tipe dual tone.

Harga tipe single tone berbeda Rp 150 ribu dibandingkan April kemarin, ketika C-HR pertama kali meluncur di pasar otomotif Indonesia. Adapun tipe dual tone juga naik dengan nomimal yang sama.

Henry Tanoto, Wakil Presiden PT. Toyota Astra Motor (TAM), pada Agustus sempat mengatakan bahwa pihaknya memang meninjau ulang harga C-HR karena model ini masih diimpor utuh (Completely Built-Up/CBU) dari Thailand sehingga terkena dampak pelemahan kurs rupiah terhadap dollar AS secara langsung.

Lebih lanjut, Fransiskus Soerjopranoto, Executive General Manager TAM, mengakui ada kenaikan harga C-HR pada semester kedua. Ini terjadi karena berbagai faktor eksternal maupun internal.

“Misalnya saja nilai tukar mata uang asing, biaya produksi, dan lain-lain. Kenaikan yang kami lakukan ini tentu tetap mengedepankan konsumen sebagai pertimbangan utama. Jadi, kenaikan ini bukan serta merta terjadi, tapi sudah dipertimbangkan secara matang,” kata dia melalui pesan singkat pada Kamis (20/12/2018).

C-HR untuk pasar Indonesia hanya dijual dalam satu varian bermesin bensin 2ZR-FBE 1.8-liter, empat silinder, DOHC. Tenaganya mencapai 139hp, dengan torsi 170 Nm. Tenaga disalurkan ke dua roda depan melalui transmisi CVT tujuh percepatan.

Di pasar global, C-HR terdiri dari cukup banyak varian mesin bensin. Selain 1.8-liter, ada 1.8-liter hybrid, 1.2-liter turbo, 2.0-liter.

C-HR 1.8-liter hybrid rencananya juga meluncur di Indonesia. Akan tetapi, peluncurannya menunggu terbitnya insentif pajak bagi mobil ramah lingkungan dalam regulasi low carbon emission vehicle (LCEV).

Toyota CH-R menawarkan pengalaman baru dalam mengendarai mobil ini. Untuk mendapatkan kendaraan istimewa dari brand asal Jepang ini, Anda juga dapat bayar angsuran kredit, agar pembayaran semakin nyaman. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar