Harga Toyota Alphard Bekas Bikin Ngiler, Mulai Rp135 Jutaan

Mobil Bekas

Harga Toyota Alphard Bekas Bikin Ngiler, Mulai Rp135 Jutaan

Harga Toyota Alphard bekas menjadi godaan baru bagi mereka yang menginginkan mobil jenis MPV mewah, tapi dengan harga lebih terjangkau bahkan, setara dengan MPV kelas menengah keluaran terbaru.

Jika melihat dari jajaran produk mobil bermerek Toyota di Indonesia, Alphard dan Vellfire masuk ke dalam MPV premium alias termahal. Mobil ini dipasarkan dengan harga mulai dari Rp1 miliar hingga Rp1,9 miliar dalam kondisi baru.

Sebagai mobil premium, tentunya fitur yang disajikan untuk konsumen bukan kaleng-kaleng. Artinya kenyamanan di dalam kendaraan sudah pasti terjamin, maka wajar jika harganya tergolong tinggi.

Meskipun memiliki label sebagai mobil mewah, tapi saat berstatus sebagai mobil bekas harganya tidak lagi sangar. Dengan kata lain Alphard bekas memiliki angka depresiasi yang cukup tinggi.

Maka untuk mendapatkan kenyamanan mobil mewah sekelas Toyota Alphard, konsumen akan lebih diuntungkan jika membeli unit bekas. Meskipun membeli unit baru tetap memiliki nilai gengsi yang lebih tinggi daripada bekas.

Sejarah Toyota Alphard di Indonesia

Sebelum membahas lebih jauh mengenai harga Toyota Alphard bekas, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu sejarah singkat masuknya Alphard ke Indonesia. 
Harga Toyota Alphard Bekas

Toyota Alphard pertama kali hadir di Tanah Air pada 2002. Desainnya sangat kotak atau biasa disebut boxy. Mesinnya hanya tersedia dalam dua pilihan yakni 2.4 liter dan 3.0 liter V6.

Kala itu, MPV tersebut masuk ke Indonesia melalui tangan importir umum (IU).

Setelah melihat animo yang cukup besar, PT Toyota Astra Motor (TAM) memutuskan untuk memasarkannya secara resmi. Dimulai dari menjual Alphard generasi kedua yang diimpor dari Jepang.

Alphard generasi kedua yang lahir pada 2008, sudah mengalami penyempurnaan, baik dari segi penampilan maupun kenyamanan di kabin.

Menemani Alphard generasi kedua, TAM juga memasarkan Vellfire sebagai pilihan untuk konsumen yang menginginkan kendaraan lebih sporty.

Seiring dengan berkembangnya teknologi, Toyota terus mengembangkan dua MPV mewahnya tersebut. Hasilnya baik Alphard maupun Vellfire mendapat tempat lebih banyak di mata konsumen Tanah Air.
Harga Toyota Alphard Bekas 2015

Generasi ketiga atau yang paling baru telah bertransformasi menjadi mobil dengan tampilan futuristik. Selain itu fiturnya juga semakin banyak dan memanjakan siapapun yang berada di dalamnya.

Hingga saat ini Toyota Alphard dan Vellfire menjadi penguasa pangsa pasar di segmen MPV premium. Alphard berhasil menenggelamkan pesaing-pesaing di kelasnya seperti Honda Odyssey, Nissan Elgrand, hingga Mercedes-Benz V-Class.

Tips Membeli Toyota Alphard Bekas

Sebelum memutuskan untuk membeli Alphard bekas, pastikan Anda mengetahui seluk beluknya. Hal ini mencegah terjadinya kesalahan dalam pembelian yang bisa berujung pada penyesalan.

Setidaknya dengan mengenali berbagai penyakit bawaan calon kendaraan yang diincar, Anda bisa terhindar dari penipuan.

Jika mendapat unit bekas dalam kondisi prima tentunya bisa menjadi kepuasan tersendiri bagi Anda.

Berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan saat hendak membeli Toyota Alphard bekas, Seperti dikutip Mobil123.com dari berbagai sumber.

  • Sliding Door

Sliding Door atau pintu geser yang disematkan pada Toyota Alphard bisa dioperasikan secara otomatis. Hebatnya pabrikan tidak membuat jalur yang besar di luar bodi sehingga tampilan eksterior tetap enak dilihat.
alphard bekas

Namun pintu yang cukup canggih tersebut tentunya memiliki kelemahan yakni spare part-nya mahal. Jadi sebelum meminang mobil ini, ada baiknya Anda melakukan pengecekkan pada bagian pintu geser.

Cobalah membuka pintu geser dengan dua cara yakni otomatis dan manual. Coba setiap tombolnya baik itu yang terdapat di pintu geser maupun di pintu pengemudi.

Pastikan tidak ada gerakan mendadak yang mencurigakan atau bahkan gerakannya sangat lambat seperti kehabisan baterai.

Untuk diketahui harga komponen pintu geser Alphard satu setnya dijual Rp15 hingga Rp20 jutaan.

  • Undercarriage

Sebagai mobil mewah, tentunya harapan dari konsumen adalah perjalanan yang nyaman tanpa gangguan bunyi-bunyian ataupun getaran berlebih. Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk mengecek bagian undercariage atau kaki-kaki.

Bagian ini bisa dilihat secara kasat mata dengan mengintip pada sela-sela roda dan fender. Jika kondisinya gelap, maka bisa dibantu dengan menggunakan senter.

Cek suspensinya apakah ada kebocoran atau karet-karetnya sudah sobek. Lalu, pastikan apakah ada oli yang menetes pada bagian tersebut dan komponen lain seperti long tie rod.

Untuk memudahkan pengecekan, Anda bisa membelokkan setir secara full supaya bagian kaki-kaki dapat terlihat lebih jelas. Dari sini calon konsumen bisa mendeteksi kemungkinan adanya masalah-masalah pada kaki-kaki.
MPV Premium Alphard

Namun jika terasa kurang maksimal, Anda wajib melakukan pengecekan lebih lanjut dengan cara test drive atau tes jalan. Dalam hal ini, Anda harus mencobanya dengan melintasi jalanan tidak mulus.

Sebab, meskipun ditutup-tutupi, komponen kaki-kaki yang sudah rusak akan kembali mengeluarkan bunyi-bunyian saat melintasi jalanan tidak mulus.

Selain suspensi, bunyi-bunyian juga bisa timbul dari engine mounting. Pegangan mesin tersebut akan mengeluarkan bunyi saat mesin dalam keadaan langsam atau idle sekalipun.

Harga suspensi depan Alphard sendiri mulai dari Rp2 jutaan tergantung ketersediaan stok. Harga yang sama juga berlaku bagi engine mounting.

  • Interior

Kenyamanan adalah hal mutlak pada sebuah mobil mewah terutama pada bagian interior.

Pada Toyota Alphard edisi lawas, terdapat dua jenis pelapis jok yakni kulit atau fabric.

Pelapis jok berbahan kulit biasanya kotor, sehingga berubah warna, selain itu adapula yang mengalami robek atau pecah-pecah. Tidak terkecuali pada jok bagian pengendara yang biasanya lebih kotor dan mengalami kerusakan.
Interior Alphard bekas

Lalu pada Alphard tahun muda jok baris keduanya telah menggunakan mode elektrik. Pastikan seluruhnya masih berfungsi, jika tidak ingin mengeluarkan dana lebih untuk memperbaikinya.

Kemudian hal yang perlu diperhatikan lebih lanjut adalah kisi-kisi AC yang berada di setiap barisnya. Pastikan komponen tersebut masih berfungsi dengan baik, karena meskipun kecil terkadang barangnya sulit dicari.
Toyota Alphard Bekas Jakarta

Calon konsumen Toyota Alphard juga perlu memeriksa kondisi sunroof, apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak, karena komponen ini cukup mahal jika harus diganti meski hanya motornya saja.

Harga Toyota Alphard Bekas

Mobil123.com sebagai portal mobil bekas terbesar dan terpercaya memiliki lebih dari 1.000 unit Toyota Alphard bekas yang ditawarkan. Mulai dari generasi pertama hingga Alphard generasi terakhir.
toyota Alphard Seken

Dengan banyaknya pilihan, konsumen akan lebih leluasa dalam menentukan pilihan.

Anda juga bisa menghubungi si penjual untuk bisa menggali info lebih lanjut sebelum melihat bentuk fisik mobil secara langsung.

Mobil123.com juga bekerjasama dengan beberapa diler kenamaan yang terpercaya, sehingga konsumen akan lebih nyaman dalam memilih mobil idaman. [Dew/Ses]

Berikut ini kisaran harga Toyota Alphard bekas:

  • Generasi pertama (2002 – 2008) Rp135 juta hingga Rp160 jutaan
  • Generasi kedua (2008 – 2015) Rp165 jutaan hingga Rp400 jutaan
  • Generasi ketiga (2015 – sekarang) Rp500 jutaan hingga Rp1 miliar.


Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar