Harga Toyota 86 Bekas Ternyata Sangat Menggoda

Mobil Bekas

Harga Toyota 86 Bekas Ternyata Sangat Menggoda

Toyota 86 hadir di Indonesia pertama kali pada tahun 2012 dan berhasil mendapat sambutan hangat dari para penggemar mobil sport.

Maklum, ketika itu Toyota 86 dinilai menjadi mobil sport yang cukup terjangkau bila dibandingkan dengan mobil sport lainnya. Ditambah lagi brand Toyota yang memang merupakan merk otomotif terkuat di Indonesia hingga saat ini menjadi sebuah nilai tambah tersediri.

Nama dari Toyota sendiri memang bisa dikatakan sangat dominan terhadap antusiasme masyarakat ketika itu. Pasalnya, Subaru yang membawa kembaran dari Toyota 86 yaitu BRZ, sambutannya pun tidak bisa dikatakan meriah padahal spesifikasi kendaraan terbilang serupa.

Kembali ke Toyota 86, ketika itu mobil harus diimpor langsung dari Jepang. Mobil tersebut pun dijual dengan harga mulai dari Rp600 juta, harga yang terbilang cukup terjangkau pada masanya khususnya untuk mobil dua pintu.

Desain dari Toyota 86 pun terbilang cukup agresif. Mobil ini dilengkapu dengan HID proyektor dan lampu belakang LED berdesain futuristik. Toyota juga menambahkan side skirt dan spoiler belakang yang memang wajib ada untuk meningkatkan kesan sporty.

Toyota pun menawarkan tujuh pilihan warna yang bisa dipilih oleh masyarakat. Ketujuh warna tersebut adalah satin white pearl, dark grey, crystal black silica, sterling silver, lighting red, galaxy blue silica dan oranye.

Kesan sporty pun terus dimaksimalkan oleh Toyota, termasuk pada bagian dalam kabin. Yang paling mencolok mata adalah ukuran lingkar kemudi yang terbilang kecil guna memberi kesan mobil balap. Demikian juga penggunakan paddle shift, cruise control, kombinasi panel digital dan analog pada speedometer dan tachometer.

Sebagai mobil sport, tentunya mobil ini harus dilengkapi dengan mesin berperfoma tinggi. Toyota pun menjawabnya dengan menyematkan mesin boxer tipe 4U-GSE berkapasitas 1.998 cc. Mesin tersebut dilengkapi dengan teknologi Toyota D-4S (direct injection 4-srtoke gasoline superior).

Kombinasi antara mesin dan teknologi tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 200PS dan torsi maksimal mencapai 205 Nm. Tenaga tersebut kemudian disalurkan ke roda belakang melalui transmisi 6-percepatan manual dan otomatis.

Toyota Astra Motor pun menegaskan bahwa Toyota 86 tetap memiliki beragam kenyamanan layaknya mobil Toyota lainnya. Salah satunya adalah kemudahan dalam melakukan perawatan kendaraan yang bisa dilakukan di seluruh bengkel resmi Toyota di Indonesia.

Kemudahan tersebut tentunya merupakan daya tarik tersendiri karena mobil sport umumnya memiliki perawatan yang lebih rumit. Hal tersebut dikarenakan tidak semua bengkel memiliki kemampuan untuk melakukan perawatan.

Pembaruan

Toyota 86

Penyegaran pun kemudian dilakukan oleh Toyota pada tahun 2016. Ubahan yang dilakukan hanyalah sebatas facelift dan terbilang sangat minim. Meski Toyota Astra Motor mengklaim bahwa ubahan yang dilakukan berhasil membuat Toyota 86 tampil lebih agresif tapi tetap saja ubahannya tidaklah banyak. Maka adalah wajar bila perlu waktu untuk mengetahui apa-apa saja yang mendapat peremajaan ketika itu.

Perubahan utama terdapat pada sentuhan pada eksterior seperti lampu depan utama yang dilengkapi dengan sistem Daytime Running Light (DRL). Selanjutnya lampu kabut dengan lingkaran pelindung berdesain sporty serta desain lampu sign belakang tegas.

Tampil baru juga diklaim makin aerodinamis yang didukung dengan beberapa perubahan bumper, grille depan, spoiler, bumper dan fender belakang. Tak ketinggalan juga disertakan velg aluminium 17 inch berdesain baru.

Sisi interior juga mendapat sentuhan pada beberapa bagian guna mendukung karaktersitik mengemudi mobil sport yang lebih aman dan menyenangkan. Seperti pada switch fungsional pada setir serta desain panel instrumen yang membuat pengemudi lebih terhubung dan makin menyatu dengan mobil.

Tak ada yang berubah pada sisi mesin, namun Toyota menyematkan beberapa teknologi baru untuk meningkatkan stabilitas berkendara. Chassis Toyota 86 kini telah dilengkapi dengan Vehicle Stability Control Logic (VSCL) dan juga Electric Power Steering (EPS).

"Toyota 86  ini dihadirkan dengan sentuhan penyempurnaan yang menonjolkan sisi evolusi dari karakternya sebagai sebuah mobil sport. Kami berharap Toyota 86 mampu memberikan kepuasan lebih kepada pelanggan dalam memiliki mobil sport Toyota dan menghadirkan pengalaman berkendara yang berbeda,” jelas Vice President Director PT TAM, Henry Tanoto ketika itu.

Saat ini Toyota Astra Motor menjual Toyota 86 dalam dua varian. Kedua varian tersebut hanya dibedakan pada sisi interior yaitu Black Red Interior atau Black Interior. Sementara untuk harga kedua mobil tersebut adalah sama yaitu Rp830 juta.

Toyota 86 Bekas

Bila harga baru dirasa terlalu mahal maka pilihan mobil bekas bisa menjadi sebuah pilihan bijak. Harga bekas Toyota 86 terbilang menarik bahkan selisih harga bisa mencapai 50% bila dibandingkan dengan harga baru sekarang ini.

Berdasarkan data Mobil123, setidaknya ada 18 iklan Toyota 86 yang bisa dilihat oleh para calon pelanggan. Tentunya semua dengan harga, kondisi dan keunggulan yang berbeda-beda bila dibandingkan dengan satu dan lainnya.

Dan berikut adalah beberapa pilihan Toyota 86 yang bisa dilihat di Mobil123.

Toyota 86 2012 Jakarta

Toyota 86 Bekas

Pilihan pertama adalah Toyota 86 tahun 2012 yang baru digunakan pada tahun 2013. Mobil berplat BK ini baru digunakan 40.000 Km saja oleh pemilik sebelumnya dan dijual dengan harga Rp445 juta, jauh lebih murah bila dibandingkan dengan harga baru saat ini.

Menariknya, Toyota 86 bekas ini sudah mendapatkan beragam modifikasi yang meningkatkan jiwa sporty dari mobil. Setidaknya ada 5 hal yang sudah dilakukan modifikasi yaitu kap mesin serta bagasi yang kini sudah menggukan carbin, coilover, ban telah diganti menggunakan Michelin dan knalpot juga ditingkatkan kelasnya.

Toyota 86 2013 Bintaro

Toyota 86 Bekas

Pilihan berikutnya adalah Toyota 86 tahun 2013 berwarna putih yang dijual oleh salah satu dealer mobil bekas di kawasan Bintaro. Mobil yang dijual dengan harga Rp435 juta ini baru digunakan sejauh 25.000 Km, terbilang rendah untuk mobil yang berusia 8 tahun.

Mobil ini dijual dengan paket pembelian yang cukup menarik. Bila melihat keterangan disebutkan bahwa dealer telah bekerja sama dengan CIMB Niaga Auto finance untuk paket kredit selama 4 tahun. Untuk itu pelanggan hanya perlu menyiapkan TDP sebesar Rp175 juta dan angsuran sebesar 8,971 juta sebanyak 47 kali.

Untuk pembelian ini, pelanggan akan mendapatkan keuntungan yaitu Free detailing 3 steps interior exterior dan mesin, Free fogging interior exterior mesin, Garansi mesin dan transmisi 30 hari by Otospector dan Garansi sertifikat Otospector mobil tidak ada bekas tabrakan dan banjir.

Toyota 86 2012 Jakarta

Toyota 86

Mobil sport sejatinya digunakan oleh yang memang ingin tampil berbeda di jalanan. Namun bila Toyota 86 dirasa kurang mencolok, maka pemilihan warna bisa menjadi sebuah pilihan yang simple namun tetap bijak.

Salah satunya adalah Toyota 86 2012 berwarna hijau yang dijual oleh salah satu dealer di Kemayoran. Beragam modifikasi telah dilakukan pada mobil ini mulai dari Coilover BC, BBK Depan 6 Pot D2, Velg SSR Agle Anniversary Edition 18"8-9,5" (velg asli ada), Ban Accelera (baru) dan knalpot Greddy (knalpot asli ada).

Mobil yang dijual dengan harga Rp410 juta ini diklaim dalam kondisi baik dan siap untuk langsung digunakan oleh pelanggan. Menariknya lagi, angka odometer pada mobil ini pun baru menunjukkan angka 13.000-an Km. [Adi/Had]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar