Harga Suzuki Ertiga Turun Sebanyak Ini Saat PPnBM 0 Persen Berlaku

Berita Otomotif

Harga Suzuki Ertiga Turun Sebanyak Ini Saat PPnBM 0 Persen Berlaku

JAKARTA – Harga Suzuki Ertiga per Maret 2021 mengalami koreksi belasan juta rupiah karena penerapan insentif Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) 0 persen.

Seperti diberitakan sebelumnya, selama 10 bulan mulai Maret 2021 pemerintah memberikan relaksasi pajak mobil baru yang menurunkan harga jual di tengah pandemi virus Corona (Covid-19). Bentuknya adalah insentif PPnBM yang diberikan secara bertahap, dimulai dengan PPnBM 0 persen pada Maret – Mei.

Tahap berikutnya, pada Juni – Agustus, insentif PPnBM dikurangi menjadi 50 persen dari tarif normal. Pada tahap terakhir yakni September – Desember, insentif PPnBM kembali mengecil menjadi hanya 25 persen dari tarif normal.

Ada pula satu stimulus lain dari pemerintah yakni pelonggaran uang muka (Down Payment/DP) hingga 0 persen. Masa penerapan kebijakan pun sejak Maret – Desember.

Suzuki Ertiga Turun Harga karena PPnBM 0 Persen pada Maret Sampai Mei 2021

Lebih lanjut, Ertiga adalah satu dari 21 model mobil yang memenuhi syarat untuk mendapatkan relaksasi PPnBM. Sebagai informasi, stimulus fiskal ini memang tidak diberikan bagi seluruh mobil baru tapi hanya kendaraan rakitan dalam negeri dengan komponen lokal minimal 70 persen, berkapasitas mesin bensin/diesel 1.500 cc ke bawah, dari jenis kendaraan penumpang sedan/nonsedan dengan sistem penggerak dua roda (4x2).

Berikut daftar harga on-the-road (OTR) Jakarta Ertiga per Maret 2021 yang turun setelah insentif PPnBM 0 persen berlaku, seperti dikutip dari situs resmi Suzuki Indonesia. Diberitahukan pula nominal penurunan harga bagi setiap tipe, jika dibandingkan dengan banderol sebulan sebelumnya:

  • GA MT Rp 199,5 Juta (Turun Rp 11 Juta)
  • GL MT Rp 219 Juta (Rp 11 Juta)
  • GL AT Rp 228,5 Juta (Rp 12 Juta)
  • GX MT Rp 232 Juta (Rp 12 Juta)
  • GX AT Rp 241,5 Juta (Rp 13 Juta)
  • Sport MT Rp 243,5 Juta (Rp 12 Juta)
  • Sport AT Rp 253 Juta (Rp 13 Juta)

Dari pemaparan di atas, dapat diketahui bahwa rentang penurunan harga Ertiga adalah antara Rp 11 – 13 Juta. Tipe dengan penurunan harga terkecil adalah GA MT, GL MT.

Sedangkan tipe dengan penurunan harga terbanyak ialah GX AT serta Sport AT.

Selain Ertiga, masih banyak lagi rincian harga terbaru dari 21 model yang mendapatkan PPnBM 0 persen. Misalnya saja Toyota Avanza dan Wuling Confero.

Toyota Raize Dapat PPnBM 0 Persen pada 2021

Dua nama paling mengejutkan dalam daftar model penerima PPnBM 0 persen pada Maret – Mei mungkin adalah SUV Compact Toyota Raize – Daihatsu Rocky. Pasalnya, kedua model ini belum meluncur secara resmi. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar