Harga Rp155-164 Juta, Suzuki S-Presso Mau ‘Curi’ Konsumen LCGC

Berita Otomotif

Harga Rp155-164 Juta, Suzuki S-Presso Mau ‘Curi’ Konsumen LCGC

TANGERANG – Harga Suzuki S-Presso sengaja dibuat ‘bertubrukan’ dengan model-model city car di segmen low cost green car (LCGC). Ini dilakukan demi ‘mencuri’ para konsumen di segmen tersebut.

S-Presso meluncur dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, 11-21 Agustus di Serpong, Tangerang. Adapun harga on the road (OTR) Jakarta city car itu Rp155 juta untuk tipe transmisi manual (MT) serta Rp164 juta bagi tipe transmisi Auto Gear Shift (AGS).

4W Marketing Director PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) Donny Saputra, pada hari pembuka, mengatakan target penjualan S-Presso sampai akhir 2022 ialah 2.300 unit. Komposisi kedua tipenya diproyeksikan masing-masing 50 persen.

“Kami menargetkan 85 persen dari (konsumen) S-Presso adalah fist car buyer (pembeli mobil pertama),” ucap dia menanggapi pertanyaan Mobil123.com pada hari pertama pameran.

Dalam kesempatan berbeda, Section Head of 4W Brand Development, Marketing Research, and IT SIS Harold Donnel menerangkan S-Presso mengincar konsumen-konsumen di dua segmen, melalui pemosisian harganya. Pertama adalah para konsumen LCGC dua baris.

Sekadar informasi informasi, segmen tersebut diisi oleh Toyota Agya, Daihatsu Agya, maupun Honda Brio Satya. Sebagai gambaran, harga OTR Jakarta terkini Agya Rp158,5-180,15 juta, Ayla Rp110-169,25 juta, dan Brio Satya Rp156,9-186,4 juta.

Adapun yang kedua ialah para konsumen city car non-LCGC yang diisi Honda Brio RS, Daihatsu Sirion, Suzuki Ignis. Di antara model-model tersebut, S-Presso bahkan menjadi yang termurah.

Segmen yang pertama menjadi sasaran utama. Harold mengaku kalau S-Presso memang ingin ‘mencuri’ ceruk pasar model-model LCGC dua baris.

“Mungkin bisa 60-70 persen dari total penjualan S-Presso grass root-nya (basisnya—Red) ingin membeli LCGC… 30-40 persennya lagi mungkin grass root-nya ingin membeli city car,” pungkas Harold usai konferensi pers terkait spesifikasi produk S-Presso dalam GIIAS 2022, Senin (15/8/2022).

S-Presso merupakan city car dengan konsep desain bernuansa sport utility vehicle (SUV). Ground clearance-nya relatif tinggi untuk sebuah city car yaitu 180 mm.

Aspek ini dipercaya bisa menjadi pembeda, kemudian membuat orang-orang yang awalnya ingin membeli city car LCGC ‘berpindah hati’.

“S-Presso bisa mencuri segmen LCGC dengan SUV-feelingnya yang menjadi grass root strategi kami dari 2022 sampai 2025,” tukas Harold.

Fitur-fitur S-Presso sendiri antara lain Digital Meter Cluster, Head Unit 6,8 Inch with Mirroring, AC with Heater, Anti-lock Braking System (ABS), Dua Airbag, Immobilizer, Rear Parking Sensor, Alat Pemadam Kebakaran Ringan (APAR). [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar