Harga Pertamax Turun Lebih Untungkan Konsumen

Berita Otomotif

Harga Pertamax Turun Lebih Untungkan Konsumen

JAKARTA – Pertamax Series dan Dex Series resmi turun harganya mulai hari ini Sabtu, 05 Januari 2020.

Penurunan harga atau penyesuaian harga yang dilakukan oleh Pertamina berdasarkan ketentuan yang sudah ditetapkan Pemerintah. Lebih jauh harga baru yang ditawarkan oleh Pertamina lebih menguntungkan konsumen.

Pertamina memasarkan bahan bakar jenis Pertamax dengan harga Rp 9.200. Sementara Shell memasarkan bahan bakar sejenisnya dengan RON 92 yakni Super dengan harga Rp 9.300 dan Total Performance 92 Rp 9.250.

Kendati tidak mengalami penurunan harga bersama produk Pertamax Series dan Dex Series, harga Pertalite masih jauh di bawah harga produk sejenis di SPBU Shell dan SPBU Total.

Sejak 1 Januari 2020, di laman website Shell menunjukkan harga Shell Regular bertengger di harga Rp 9.200 dan Total Performance 90 harganya Rp 9.150. Bila dibandingkan dengan Pertalite, selisih harga Pertalite sekitar Rp 1.500 - 1.550 per liter.

“Saya mending beli Pertamax daripada Shell atau Total. Karena kualitasnya yang jauh lebih tinggi dan yang paling penting harganya sama dengan RON 90 di Shell dan Total yakni Rp 9.200. Selain itu Pertamax juga lebih sesuai dengan spek mesin mobil saya, oleh karena itu saya lebih diuntungkan,” ujar Ulli pemilik Nissan Grand Livina keluaran 2015.

Pertamax Turbo dengan RON 98, harga baru turun jauh yakni Rp 1.300, dari sebelumnya Rp 11.200 menjadi Rp 9.900 per liter. Dibandingkan dengan Total, untuk produk Performance (RON) 95 harganya sama yakni Rp 9.900 per liter. Namun bila dibandingkan dengan Shell, untuk produk V-Power (RON 95) harganya lebih tinggi yakni Rp. 9.950 per liter.

Sementara dengan produk minyak solar, Pertamina Dex harga baru menjadi Rp 10.200 dan Dexlite Rp menjadi Rp 9.500 per liter. Harga ini juga lebih rendah dibandingkan produk Total yakni Performance Diesel dengan harga Rp 10.150 per liter

“Dengan penurunan harga Pertamax tentu saja menggembirakan kami di awal tahun. Apalagi memang kami selalu pakai Pertamax untuk mobil dan motor," ujar Intan pemilik Sienta keluaran 2017.

Dijelaskan bahwa keputusan untuk menurunkan harga BBM telah sesuai dengan Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM 187K/10/MEM/2019, tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran, Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum atau Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan. [Dew/Idr]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support