Harga Pasaran Mercedes-Benz Bekas dan Sejarahnya

Panduan Pembeli

Harga Pasaran Mercedes-Benz Bekas dan Sejarahnya

Harga Pasaran Mercedes-Benz Bekas dan Sejarahnya di Indonesia selama puluhan tahun menyuguhkan kendaraan mewah untuk masyarakat.

Mercedes-Benz di Indonesia identik dengan orang-orang berduit alias tajir. Citranya sebagai mobil premium menjadi patokan kesuksesan seseorang dalam berkarir. Merek asal Jerman ini juga menjadi armada andalan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam bertugas.

Meskipun telah mendapatkan hati para konsumen di Tanah Air, namun tidak banyak orang yang tahun sejarah Mercedes-Benz di Tanah Air. Kendaraan berlogo Tiga Bintang ini merupakan kendaraan motor pertama di Indonesia.

Sejarah Mercedes-Benz di Indonesia

Reputasi Mercy (sebutan Mercedes-Benz) di Tanah Air sangat baik sehingga banyak digunakan orang-orang penting. Sebelum resmi dipasarkan di negara kita tercinta, Mercy sudah lebih dahulu hadir di Indonesia.

Mobil ini banyak melayani para Raja dan pejabat Pemerintahan. Bahkan Mercy pertama di Indonesia saat itu diboyong oleh Sultan Surakarta Pakoe Boewono X pada 1894. Benz Victoria Phaeton menjadi kendaraan bermotor pertama di Indonesia.

Mesinnya hanya mampu menyemburkan tenaga maksimal 5 hp, satu-silinder 2.0-liter. Sumber daya kendaraan tersebut merupakan paling canggih karena kala itu belum banyak saingan sekelasnya. Mobil ini juga masih menggunakan ban dengan karet yang sangat keras.

Kendaraan ini perlahan-lahan membuka paradigma baru di masyarakat. Di mana kereta kuda tidak lagi menggunakan binatang sebagai penggerak. Seiring dengan kepopuleran Benz Victoria Phaeton, banyak orang di pulau Jawa menyebutnya dengan Kereta Setan.

Mercedes-Benz terus berinovasi di negara asalnya dan pada 1907 melahirkan Britze Daimler. Kendaraan ini menggendong mesin 4-silinder yang mampu menghasilkan 45 hp. Mobil ini masuk ke Tanah Air lagi-lagi melalui tangan Pakoe Boewono X.

Lalu pada 1934, Mercedes-Benz memperkenalkan 500 K yang menggunakan mesin dengan bantuan Supercharger. Mesinnya berkapasitas 5.000 cc 8-silinder. Disebutkan tanpa supercharger mesin ini mampu menghasilkan daya sebesar 100 hp.

Kemudian dengan dorongan supercharger, semburan dayanya meningkat menjadi 160 hp. Kecepatan yang dihasilkan mencapai 160 km/jam. Kecepatan tersebut merupakan hal yang luar biasa pada saat itu.

Pada 1970, Mercedes-Benz menjadi Agen Tunggal Pemegang Merek melalui PT Star Motors Indonesia. Perusahaan ini merupakan joint venture antara Daimle-Benz AG dan PT Gading Mas.

Mereka juga membangun pabrik perakitan kendaraan dengan nama PT German Motor Manufacturing. Berlokasi di Tanjung Priok, Jakarta Utara, Mercedes-Benz mulai memproduksi kendaraan komersial 911.

Tidak lama berselang, mereka melahirkan kendaraan penumpang yakni 200, 240 D dan 280 yang dikenal dengan kode W115. Seiring berjalannya waktu, Mercedes-Benz mengalami pertumbuhan dalam produksi mobil.

Walhasil hadirlah pabrik perakitan lokal baru yang bertempat di kawasan Wanaherang, Bogor, Jawa Barat pada 1982. Pabrik ini terus mengalami pengembangan dan hingga saat ini banyak kendaraan premium Mercedes-Benz lahir di sana seperti C-Class, E-Class, S-Class, GLC, GLE dan GLS. Mereka juga belakangan memproduksi truk seperti Axor dan juga sasis bus hingga saat ini.
pasaran Mercy Bekas

Sederet lini model Mercedes-Benz telah diproduksi di Tanah Air, meliputi W 114/115 Series pada 1973, W 123 Series pada 1977, S-Class W 126 Series pada 1979, dan G-Class W 463 Series pada 1984. Model lain yakni Mercedes-Benz E-Class W 124 Series pada 1986, C-Class W 202 Series pada 1994, dan E-Class W 210 pada 1996.

Kemudian mereka juga memproduksi W 204 pada 2007, S-Class V 221 pada 2008, ML-Class W166 pada 2012, S-Class V 222 pada 2014, GLC X 253 pada 2015, serta tahun ini perusahaan memulai merakit GLS X166.

Harga Pasaran Mercedes-Benz Bekas di Indonesia

Image Mercedes Benz sebagai mobil premium tentunya selaras dengan harga yang mahal. Fitur-fitur yang ditawarkan juga tidak sembarangan. Mulai dari keselamatan, keamanan, kenyamanan hingga performa disematkan untuk memuaskan para konsumen yang berkelas.

Meskipun mobil baru terlihat sangat menarik, namun bukan berarti mobil bekasnya tidak menyenangkan. Setidaknya pada unit Mercedes-Benz bekas, konsumen masih bisa menikmati keamanan dan kenyamanan ala mobil Eropa.

Lebih menarik lagi, harga pasaran Mercedes-Benz bekas lebih terjangkau untuk masyarakat Tanah Air. Konsumen hanya perlu menentukan pilihan sesuai dengan kebutuhan dan budget tentunya.

Mercy Boxer W124
harga Mercy bekas

Unit ini merupakan salah satu sedan populer di masanya. Meskipun mobil ini sudah berumur cukup tua yakni kurang lebih 25 tahun, namun bodinya masih tetap enak dilihat. Selain itu performa mesinnya juga tidak malu-maluin dan daya tahan mesinnya sangat ciamik.

Jika Anda berminat meminang kendaraan ini, harganya cukup beragam di pasaran. Layaknya membeli mobil bekas pada umumnya, jika kondisi mobil mulus dan tanpa cacat maka banderolnya akan semakin tinggi.

Selain itu adapula kondisi-kondisi yang bisa meningkatkan harga seperti varian tertentu dan fitur-fitur tambahan. Nomor pelat pilihan juga bisa meningkatkan harga jual dari kendaraan khususnya Mercy Boxer W124.

Harga Mercy Boxer di laman pencarian sendiri tercantum mulai dari Rp 55 juta hingga Rp 109 juta untuk tahun pembuatan yang sama yakni 1995.

C-Class W202
Mercy Bekas

Sedan entry-level Mercedes-Benz dengan kode bodi W202 juga memiliki masa kejayaan di Indonesia. Hingga saat ini, W202 juga masih banyak peminatnya karena modelnya tidak ketinggalan jaman. Meskipun saat ini banyak kendaraan baru bermunculan.

Model ini tersedia dalam pilihan C180, C200, C200K, C230 hingga model terkencangnya C43 AMG dan C63 AMG. Sekali lagi konsumen tinggal menentukan pilihan sesuai dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki.

Harga pasaran Mercedes-Benz bekas W202 mulai dari Rp 40 juta hingga Rp 150 juta.

E-Class
Mercedes-benz bekas

Berdasarkan klasifikasinya, E-Class merupakan sedan bisnis yang kerap digunakan para pebisnis menemani perjalanannya sehari-hari. Pada umumnya pengguna mobil ini menggunakan supir pribadi karena memang kenyamanannya lebih fokus di bagian belakang.

Mercedes-Benz pernah melakukan inovasi radikal dengan membuat lampu bulat yang tepisah. Model ini cukup unik dan hingga kini masih ada saja penggemarnya. Lalu generasi selanjutnya Mercy kembali menyatukan lampu yang terpisah tersebut.

Harga pasaran Mercedes-Benz E-Class sendiri mulai dari Rp 60 juta hingga Rp 120 jutaan. Harga tersebut kembali lagi tergantung kondisi kendaraan.

S-Class

Pada model tertinggi dari platform sedan Mercedes-Benz, setidaknya ada dua kode bodi yang cukup populer di Tanah Air yakni W140 dan W220. Keduanya kerap digunakan pejabat hingga presiden berbagai negara.

Kemewahan yang mutlak tersaji pada model ini dan tentunya banyak fitur yang disematkan di kursi bagian belakang. Mesinnya juga menawarkan performa yang luar biasa mengingat bodinya yang cukup besar dan berat.

Harga pasaran Mercedes-Benz S-Class mulai dari Rp 100 jutaan hingga Rp 210 jutaan.

G-Class
Harga Mercedes-Benz G-Class

G-Class merupakan salah satu kendaraan yang paling tangguh di muka bumi ini. Bodinya yang kekar membungkus mesin besar yang bertenaga. Mobil ini juga mampu menempuh banyak mendan menantang di belahan dunia manapun.

SUV atau Jip satu ini tengah populer di Indonesia karena digunakan oleh beberapa publik figur dan vlogger kenamaan. Hal ini berimbas pada harga pasaran G-Class yang mulai dari Rp 900 jutaan hingga Rp 4 miliar. [Dew/Had]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar