Harga Mobil Naik Imbas dari Kenaikan Harga BBM?

Berita Otomotif

Harga Mobil Naik Imbas dari Kenaikan Harga BBM?

JAKARTA - Sejumlah pelaku usaha otomotif tidak khawatir dengan kenaikan harga BBM Premium dari Rp 6.500 menjadi Rp 8.500 dan harga Solar dari Rp 5.500 menjadi Rp 7.500. Mereka mengatakan harga mobil tidak akan ikut naik akibat kebijakan kenaikan harga BBM bersubsidi di Indonesia.

Bagus Susanto Managing Director PT Ford Motor Indonesia (FMI) memamparkan, kemungkinan besar yang memengaruhi harga mobil ikut terkerek naik adalah bahan baku pembuatan mobil dan exchange rate (nilai tukar rupiah).

"Harga kendaraan naik banyak variabelnya. BBM salah satu saja dan itu juga tidak signifikan menurut saya. Yang signifikan itu material cost. Itu akan memberikan dampak langsung terhadap terhadap harga jual mobil karena itu structure cost (biaya modal) kendaraan itu," kata Bagus kepada Mobil123, Selasa (18/11/2014).

"Dan kedua exchange rate karena sebagian besar bagian kendaraan itu diimpor dari luar negeri," lanjut Bagus.

Sementara itu Direktur Marketing dan Aftersales Service PT Honda Prospect Motor (HPM), Jonfis Fandy mengutarakan hal sama. Menurutnya kenaikan harga BBM bersubsidi bukan suatu alasan untuk turut menaikkan harga jual mobil baru. Saat ini Honda dijelaskan Jonfis masih bisa menahan harga mobil meski biaya operasional naik.

"Kenaikan harga mobil baru bukan karena BBM subsidi naik. Itu lebih kepada melemahnya nilai tukar rupiah," beber Jonfis.

Senada dengan Ford dan Honda. Merek asal Jepang Suzuki juga memaparkan tidak ada rencana menaikkan harga jual mobil baru Suzuki dalam waktu dekat. Suzuki masih mempertahankan harga jual mobil barunya. Namun dalam beberapa waktu ke depan Suzuki akan mengkaji ulang harga mobil Suzuki jika kenaikan BBM memukul biaya produksi beberapa material sebagai bahan baku utama.

"Sampai saat ini belum ada rencana kenaikan harga. Tapi kami memantau kalau ada kenaikan bahan baku atau komponen. Dan belum tahu kapan, karena komponen yang terkena imbas juga belum diidentifikasi," tutur Davy Tuilan selaku 4W Sales, Marketing & DND Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS). [Ikh/Idr]

Bergabunglah di Facebook dan Twitter Mobil123.com

 



M Ikhsan

M Ikhsan

Pria ini sangat menyukai dunia otomotif karena sudah menjadi bagian hidupnya sejak kecil. Seperti para jurnalis otomotif lainnya, saya suka‬ pekerjaan yang mendetail dan suka dengan aktivitas outdoor yang penuh tantangan. Impian saya adalah mengoleksi supercar Italia, meski sekarang hanya bisa mengoleksi die cast. Tapi saya percaya suatu saat nanti, satu supercar akan terparkir di garasi rumah. ‎


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual