Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Mobil Merek China Sering Jauh Lebih Murah, Mau 'Rusak' Harga Pasar?

Berita Otomotif

Mobil Merek China Sering Jauh Lebih Murah, Mau 'Rusak' Harga Pasar?

JAKARTA – Wuling dan Chery berkomentar mengenai strategi pemosisian harga mobil-mobil mereka yang sangat terjangkau di segmennya. Apakah mereka ingin 'merusak' harga pasar?

Merek-merek mobil China yang bermain di pasar otomotif Indonesia saat ini selalu memberikan produk dengan banderol di bawah rata-rata harga para kompetitor satu segmen.

Bahkan, harga mobil-mobil gubahan merek China bisa berselisih cukup jauh dari nama-nama lain di segmen yang sama.

Contoh terkini adalah Wuling Alvez dan Chery Omoda 5 yang debut dalam Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023.

Tak heran jika muncul anggapan dari sebagian orang bahwa merek mobil China ingin ‘merusak’ harga pasar.

Wuling Alvez

Eksekutif Wuling dan Chery di Indonesia kompak menolak perspektif tersebut.

Brand and Marketing Director PT. SAIC General Motors Wuling (SGMW) Indonesia Dian Asmahani lebih menyebut strategi ini sebagai inovasi.

“Kami enggak mau merusak harga pasaran tapi kami memberikan inovasi lebih dan selalu memberikan yang terbaik untuk menjawab kebutuhan mobilitas saat ini,” ujarnya merespons pertanyaan Mobil123.com ketika ditemui di sela-sela IIMS 2023, 16-26 Februari di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

President Director PT. Chery Motor Indonesia (GMI) Shawn Xu menjelaskan bahwa pemosisian harga yang mereka lakukan mengikuti keinginan pasar maupun standar Chery secara global.

Chery Omoda 5

Chery, menurut dia, ingin harga yang bisa diterima oleh pasar tanpa perlu praktik diskon besar-besaran atau program promosi yang terlalu banyak di lapangan.

“Kami tahu kalau terlalu banyak diskon atau pun promosi, itu tidak baik untuk mereknya juga,” tandas dia dalam pameran.

“Kami tidak ingin gampang memberikan diskon besar. Kami menjaga stabilitas dan menjaga nilai yang didapatkan oleh para konsumen. Itu yang kami percaya dalam Menyusun bisnis jangka panjang di sini,” lanjut Xu.

Alvez dan Omoda 5 sendiri bermain di segmen medium sport utility vehicle (SUV). Segmen ini bisa juga disebut compact SUV B-segment.

Adapun rentang harga model-model di dalamnya adalah Rp300 juta sampai Rp500 juta.

Namun, Alvez dijual seharga Rp209 juta hingga Rp295 juta on the road (OTR) Jakarta. Banderol tersebut bahkan bisa diperbandingkan dengan mobil-mobil dari segmen di bawahnya.

Sementara itu, harga Omoda 5 adalah Rp328 juta serta Rp398 juta OTR Jakarta.

Padahal, dari sisi kelengkapan fitur, Omoda 5 sangat bisa diadu dengan tipe termewah Honda HR-V sekalipun yang banderolnya Rp529,9 juta OTR Jakarta. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang