Harga Mobil Listrik di Indonesia, Wuling Air EV Termurah

Berita Otomotif

Harga Mobil Listrik di Indonesia, Wuling Air EV Termurah

Mobil listrik pilihannya semakin banyak di pasar Indonesia, modelnya bervariasi, begitu pula harga jualnya, saat ini yang termurah dipegang oleh Wuling Air EV dengan banderol Rp200 juta-an.

Semakin ke sini, minat masyarakat terhadap mobil listrik semakin tinggi. Apalagi dengan harga bahan bakar minyak (BBM) yang akhir-akhir ini kian mahal, banyak orang yang mulai berpikiran untuk menggunakan alat transportasi tanpa bensin, sehingga beralih ke kendaraan listrik.

Ditambah lagi, kebijakan dari pemerintah yang sedang menggalakkan penggunaan kendaraan listrik di Indonesia, memicu banyak produsen mobil untuk meluncurkan produk elektrifikasinya.

Tak heran jika beberapa tahun belakangan ini banyak model mobil listrik murni yang diluncurkan maupun diperlihatkan ke publik oleh agen pemengang merek (APM) dalam pameran otomotif.

Adapun model mobil listrik yang sudah meluncur dan dipasarkan di Tanah Air antara lain Wuling Air EV, Hyundai Ioniq 5, Nissan Leaf, MINI Electric, dan DFSK Gelora E 

Soal harga, memang mobil listrik masih tergolong mahal, sekalipun dapat yang berbanderol terjangkau bentuk mobilnya sangat kecil sekali, yaitu Wuling Air EV. Kalau mau yang lebih mahal pilihan modelnya lebih beragam. 

Untuk mengetahui lebih lanjut terkait harga mobil listrik yang dipasarkan di Indonesia, simak ulasan singkatnya berikut ini.

Wuling Air EV

Wuling Air EV menjadi mobil listrik termurah sementara ini yang ada di pasar Indonesia. Meluncur pada Agustus lalu, Air EV dibanderol Rp238 juta untuk tipe Standard Range dan Rp295 juta untuk Long Range.

Wuling juga menyediakan opsi bagi pelanggan yang membeli Air EV tipe Long Range ditambah perangkat Charging Pile dengan harga Rp311 juta on the road (OTR) Jakarta.

Harga Wuling Air EV

Tipe

Harga

Air EV Standard Range

Rp238 juta

Air EV Long Range

Rp295 juta

Air EV Long Range w/ Charging Pile

Rp311 juta

Hyundai Ioniq 5

Hyundai Ioniq 5 merupakan produk elektrifikasi ketiga dari jenama asal Korea tersebut, setelah sebelumnya mengeluarkan Ioniq dan Kona Electric.

Mobil listrik crossover ini memiliki dua tipe, yakni Prime dan Signature. Masing-masing tipe tersebut dibagi lagi menjadi dua varian, Standard Range dan Long Range. Pada Standard Range dilengkapi baterai kapasitas 58 kWh, sementar tipe Long Range memiliki baterai 72,6 kWh.

Kisaran harga Ioniq 5 mulai dari Rp748 juta untuk varian Prime Standard Range sebagai yang paling rendah, sedangkan tipe tertinggi, Signature Long Range, dibanderol sebesar Rp859 juta OTR Jakarta.

Harga Hyundai Ioniq 5

Tipe

Harga

Ioniq 5 Prime Standard Range

Rp748 juta

Ioniq 5 Prime Long Range

Rp789 Juta

Ioniq 5 Signature Standard Range

Rp809 juta

Ioniq 5 Signature Long Range

Rp859 juta

Hyundai Kona Electric

Mobil Listrik Hyundai Kona Electric merupakan produk awal sebelum Ioniq 5 mendarat di dalam negeri.

Kona Electric dibekali baterai lithium-ion polymer kapasitas 39,2 kWh, membuat Kona mampu menempuh jarak hingga 305 km.

Kona Electric hanya terdiri dari satu tipe saja, yaitu Signature AT. Harga OTR Jakarta yang dipasang pada mobil ini Rp742 juta.

Harga Hyundai Kona Electric

Tipe

Harga

Kona Electric Signature AT

Rp742 juta

Nissan Leaf

Mobil listrik dari pabrikan Jepang, Nissan Leaf, diberikan beberapa pembaruan pada tahun ini, mayoritas berhubungan dengan fitur bantuan keamanan dan keselamatan dalam berkendara.

Nissan Leaf dilengkapi dengan baterai kapasitas 40 kWh, yang mampu menempuh jarak sejauh 311 km hanya dalam satu kali pengecasan baterai sampai penuh.

Mobil listrik Nissan Leaf ada dua tipe, keduanya dibedakan berdasarkan warna eksterior. Tipe termurah murah berupa One-Tone atau satu warna dengan harga Rp728 juta, sedangkan tipe teratas mengadopsi dua warna kontras di body atau Two-Tone dengan harga lebih mahal Rp2 juta.

Harga Nissan Leaf

Tipe

Harga

Leaf One-Tone

Rp728 juta

Leaf Two-Tone

Rp730 juta=

BMW iX & i4

Pabrikan asal Jerman, BMW, juga ikut menjual mobil listrik di Indonesia. Model mobil listrik terbaru yang belum lama di luncurkan ada BMW iX dan i4.

Pada BMW iX dibekali baterai lithium-ion berkapasitas 76,6 kWh. Jarak tempuh yang dapat diarungi SUV ini sekitar 390 km. Sementara itu, tipe i4 yang berupa grand coupe mampu menempuh jarak 520 km berkat kapasitas baterai yang lebih besar, sekitar 83,9 kWh.

Harga off the road untuk BMW iX iDrive40 Rp2,267 miliar, sedangkan i4 eDrive40 Rp1,997 miliar.

Harga BMW iX & i4

Tipe

Harga

iX iDrive40

Rp2,267 miliar

i4 eDrive40

Rp1,997 miliar

MINI Electric

Selain BMW iX dan i4, BMW Group Indonesia pada tahun ini merilis mobil listrik MINI Electric, singkatnya MINI E. Lebih tepatnya mobil tersebut meluncur pada 8 Juni 2022.

Jarak tempuh yang dapat diraih MINI E sekali pengecasan baterai 28,9 kWh adalah sekitar 232 km, pun demikian baterai yang digunakan pada tipe Resolute Edition juga sama.

Saat ini, MINI E terdiri dari dua tipe, Electric Standard dan Electric Resolute Edition. Tipe Electric Resolute Edition diluncurkan dalam GIIAS 2022. Perbedaan terlihat dari warna Rebel Green yang biasa ditemukan pada varian MINI John Cooper Works.

Harga untuk MINI E Standard yaitu Rp1,05 miliar, sedangkan varian Resolute Edition dibanderol Rp1,1 miliar.

Harga MINI Electric

Tipe

Harga

Electric Standard

Rp1,05 miliar

Electric Resolute Edition

Rp1,1 miliar

Lexus UX 300e

Satu lagi mobil listrik crossover ada Lexus UX 300e.

Baterai lithium-ion yang disematkan pada UX 300e memiliki kapasitas 54,3 kWh, mampu menempuh jarak sekitar 300 km dalam satu kali pengecasan penuh.

Baterai tersebut mendukung motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga 201 hp dan torsi 300 Nm.

Nilai harga yang dipasang untuk Lexus UX 300e ini adalah Rp 1,245 miliar.

Harga Lexus UX 300e

Tipe

Harga

UX 300e

Rp1,245 miliar

DFSK Gelora Electric

Kemudian ada juga mobil listrik untuk keperluan komersial yang dikeluarkan oleh pabrikan asal Cina, DFSK Gelora E.

Mobil listrik DFSK Gelora E ada dua jenis, yaitu Gelore E Mini Bus dan Gelora E Blind Van. Keduanya tidak memiliki perbedaan pada spesifikasi baterai, yang mana berkapasitas 42 kWh dan mampu menempuh jarak sekitar 300 km.

Hal yang membedakan terdapat pada fungsinya, tipe Minibus untuk membawa penumpang, sementara tipe Blind Van untuk mengangkut barang.

Harga yang disematkan pada mobil listrik ini mulai dari Rp484 juta untuk tipe Blind Van, dan Rp582,1 untuk varian Mini Bus.

Harga DFSK Gelora Electric

Tipe

Harga

Gelora E Mini Bus

Rp582,1 juta

Gelora E Blind Van

Rp484 juta

Mobil Listrik yang akan Datang

Selain model mobil listrik di atas, masih ada pabrikan lain yang siap memperkenalkan produk elektrifikasinya, bahkan sudah memiliki berencana untuk menjualnya di masa depan. Berikut beberapa di antaranya.

Kia EV6 & Kia Niro

Salah satu merek yang akan meluncurkan mobil listrik pada tahun depan adalah Kia. Jenama asal Korea Selatan ini sudah memamerkan dua produk elektrifikasinya, yakni Kia EV6 dan Kia Niro di GIIAS 2022 lalu.

Kedua produk tersebut rencananya akan diluncurkan secara resmi ke Indonesia pada kuartal pertama 2023.

Mobil listrik Kia EV6 dilengkapi dengan baterai 77,4 kWh, yang mampu membuat mobil tersebut menempuh jarak sejauh 506 km. Sementara itu, Kia Niro mengemban baterai kapasitas 64,8 kWh. Jarak tempuh yang bisa dicapai 463 km.

Keduanya sudah dilengkapi dengan teknologi bantuan pengemudian aktif (Advanced Driver Safety System/ADAS).

Untuk harganya sendiri, Kia Indonesia memperkirakan Kia EV6 di kisaran Rp1,2 miliar, sedangkan untuk Kia Niro harganya jauh lebih murah, di angka Rp800 juta-an.

Tipe

Perkiraan Harga

Kia EV6

Rp1,2 miliaran

Kia Niro

Rp800 jutaan

Citroen e-C4

Citroen pada tahun ini mengumumkan kembali ke pasar mobil Indonesia, dan akan mulai kegiatan penjualan pada 2023.

Sebagai penanda comeback, Citroen membawa 3 model pertamanya. Satu di antaranya berupa mobil listrik murni, Citroen e-C4.

Berdasarkan spesifikasinya di laman web Citroen Inggris, Citroen e-C4 memiliki baterai berkapasitas 50 kWh yang dapat membawa mobil menempuh jarak sekitar 219 mil atau sekitar 352 km.

Pihak Citroen Indonesia sampai saat ini belum menyebutkan prakiraan harga dari produk yang diperkenalkan, termasuk e-C4.

DFSK Mini EV

DFSK juga berencana mengeluarkan mobil listrik baru lagi di tahun depan. Modelnya berupa mobil ukuran mini, mirip Wuling Air EV.

DFSK Mini EV ini sendiri diperkenalkan pertama ke publik Indonesia dalam pagelaran Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022. Tipe Mini EV yang diperkenalkan menggunakan baterai lithium iron phosphate kapasitas 13,8 kWh. Jarak tempuh yang bisa dicapai sekitar 170 km.

Pihak DFSK Indonesia mengatakan saat ini masih dalam tahap mempelajari jarak tempuh, kandungan komponen lokal, serta fitur-fitur untuk menentukan harga Mini EV. Namun, DFSK menjanjikan kalau harganya akan bersahabat dengan kantong. [ABP/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Andrew Barnabas Panggabean

Andrew Barnabas Panggabean

Seorang penulis/penerjemah bahasa Inggris. Memulai karier sebagai Content Writer di Gojek (2017-2019), lalu bergabung ke mobil123.com pada Desember 2021.


Berita Utama


Komentar