Harga Mobil Bisa Segera Naik Jika Rupiah Terus Terpuruk

Berita Otomotif

Harga Mobil Bisa Segera Naik Jika Rupiah Terus Terpuruk

JAKARTA – Harga mobil-mobil berbagai merek di Indonesia diprediksi naik tak lama lagi jika kurs rupiah terhadap dollar Amerika Serikat (AS) tetap melemah dan tak berdaya.

Presiden Direktur PT. Hyundai Mobil Indonesia (HMI) Mukiat Sutikno menjelaskan bahwa pihaknya kemungkinan besar menaikkan banderol pada akhir Juli karena faktor kurs. Ia pun memprediksi merek-merek lain akan melakukan hal serupa dalam waktu berdekatan.

“Selain dunia sepak bola, topik selanjutnya yang lagi ‘panas’ diperbincangkan di industri otomotif adalah soal dollar AS,” ujar Mukiat sedikit berkelakar, ketika diwawancarai usai pengenalan H-1 facelift beberapa waktu lalu di Jakarta.

Sebagai informasi, kurs rupiah dalam ‘gonjang-ganjing’ mulai awal 2018. Nilai tukar mata uang yang pada akhir 2017 masih seputar Rp 13.500 per dollar AS sudah beberapa kali menembus Rp 14.000 per dollar AS dan bahkan sempat menyentuh level tertinggi sejak 2015. Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) per 9 Juli, 1 dollar AS setara dengan Rp 14.332.

Menurut Mukiat, pabrikan-pabrikan otomotif lain cepat atau lambat bakal melakukan aksi yang sama dengan Hyundai jika dalam waktu dekat tak ada indikasi perbaikan. Apalagi, Mukiat menyakini mereka masih banyak mengacu pada kurs akhir 2017 yaitu Rp 13.500 per dollar AS dalam penentuan harga.

“Saya rasa, kalau sampai Juli ini fluktuasi rupiah terhadap dollar AS masih stagnan di level saat ini, pasti semua akan ada kenaikan. Sampai Juli ini saya rasa semua akan memperhatikan kenaikannya,” jelasnya.

Toyota, ketika dihubungi Mobil123.com belum lama ini, mengklaim belum ada rencana pengerekan harga karena kurs. Sementara Wuling telah menaikkan harga jual per 1 Juli.

“Macam-macam faktor kenaikan harganya. Ada karena harga material, biaya produksi, dan lain-lain,” papar Brand Manager PT. SAIC General Motors Wuling (SGMW) Indonesia Dian Asmahani melalui sambungan telepon.

Berdasarkan pantauan terkini Mobil123.com di situs resmi Wuling, kenaikan harga hanya terjadi pada Confero. Banderol on-the–road Jakarta low multi purpose vehicle (LMPV) ini sekarang lebih mahal sekitar Rp 3 juta. Confero kini dijual mulai Rp134,8 juta. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual