Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Intip Harga Kawasaki KLX 150 Bekas, Mulai dari Rp10 Jutaan Saja

Berita Otomotif

Intip Harga Kawasaki KLX 150 Bekas, Mulai dari Rp10 Jutaan Saja

Harga Kawasaki KLX 150 bekas cukup menggiurkan, khususnya bagi para pencinta offroad di Tanah Air yang menginginkan motor murah, tapi tetap gaya.

Kawasaki KLX yang merupakan salah satu pelopor motor trail di Indonesia, memiliki banyak penggemar setia. Selain nama besar, kepraktisannya sebagai motor penggaruk tanah menjadi nilai lebih di mata konsumen.

Pasar motor offroad di Indonesia memang tidak terlalu 'seksi', karena kendaraan ini masuk ke dalam segmen hobi. Sehingga untuk mencari unit bekasnya, tidak terlalu banyak tersedia di pasaran.

Untuk mendapatkan Kawasaki KLX bekas berkualitas, calon konsumen harus lebih sabar dalam memburunya. Terlebih, Anda harus memilih unit dengan kondisi terbaik agar tidak menguras kocek lebih dalam.

Bicara soal harga Kawasaki KLX 150 bekas bisa dikatakan masih cukup terjangkau.

Berdasarkan pantauan kami dari berbagai sumber, harga Kawasaki KLX 150 bekas termurah mulai dari Rp10 jutaan.

Jika mendapatkan unit dengan harga rendah dan punya dana lebih, Anda bisa mengalokasikannya untuk melakukan modifikasi apabila ingin merubah tampilan motor sesuai dengan selera..

Sejarah Kawasaki KLX di Indonesia

PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) pertama kali memasarkan KLX pada Mei 2009.

Seiring dengan dihentikannya produksi motor 2-Tak di Tanah Air, volume maker KMI harus berpindah dari Ninja150RR ke KLX.

Sebagai pelopor motor offroad di Indonesia, Kawasaki KLX menggunakan mesin 144 cc berpendingin udara.

Kuda besi ini masih mengandalkan sistem pengabut bahan bakar karburator.

Mesin dengan karburator diakui para penggiat offroad lebih tangguh. Selain itu, perawatannya juga lebih mudah dan praktis, sehingga tidak perlu alat khusus untuk melakukan bongkar pasang. 


Harga KLX bekas

Kawasaki KLX diyakini memiliki daya maksimum sebesar 11 hp pada 8.000 rpm. Sementara torsi puncaknya mencapai 11.3 Nm pada 6.500 rpm.

Angka tersebut cukup mumpuni untuk melakukan offroad ringan hingga sedang. Jika masih terasa kurang, pada umumnya para pemilik motor melakukan modifikasi pada mesinnya.

Urusan kaki-kaki, motor ini menggunakan kombinasi roda depan 19 inci dan 16 inci belakang. Padahal, motor trail pada umumnya mengandalkan ring 21 inci di depan dan belakang 18 inci.

Meskipun menggunakan diameter roda lebih kecil, tidak serta merta membuat kemampuan motor kurang garang. Justru untuk postur tubuh orang Asia, penggunaan ban lebih kecil sangat memudahkan.

Lalu handling motor ditopang dengan suspensi depan teleskopik dan belakang monoshock berikut model unitrack. Kombinasi ini cukup mumpuni meredam getaran dan menjaga motor tetap stabil.

Kawasaki KLX 150 sempat mendapat keluhan dari pelanggan yang menyatakan ban terlalu kecil. Menanggapi keluhan tersebut, pada 2013, KMI menghadirkan KLX 150L. 

Kawasaki KLX 150L telah menggunakan ban depan 21 inci dan belakang 18 inci. Selain lebih tinggi, diameter ban barunya lebih mudah dicari di pasaran.

Pada edisi terbarunya, KMI tidak hanya mengubah diameter ban. Namun, merek asal Jepang ini menyematkan bentuk knalpot baru, guna mengejar standar emisi Euro3.

Seperti diketahui pemerintah Indonesia baru menerapkan standar Euro3 pada 2013, sementara negara lain sudah memberlakukan standar emsi Euro4.
Harga Kawasaki KLX

Pada 2015, KMI menambah panjang jajaran produk KLX 150. Hingga kini KMI menawarkan empat tipe yang bisa dipilih konsumen, seperti  KLX 150, KLX 150L, KLX 150 BF dan KLX 150 BF SE.

Keempatnya menggunakan frame, bodi dan lampu utama baru. Bentuk baru motor penggaruk tanah ini terlihat lebih modern dari sebelumnya.

Tidak ada perbedaan di sektor dapur pacu, artinya tetap sama seperti edisi sebelumnya.

Dari keempat varian KLX150, pembedanya hanya pada besaran ban dan aksesori, terutama pada versi KLX 150 BF SE.

Keunggulan Kawasaki KLX 150

Keunggulan Kawasaki KLX150 cukup banyak, sehingga bisa menjadi bahan pertimbangan bagi Anda sebelum melakukan pembelian.

  • Mesin

Kawasaki KLX150 banyak digunakan oleh berbagai instansi Pemerintah. Sebut saja pihak kepolisian, Polisi Pamong Praja hingga petugas perkebunan.
KLX Second

Hal ini menjadi salah satu bukti bahwa kendaraan bisa diandalkan di berbagai medan.

Mesinnya juga dikenal tangguh sehingga perawatannya tidak membebani pemiliknya.

  • Varian

Keunggulan lainnya adalah jumlah varian yang lengkap. Jika dibandingkan dengan pesaingnya, Kawasaki KLX 150 lebih membuat konsumen leluasa dalam menentukan pilihan.

Selain varian untuk jalan raya yang telah disebutkan tadi, KMI juga memasarkan unit khusus kompetisi.

Unit tersebut tidak dilengkapi dengan lampu-lampu atau perangkat lalu-lintas lainnya.
KLX Bekas

Sehingga dari pertama beli, konsumen sudah bisa mengajaknya menggaruk tanah baik sekedar hobi maupun kompetisi.

  • Bobot

Sebagai motor offroad, tentunya bobot yang ringan akan sangat menguntungkan. Dibandingkan pesaing di kelasnya, Kawasaki KLX 150 masih lebih enteng, karena beratnya hanya 118 kilogram.

Sementara, Yamaha WR155R memiliki bobot total 134 kilogram. Lalu Honda CRF150L beratnya mencapai 122 kilogram.

  • Suspensi

Sejatinya motor offroad memiliki suspensi yang empuk. Hal ini berguna untuk membuat pengendaranya lebih nyaman saat melintasi medan kasar.

Di antara para kompetitornya, motor lansiran 'Geng Hijau' ini terkenal paling empuk.

Kekurangan Kawasaki KLX 150

  • Fitur

Seperti telah disebutkan di awal, Kawasaki KLX 150 dikenal praktis untuk digunakan, karena tidak punya banyak fitur-fitur modern.

Salah satu contohnya terlihat pada panel instrumen analog yang kurang menarik. Sementara lawannya di kelas yang sama menawarkan LCD dengan tampilan lebih atraktif.

  • Tenaga

Sejak generasi pertama hingga saat ini, mesin merupakan salah satu sektor yang tidak pernah mendapat sentuhan. Walhasil besaran tenaganya paling kecil dibandingkan kompetitor.

  • Boros

Konsistensi KMI dengan tetap mempertahankan sistem pengabut bahan bakar model karburator, membuat konsumsinya paling rakus.

Untuk penggunaan harian, Anda akan lebih sering menyambangi Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).
motor trail KLX

Terlebih jika digunakan untuk kegiatan offroad yang notabene mengajak mesin mengeluarkan performa maksimal.

Harga Kawasaki KLX 150 Bekas

Untuk generasi pertama, konsumen bisa mendapatkan Kawasaki KLX 150 bekas dengan harga paling rendah Rp10 jutaan. Namun hal ini tergantung kondisi motor beserta surat-suratnya.

Namun, untuk generasi keduanya, rata-rata para penjual memasang harga Kawasaki KLX 150 bekas mulai dari Rp 14 jutaan.

Semakin tinggi harganya, maka kualitas barang akan semakin baik.

Nah, untuk versi terbarunya konsumen harus menyiapkan bujet sekira Rp17 jutaan. [Dew/Ses]

Spesifikasi Kawasaki KLX 150

Dimensi

P x L x T

2.080 x 830 x 1.115 mm

Sumbu Roda

1.340 mm

Tinggi Tempat Duduk

870 mm

Berat

118 kg

Kapasitas Tangki

6,9 liter

Mesin

Tipe

4-tak, SOHC 2 katup, pendingin udara

Kapasitas

144 cc

Diameter x Langkah

58 x 54,4 mm

Karburator

Keihin NV24

Rasio Kompresi

9,5 : 1

Transmisi

Manual, 5 speed

Tenaga Maksimal

12 PS @ 8.000 rpm

Torsi Maksimal

11,3 Nm @ 6.500 rpm

Kaki-Kaki

Suspensi Depan

Teleskopik & upside down (BF)

Suspensi Belakang

Monosok

Ban Depan

2.75-21"

Ban Belakang

4.10-18

Rem Depan

Cakram

Rem Belakang

Cakram

 



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Reporter

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang