Harga Honda City Bekas ‘Tahun Muda’ Bisa Lebih Murah Rp100 Jutaan

Mobil Bekas

Harga Honda City Bekas ‘Tahun Muda’ Bisa Lebih Murah Rp100 Jutaan

Harga sedan Honda City bekas dengan kisaran umur 1 – 3 tahun hanya Rp200 jutaan. Selisihnya bisa mencapai lebih dari Rp100 juta jika dibandingkan dengan unit baru.

Ini diketahui dari penelusuran di iklan-iklan mengenai sedan seken tersebut di Mobil123.com, untuk tahun produksi 2018 – 2020. Ketika artikel ini ditayangkan, terdapat 13 iklan City bekas yang dirakit pada rentang waktu tersebut.

City sendiri merupakan salah satu model sedan Honda di pasar otomotif Indonesia. Di atasnya, masih ada Civic turbo, Accord, plus Civic Type R.

Di antara nama-nama di atas, City merupakan sedan termurah. Hanya ada satu tipe yang dipasarkan di Nusantara yaitu E CVT dengan harga on-the-road Jakarta Rp352,6 juta menurut situs resmi Honda Indonesia per Maret 2021.

Secara total, pengunjung Mobil123.com bisa melihat total 371 iklan City bekas. Unit tertua berasal dari tahun produksi 1997, sementara yang termuda adalah rakitan 2020.

Kisaran Harga Honda City Bekas 2018

Ketika artikel ini ditayangkan, terdapat tujuh iklan Honda City bekas 2018 dengan unit yang paling murah serharga Rp222 juta dengan opsi pembelian secara kredit.

Total Down Payment (TDP) atau uang muka plus cicilan bulan pertama untuk unit ini Rp61 juta dengan angsuran Rp4.092.000 selama lima tahun. Penjualnya adalah diler di WTC Mangga Dua, Jakarta.

Bagi konsumen yang siap membeli tunai, maharnya sedikit lebih tinggi yaitu Rp245 juta.

Honda City Bekas 2018

City bekas 2018 termahal berbanderol Rp 255 juta untuk pembelian kredit. TDP bisa dipilih antara Rp57 juta atau Rp79 juta dengan tenor empat tahun.

Unit terletak di Gading Serpong, Tangerang dengan harga tunainya Rp265 Juta.

Kisaran Harga Honda City Bekas 2019

Iklan Honda City bekas 2019 termurah dijual seharga Rp259 juta untuk pembelian secara kredit, dengan tenor lima tahun.

Tidak disebutkan mengenai TDP dari unit yang berlokasi di Kemayoran, Jakarta ini. Begitu pun dengan harga pembelian tunainya.

Honda City bekas 2019

City bekas 2019 termahal dijual Rp265 juta. TDP Rp72 juta, dengan tenor 5 tahun dan angsuran bulanan Rp5.428 juta.

Lagi-lagi, Anda harus bertanya langsung untuk pembelian dengan kas keras dari unit yang berada di Mangga Dua, Jakarta tersebut.

Kisaran Harga Honda City Bekas 2020

Untuk Honda City bekas 2020, terdapat tiga iklan yang bisa Anda lihat satu-persatu. Akan tetapi, nilai jual dari ketiganya sama.

Tiap unit yang diiklankan punya harga jual Rp 285 juta bagi pembelian secara kredit.

Sejarah Singkat Honda City

Nama City lebih identik dengan sebuah sedan. Tapi, menurut penelusuran dari berbagai sumber, generasi pertama dari model ini sebenarnya terlahir sebagai hatchback pada 1981.

Namun, bentuk tersebut hanya bertahan selama dua generasi. Saat Honda City generasi ketiga muncul pada 1996, modelnya bertransformasi menjadi sebuah sedan.

City generasi ketiga pula lah yang pertama kali dijual di Indonesia, tak berapa lama setelah debut globalnya. Mulai generasi ini, City dikembangkan untuk bisa lebih spesifik menyasar region Asia Tenggara (ASEAN).

Pesaing dari Toyota Vios ini terus bertahan di pasar otomotif nasional. Model yang dijual sekarang sedikit tertinggal karena masih generasi keenam. Padahal, generasi ketujuhnya sudah menjalani debut pada 2019 dalam ajang Thailand International Motor Expo.

Pada generasi ketujuh ini, Honda City hatchback hadir kembali sebagai variasi dari yang sedan. Debut global City hatchback terjadi pada November 2020 di Thailand.

Honda City Hatchback 2021

City hatchback resmi meluncur dan dijual di Indonesia pada Maret 2021. Belum diketahui, kapan Honda bakal merilis City sedan generasi ketujuh.

Spesifikasi dan Fitur Honda City Sedan di Indonesia

City sedan, menurut situs Honda Indonesia, memiliki dimensi panjang 4.442 mm, lebar 1.694 mm, dan tinggi 1.477 mm. Jarak wheelbase atau sumbu roda 2.600 mm.

City sedan untuk pasar Indonesia bermesin bensin  dengan kapasitas 1.5-liter SOHC, 4 silinder segaris, 16 katup i-VTEC+DBW dengan sistem suplai bahan bakar PGM-FI serta perbandingan kompresi 10,3:1. Tenaga puncaknya 120 ps di 6.600 rpm, dengan torsi maksimal 145 Nm di 4.600 rpm.

Honda City Bekas 2020

Mesin 1.5-liternya dipadukan dengan transmisi otomatis Continuously Variable Timing (CVT) dengan Earth Dream Technology hasil pengembangan Honda. Sistem kemudi menggunakan Rack and Pinion, Electronic Power Steering dan setir bisa diatur secara tilt (naik – turun) maupun telescopic (mendekat – menjauh).

Suspensi depan mengandalkan MacPherson Strut. Adapun kaki-kaki belakang diotaki oleh H-Shape Torsion Beam.

Seluruh roda berukuran 185/55 dengan pelek alloy 16 inci. Kedua roda depan menggunakan rem cakram, tapi dua roda di belakang masih memakai rem drum.

Untuk memperkokohnya, diberikan sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), hingga Brake Assist (BA).

Eksterior dari Honda City sedan versi terkini telah menggunakan Full LED Head Lamp. Terdapat pula Daytime Running Light (DRL), Fog Lamp, Heat Rejecting Tinted Glass, Power Retractable Door Mirror, Rear Combi Stop Lamp, LED High Mount Stop Lamp.

Fitur-fitur kenyaman di dalam interior terbilang lengkap, meski City merupakan sedan termurah dari Honda. Head Unit menggunakan layar sentuh 8 inci dengan kemampuan AM/FM Radio, Single CD DVD MP3/WMA + USB Port + HDMI Port + Aux Input + Smartphone Connection + Bluetooth Connection.

Ada pula Audio Steering Switch, Paddle Shift, Cruise Control, ECON Mode, Multi Information Display, Smart Touch AC.

Fitur-fitur keselamatan serta keamanan dari Honda City sedan terbaru juga mentereng, baik itu yang bersifat pasif maupun aktif.

Daftarnya dimulai dari rangka G-Con + ACE, Dual Front SRS Airbag, sabuk pengaman di tiap kursi, Seatbelt Reminder untuk baris pertama, Pretensioner with Load Limiter Seatbelt, ISOFIX and Tether. Tersedia juga Alat Pemadam Api Ringan (APAR), Keyless Entry, Alarm System, Auto Door Lock by Speed, Immobilizer.

Perangkat keselamatan dan keamanan City sedan tak berhenti sampai di situ. Pengemudi dan penumpang juga dibikin tenang dengan kehadiran Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist (HSA), Emergency Stop Signal (ESS), Brake Override System, plus Parking Sensor.

Honda City Cikal Bakal Jazz

Seperti disinggung sebelumnya, City identik sebagai sedan dengan sejarah yang bisa ditelusuri hingga awal 1980-an. Tapi, tahukah Anda bahwa City generasi awal bukan cuma mengambil model hatchback, tapi juga menjadi cikal bakal Jazz?

Menurut penelusuran Mobil123.com dari berbagai sumber, City generasi pertama lahir pada November 1981 sebagai hatchback. Selain dijual di Jepang, Honda pun mengapalkannya ke Eropa, Australia, serta Selandia Baru.

Honda City Generasi Pertama

Di Eropa, model tersebut dijual dengan nama Jazz. Soalnya, Opel sudah terlebih dahulu hadir dengan merek dagang City.

Mesin bensin yang disandang City generasi pertama berkapasitas 1.2-liter, 4 silinder segaris.

Generasi keduanya lalu muncul pada 1986 dan masih dijual sebagai hatchback. Siklus hidupnya tergolong lama yaitu hingga 1994 (delapan tahun).

Di generasi ini, City sempat sekali mendapatkan penyegaran. Muncul pula varian lain bernama Fit—yang kini menjadi nama lain Jazz di sebagian pasar.

Honda City Generasi Kedua

Mesin bensin yang menjadi ‘otak’ dari performanya masih berkapasitas 1.2-liter, meski sudah diperbarui dan memiliki beberapa variasi.

Setelah itu, City sempat didiskontinyu selama dua tahun. Barulah kemudian pada 1996, City generasi ketiga lahir kembali sebagai sebuah sedan.

Nama sandinya SX8. Adapun kode sasis dari City generasi ini ialah 3A2 untuk tipe mesin bensin 1.3-liter dan 3A3 untuk tipe mesin bensin 1.5-liter. Sasisnya didasarkan dari platform EF Civic.

Honda City Generasi Ketiga

Sementara, transmisinya antara manual lima percepatan atau otomatis empat percepatan.

City generasi ketiga hadir sebagai bagian dari strategi Honda untuk menggarap pasar ASEAN. Produksinya ketika itu dilakukan di pabrik baru Honda di Ayutthaya, Thailand mulai April 1996.

Dari ‘Negeri Gajah Putih’, ekspornya dengan cepat merambah berbagai negara. Selain dikirim dan dijual di berbagai negara ASEAN Indonesia, Malaysia, Filipina, City juga dikapalkan ke India, Pakistan, plus Taiwan.

Bahkan, model ini menjadi pembuka hadirnya Honda di pasar ‘Negeri Hindustan’. City generasi ketiga sempat sekali mendapat penyegaran melalui model facelift pada 2000. Muncul pula mesin baru 1.5-liter V-TEC.

Generasi keempat menjalani debut globalnya pada 2002. Honda memperkenalkannya dengan memanfaatkan ajang Bangkok International Motor Show.

Honda City generasi keempat

Pada generasi ini, City memiliki varian berpenggerak empat roda. Honda mengekspor City dari Thailand ke Jepang dengan nama Fit Aria di penghujung 2002.

Penyematan nama Aria di belakanga Fit, ketika itu, adalah bagian dari tradisi Honda untuk menamakan model mereka dengan istilah – istilah yang berhubungan dengan musik klasik. Contoh lainnya adalah Prelude, Accord, Ballade, Quint, Concerto.

Pada September 2005, versi faceliftnya meluncur di Thailand. Kemudian, negara – negara ASEAN lain menyusul yaitu Malaysia (November 2005) serta Indonesia (Desember 2005)

Adapun City generasi kelima pertama kali menampakkan diri pada September 2008. Lagi – lagi, Honda memilih Thailand sebagai tempatnya menjalani debut global.

Honda City generasi kelima

Makin banyak negara yang menjadi sasaran pasarnya. Di samping negara-negara dalam kawasan ASEAN, Pakistan, dan India, City generasi ini dijual hingga ke China.

Versi faceliftnya mengaspal perdana pada September 2011 di Thailand. Perubahannya tak hanya menyangkut desain eksterior, tapi juga penambahan ground clearance serta panjang bodi.

City generasi keenam diintroduksi pada 2014. Jika generasi tiga dan lima menjalani debut global di Thailand, Honda kali ini memilih India.

Honda City Generasi Keenam

Beberapa hal penting terjadi pada generasi ini. Pertama adalah hilangnya mesin bensin 1.3-liter yang sebelumnya menjadi salah satu opsi pada generasi ketiga hingga kelima.

Kemudian, Ada varian mesin bensin / CNG berkapasitas 1.5-liter untuk pasar Thailand. Disediakan pula untuk pertama kalinya mesin 1.5-liter hybrid maupun 1.5-liter turbo diesel.

Opsi transmisi yang sebelumnya cukup simpel juga menjadi lebih beragam. Ada manual lima percepatan, manual enam percepatan, otomatis tujuh percepatan DCT, serta otomatis CVT.

City generasi keenam juga menorehkan rekor sebagai City terlaris sepanjang sejarah dengan penjualan lebih dari 300 ribu unit. Ini sudah termasuk versi faceliftnya yang hadir pada 2017.

City terkini adalah generasi ketujuh yang mengaspal perdana di Thailand pada November 2019. Sayangnya, Indonesia belum mendapatkan generasi tersebut hingga detik ini.

Honda City Generasi Ketujuh

Tipe – tipe dapur pacu yang disediakan untuk City generasi ketujuh adalah mesin bensin 1.0-liter turbo, mesin bensin 1.5-liter, mesin diesel 1.5-liter turbo, atau mesin hybrid 15-liter. Untuk transmisi, terdapat manual enam percepatan, otomatis CVT, sampai otomatis eCVT. [Xan/Had]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar