Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Harga dan Varian Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5 di Indonesia Terungkap

Berita Otomotif

Harga dan Varian Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5 di Indonesia Terungkap

JAKARTA - Sebelum meluncur di Indonesia, gambaran harga mobil listrik Hyundai Ioniq 5 sudah bisa diketahui.

Harga dari calon mobil listrik terbaru Hyundai tersebut sudah tertera di situs Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) DKI Jakarta. Daftar variannya pun ada.

Ioniq 5, menurut data milik Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) DKI Jakarta itu, terdiri dari dua varian. Pertama ialah yang berpenggerak dua roda (two wheel drive/2WD), sedangkan lainnya berpenggerak empat roda (all wheel drive/AWD).

Keduanya sama-sama bertransmisi otomatis (AT).

Ioniq 5 2WD AT berbanderol Rp450 juta. Adapun harga Ioniq 5 AWD AT Rp473 juta.

Namun, perlu diingat kalau harga yang terlihat di situs NKJB Samsat DKI Jakarta belum harga on the road (OTR). Angka yang terdapat di dalamnya merupakan nilai jual sebelum pajak, Bea Balik Nama (BBN), plus selisih keuntungan diler.

Sebagai perbandingan, harga mobil listrik Hyundai yang lain yakni Kona EV di situs NJKB DKI Jakarta adalah Rp488 juta. Akan tetapi, harga OTR Jakarta-nya per Maret 2022 Rp734,9 juta. 

Adapun satu mobil listrik lainnya, Ioniq EV, berbanderol Rp423 juta di situs NJKB DKI Jakarta. Sedan ini kemudian dijual dengan harga OTR Jakarta Rp715,7 juta.

Mobil123.com sebelumnya memberitakan bahwa Ioniq 5 dijadwalkan meluncur tahun ini. Produksinya, seperti dibocorkan oleh Presiden Direktur PT. Hyundai Motors Indonesia (HMID) SungJong Ha pada akhir Januari 2022, dimulai Maret ini.

Ioniq 5 nantinya menjadi mobil listrik pertama yang akan diproduksi oleh pabrik baru Hyundai di Cikarang, Bekasi.

Sebelumnya, per Januari 2022, pabrik bernilai investasi 1,5 miliar dollar AS ini sudah terlebih dahulu merakit sport utility vehicle (SUV) Hyundai Creta.

Bisnis Hyundai di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir ditangani oleh prinsipal, melalui HMID. Peluncuran model baru mereka lakukan sejak 2020.

Selama sekitar dua tahun, jenama asal Korea Selatan tersebut sudah menerjunkan serta menjual enam model ke pasar otomotif Tanah Air. Ada dua mobil listrik yakni Kona EV dan Ioniq EV ditambah empat model bermesin konvensional (Palisade, Santa Fe facelift, Staria, Creta).

Hyundai juga dalam proses pembangunan pabrik baterai mobil listrik di Karawang, Jawa Barat.

Infrastruktur yang didirikan bersama LG dengan investasi 1,1 miliar dollar AS tersebut dijadwalkan rampung pada semester dua 2023 dan mulai beraktivitas komersial semester dua 2024. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang