Harga dan Keunggulan dari Toyota Avanza

Panduan Pembeli

Harga dan Keunggulan dari Toyota Avanza

Toyota Avanza adalah salah satu mobil terlaris di Indonesia dan memiliki beragam keunggulan bila dibandingkan dengan Low MPV lainnya.

Mobil yang diluncurkan pertama kali pada tahun 2004 ini sudah hadir dalam dua generasi. Generasi pertama hadir tahun 2004 sementara generasi kedua diluncurkan pada tahun 2011. Setelah itu, beragam ubahan terus dilakukan untuk memastikan perfoma kendaraan tetap sesuai dengan kondisi masyarakat terkini.

Hal tersebut penting karena Toyota Avanza memiliki banyak pesaing di segmen serupa. Mulai dari Daihatsu Xenia yang menggunakan platform serupa, Suzuki Ertiga, Honda Mobiio, Wuling Confero, Mitsubishi Xpander dan Nissan Livina.

Ketatnya persaingan disebabkan low MPV merupakan segmen pasar terbesar di Indonesia saat ini. Maka tidak heran jika beragam perusahaan otomotif berlomba-lomba untuk mengembangkan Low MPV agar dapat bersaing dengan Toyota.

Hal tersebut tentunya akan sangat bermanfaat bagi masyarakat karena dengan demikian pilihan low MPV akan menjadi lebih banyak. Masyarakat pun bisa memilih low MPV sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka.

Harga Toyota Avanza

Harga dan Keunggulan dari Toyota Avanza

Perlu diketahui bahwa saat ini Toyota Avanza hadir dengan program relaksasi pajak yang diberikan Pemerintah. Dengan program tersebut maka harga dari Toyota Avanza menjadi lebih murah ketimbang sebelumnya.

Tentunya ini menjadi sebuah kabar baik bagi pelanggan yang ingin membeli Toyota Avanza. Pasalnya selama ini, Toyota Avanza memang dikenal sebagai salah satu kendaraan dengan harga yang paling kompetitif di segmennya. Bila ditambahkan dengan relaksasi PPnBM maka tentunya akan memudahkan pelanggannya.

Namun sayangnya, banyaknya peminat terhadap Toyota Avanza menjadi sebuah tantangan tersendiri. Hal ini disebabkan terbatasnya kemampuan Toyota dalam memproduksi Avanza sehingga menyebabkan antrian menjadi sangat mengular.

Berikut ini harga terbaru Toyota Avanza per April 2021

  • 1.3 E STD MT                   Rp 187.600.000
  • 1.3 E STD AT                    Rp 197.900.000
  • 1.3 E MT                           Rp 189.800.000
  • 1.3 E AT                            Rp 200.200.000
  • 1.3 G MT                           Rp 206.700.000
  • 1.3 G AT                            Rp 216.500.000
  • Veloz 1.3 MT                    Rp 212.900.000
  • Veloz 1.3 AT                     Rp 223.700.000
  • Veloz 1.5 MT                    Rp 224.300.000
  • Veloz 1.5 AT                     Rp 235.300.000

Tampilan Toyota Avanza

Harga dan Keunggulan dari Toyota Avanza

Toyota Avanza terakhir kali diremajakan pada akhir tahun 2019 dengan beragam ubahan menarik, khususnya pada sisi eksterior kendaraan. Salah satu yang paling mudah terlihat adalah pada headlampnya yang dibuat menumpuk seperti Toyota Voxy dan Toyota Vellfire.

Langkah ini perlu dilakukan karena tampilan headlamp Toyota Avanza sebelumnya terasa sudah ketinggalan jaman. Dengan ubahan tersebut, Toyota Avanza pun menjadi terlihat lebih modern dan sporty. Tak hanya itu, headlamp tidak hanya berubah pada sisi desain karena kini Toyota Avanza juga sudah hadir dengan LED.

Ubahan pada bagian depan tentunya tidak hanya dilakukan pada sisi lampu saja. Grille Toyota Avanza juga dilakukan ubahan sehingga terlihat lebih gahar bila dibandingkan dengan tampilan sebelumnya. Selain itu, bemper mobil juga dibuat lebih berotot berkat penggunaan desain foglamp terbaru.

Tampilan baru ini sukses mengubah tampilan Toyota Avanza yang selama ini dikenal konservatif menjadi lebih sporty dan tangguh dibandingkan sebelumnya.

Dimensi Toyota Avanza

Harga dan Keunggulan dari Toyota Avanza

Sebagai kendaraan yang menyasar konsumen berkeluarga, Toyota tentu harus memikirkan dimensi dari Avanza. Hal ini penting karena Toyota Avanza harus tetap memiliki dimensi yang compat namun nyaman untuk digunakan berpergian bersama keluarga.

Untuk itu, Toyota membuat Avanza dengan dimensi 4.190 mm, lebar 1.660 mm dan tinggi 1.595 mm. Sementara untuk jarak sumbu roda atau wheelbase mencapai 2.655 mm, ground clearence 200 mm dan kapasitas tangki bahan bakar sebesar 45 liter.

Ukuran dimensi Toyota Avanza tersebut sudah terbukti mampu menjawab kebutuhan masyarakat khususnya untuk segmen keluarga. Terlebih, kapasitas tangki BBM juga terbilang cukup sehingga pelanggan tidak terlalu sering untuk mengisi BBM.

Untuk kaki-kaki, Toyota Avanza sudah dilengkapi dengan suspensi MacPherson Strut pada bagian depan dan pada bagian belakang menggunakan 4-Link Lateral Rod. Sedangkan untuk ban, Toyota Avanza roda berdiameter 14 inci dengan ban 185/70 R14.

Interior dan Fitur Unggulan di Toyota Avanza

Harga dan Keunggulan dari Toyota Avanza

Beberapa ubahan juga sudah dilakukan Toyota pada bagian interior kendaraan. Salah satunya adalah dengan menggunakan AC Digital dari sebelumnya hanya menggunakan putaran saja. Selain itu, Toyota Avanza juga sudah dilengkapi dengan layar LCD untuk memberikan pengalaman baru berkendara para penumpangnya.

Toyota juga kini tidak pelit lagi dalam memberikan power outlet pada Avanza. Hal ini dibuktikan dengan hadirnya power outlet tidak hanya di baris pertama tapi juga di baris kedua dan ketiga sehingga penumpang tidak perlu takut lagi kehabisan daya pada smatphonenya.

Pengaturan posisi duduk juga semakin mudah karena lingkar kemudi bisa diatur posisinya berkat fitur tilt steering. Sayangnya, Toyota masih enggan untuk menyematkan fitur teleskopik yang sebenarnya tidak kalah penting untuk pengemudi.

Khusus untuk varian G keatas, pengendara akan dimanjakan dengan fitur switch control pada lingkar kemudi. Tentunya ini akan memudahkan pengendara memilih hiburan yang diinginkan tanpa harus melepaskan tangan dari lingkar kemudi.

Yang menarik dari Toyota Avanza adalah fitur keselamatan varian terendah dan varian tertinggi tidak ada perbedaan. Dengan ini maka pengendara bisa lebih percaya diri saat berkendara. Fitur keselamatan tersebut adalah rem ABS, dual SRS Airbag, Isofix, Side impact beam dan peringatan seatbelt penumpang depan.

Mesin Toyota Avanza

Salah satu keunggulan utama dari Toyota Avanza adalah pilihan mesinnya. Toyota menghadirkan dua pilihan mesin dengan kapasitas 1.500 cc dan 1.300 cc. Tentunya kedua mesin tersebut juga diberikan pilihan transmisi manual dan otomatis.

Mesin berkapasitas 1.500 cc yang digunakan pada Toyota Avanza pun terbilang cukup bertenaga. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 1-4 PS dan torsi mencapai 136 Nm. Sementara mesin berkapasotas 1.300 cc pun tidak kalah baiknya. Pasalnya mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 96,5 PS dan torsi mencapai 120Nm.

Menariknya lagi, kedua mesin tersebut sudah dilengkapi dengan teknologi dual VVT-i. Dengan mesin ini maka efisiensi bahan bakar menjadi lebih baik tanpa adanya penurunan perfoma dan kenyamanan berkendara.

Tak hanya mesin dan teknologi yang menjadikan Toyota Avanza dicintai oleh masyarakat Indonesia. Salah satu kunci kesuksesan dari Toyota Avanza adalah masih digunakannya sistem penggerak roda berlakang. Sistem penggerak ini tentunya sangat menguntungkan di Indonesia yang memiliki kondisi jalan yang beragam.

Toyota Avanza juga dikenal sebagai kendaraan yang perawatannya mudah dan murah dibandingkan dengan kendaraan lain. Terlebih, karena memiliki sejarah panjang di Indonesia, banyak bengkel umum yang juga mampu menangani perbaikan dari Toyota Avanza.

Kondisi ini tentunya sangat menguntungkan bagi pelanggan karena kombinasi antara BBM dan perawatan yang murah akan semakin menekan biaya operasional kendaraan. Tidak heran bila banyak pengusaha taksi online yang memilih untuk menggunakan Toyota Avanza. [Adi/Had]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar