Hanya Luncurkan 1 Model Baru pada 2020, Honda: Kondisi Belum Stabil

Berita Otomotif

Hanya Luncurkan 1 Model Baru pada 2020, Honda: Kondisi Belum Stabil

JAKARTA – Honda pada 2020 terbilang amat ‘kalem’ dalam hal peluncuran model baru. Sejak Januari hingga November 2020, mereka baru melakukan satu peluncuran.

Satu – satunya model baru Honda tersebut adalah Civic hatchback turbo minor change. Peluncurannya terjadi pada awal tahun, tepatnya 6 Februari.

Harga on-the-road (OTR) Jakarta Civic hatchback turbo versi terkini tidak berubah sejak meluncur hingga November 2020. Banderolnya, menurut situs resmi Honda Indonesia, adalah Rp 499 juta untuk satu tipe yang dijual di pasar Tanah Air (Tipe RS).

Setelah itu pabrikan asal Jepang ini vakum merilis model baru. Menanggapi hal ini, Yusak Billy selaku Business Innovation, Sales, and Marketing Director PT. Honda Prospect Motor (HPM) mengatakan bahwa kondisi pasar belum stabil di tengah terpaan pandemi virus Corona (Covid-19).

“Peluncuran produk baru memang salah satu strategi meningkatkan penjualan. Tapi, seperti diketahui, pasar belum stabil. Masih sangat berubah-ubah Tentunya untuk peluncuran produk baru ini kami selalu melihat kondisi pasar dan kebutuhan konsumen. Apakah mobil – mobil tersebut dibutuhkan oleh konsumen. Jadi tolong bersabar. Kami melihat (situasi pasar) terus,” papar dia dalam konferensi pers virtual pada awal pekan ini.

Seperti diketahui, pandemi baru diketahui masuk ke Indonesia pada awal Maret 2020. Ketika itu, Presiden Joko Widodo mengumumkan dua kasus positif Covid-19 pertama di Depok, Jawa Barat.

Perekonomian dan kemudian penjualan mobil nasional terkena dampak negatif dari pandemi. Menurut Yusak, penjualan wholesales (dari pabrik ke dealer) pada Januari – Oktober 2020 hanya kisaran 421 ribu unit, sedangkan retail (dari dealer ke konsumen) sekitar 453 ribu unit.

Raihan tersebut amat jauh dari capaian 10 bulan 2019, jika melihat data yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Wholesales Januari – Oktober tahun lalu berjumlah 849.609 unit, sementara retailnya 847.164 unit.

Gaikindo sampai merevisi target penjualan mobil nasional sebanyak 2 kali. Target terkini mereka hanya 525 ribu unit, beda amat banyak dari capaian 2019 sebanyak 1,030 juta unit (wholesales).

Target Honda pada 2020 adalah pangsa pasar yang stabil. Yusak menjelaskan mereka ingin penguasaan pasar tahun ini minimal sama dengan tahun lalu.

Saat tutup tahun 2019, pangsa pasar retail Honda adalah 14,4 persen. Adapun pangsa pasar mereka pada Januari – Oktober belum mencapai itu karena baru 13,7 persen. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar