Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Hampir Mustahil V-Kool Bikin Pabrik di Indonesia

Berita Otomotif

Hampir Mustahil V-Kool Bikin Pabrik di Indonesia

JAKARTA – Meski Indonesia telah menjadi salah satu pasar otomotif terbesar dan basis produksi kendaraan bermotor, namun V-Kool menyatakan nyaris mustahil memproduksi kaca film V-Kool di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan oleh Linda Widjaja, Vice President PT V-Kool Indo Lestari, “Saat ini, V-Kool hanya diproduksi di Amerika Serikat dan Jerman. Nyaris mustahil memproduksi V-Kool di Indonesia, sebab membutuhkan investasi yang sangat besar.”

Ia menyebutkan bahwa untuk memproduksi V-Kool digunakaan proses complex sputter metalized dan multi layered dielectric coating. Proses tersebut menggunakan mesin yang membutuhkan investasi besar sekitar USD 24 juta (Rp 322,8 miliar).

Tak hanya itu, Ia menambahkan bahwa ‘racikan’ bahan pembuatan juga masih rahasia dan hanya pihak prinsipal yang tahu.

“Bahkan Cina yang memiliki pasar sangat besar sekalipun kami belum melirik untuk memproduksi di sana,” tandasnya.

Saat ini, V-Kool hanya memiliki 2 pabrik di Palo Alto, Amerika Serikat dan Dresden, Jerman. Sementara itu, PT V-Kool Indo Lestari selama ini mengimpor kaca film V-Kool hasil produksi Amerika Serikat, yang merupakan pabrik pertama dan utama dari kaca film V-Kool. [Adi/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123.
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang