Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Hamburg jadi Kota Pertama di Jerman yang Larang Mobil Diesel

Berita Otomotif

Hamburg jadi Kota Pertama di Jerman yang Larang Mobil Diesel

HAMBURG – Hamburg, kota terbesar kedua di Jerman akan melarang penggunaan mobil diesel berusia tua mulai minggu depan.

Keputusan tersebut membuat Hamburg menjadi kota pertama yang melarang penggunaan mobil diesel di Jerman. Hamburg akan melarang mobil dan truk yang tidak memenuhi syarat Euro-6 melintas dan mennggunakan fasilitas di kota tersebut. Tercatat, mobil dengan emisi gas buang Euro-6 mulai dijual di Jerman pada 2014.

Keputusan ini muncul setelah adanya putusan pengadilan pada bulan Februari lalu yang memberi peluang pada kota untuk membatasi ijin pengoperasian mobil diesel. Uni Eropa juga semakin menekan dengan menggugat Jerman dan beberapa negara angota lain karena gagal memenuhi batas polusi di udara.

Tahun lalu, sebanyak 65 kota di Jerman tercatat memiliki nilai polusi yang lebih tinggi dari ambang batas. Dan pengadilan administratif Jerman pun menegaskan pada bulan Februari lalu bahwa konsumen harus menerima larangan ini.

Dari 15 juta mobil diesel di Jerman, hanya 2,7 juta yang telah memenuhi emisi gas buang Euro-6. BMW, Volkswagen dan PSA telah siap memberi penawaran pada konsumen yang ingin berpindah ke mesin bensin jika kendaraan mereka terkena larangan ini.

Indonesia sendiri baru akan menerapkan aturan Euro-4 pada kendaraan berbahan bakar bensin tahun ini. Kendaraan diesel dan komersial baru akan diterapkan beberapa tahun lalu guna memberi kesempatan pada industri dan masyarakat mempersiapkan diri. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang