Hal yang Harus Diperhatikan saat Melintasi Pasir Pantai

Panduan Pembeli

Hal yang Harus Diperhatikan saat Melintasi Pasir Pantai

JAKARTA - Berkendara di pantai berpasir harus dilakukan dengan lebih hati-hati.

Salah sedikit saja, mobil justru dapat terjebak dan tidak bisa kemana-mana. Lantas bagaimana agar dapat berkendara di pasir dengan aman? Berikut beberapa langkah yang layak untuk dicoba saat berkendara di pasir.

Pertama adalah dengan mematuhi aturan di pantai. Beberapa pantai memang memperbolehkan mobil untuk berkendara, tapi ada pula yang sebaliknya. Bila ada larangan, itu kemungkinan karena pasir di pantai tersebut kurang padat sehingga berbahaya untuk dilalui. Jadi pastikan dulu, apalah pantai tersebut aman untuk dilalui oleh mobil atau tidak.

Kedua adalah dengan mengurangi tekanan angin pada ban. Dengan mengurangi tekanan angin ban, maka ban akan menjadi lebih menggigit sehingga kemungkinan terperosok serta membuat lubang pasir akan berkurang.

Ketiga adalah dengan mengurangi beban kendaraan. Kendaraan yang memiliki bobot lebih berat berpotensi membuat kendaraan lebih mudah terjebak di pasir. Tak hanya itu, dengan bobot yang lebih ringan maka ground clearence dari mobil akan lebih terjaga sehingga membuat berkendara menjadi lebih tenang.

Keempat, hindari melakukan belokan tajam. Roda yang dibelokkan akan lebih banyak memberi tekanan pada pasir ketimbang lurus. Bila saat berkendara sudah terasa sulit, coba luruskan roda hingga Anda dapat bergerak lagi.

Kelima, jika kendaraan sudah terasa kesulitan untuk maju, jangan paksa terus. Lebih baik mundur atau turun dan melapisi jalan berpasir dengan sesuatu yang padat seperti ranting dan sebaiknya. Bisa juga dengan menyiramkan air ke pasir agar meningkatkan kepadatan serta ‘daya rekat’pasir.

Pastikan juga mobil yang anda gunakan bukanlan mobil berpenggerak roda depan karena resiko mobil terperosok akan meningkat bila dibandingkan penggerak roda belakang. Sementara kendaraan 4WD merupakan pilhan terbaik bila berkendara di pasir. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support