Salah Pilih Oli Bisa Menyebabkan Mesin Turbo Mengalami Knocking

Berita Otomotif

Salah Pilih Oli Bisa Menyebabkan Mesin Turbo Mengalami Knocking

JAKARTA - PT Gulf Oil Lubricants Indonesia (GOLI) luncurkan dua produk pelumas atau oli terbaru untuk mesin bensin berteknologi turbo.

Kedua produk tersebut adalah Gulf Ultrasynth GDI 5W30 Fully Synthetic API SP, ILSAC GF-6A dan Gulf Ultrasynth GDI 10W40 Premium Synthetic API SP. Keduanya hadir untuk memenuhi kebutuhan mesin bensin berteknologi baru yang memang memerlukan pelumas dengan spesifikasi tinggi.

Adi Tjahjono, Managing Director Gulf Oil Indonesia menyebut bahwa mesin Turbocharger Direct Injection yang digunakan oleh mobil-mobil baru memiliki gejala Low Speed pre-ignition (LSPI). Gelaja ini merupakan fenomena pembakaran tidak normal. Di mana bahan bakar terbakar terlebih dahulu sebelum busi memercikan api.

Gulf Oil

Akibat fenomena tersebut maka tenaga yang dihasilkan terlalu besar bahkan hingga tiga kali lipat dari seharusnya.

Besaran tekanan tersebut akan menyebabkan mesin knocking (ngelitik) serta berisiko merusak beberapa komponen mesin seperti dinding silinder, piston, piston ring dan connecting rod.

“LSPI ini hanya dapat dikurangi dengan menggunakan teknologi additive lubricant yang sesuai. Untuk itu kami meluncurkan produk Gulf Ultrasynth GDI (Gasoline Direct Injection) yang dapat menjawab permasalahan LSPI di mesin turbocharger direct injection,” terangnya.

Meski bertujuan untuk menghilang knocking pada mesin berteknologi turbo, kedua pelumas tersebut diklaim tetap cocok digunakan pada mobil berteknologi lebih rendah.

SAE dari kedua pelumas tersebut adalah 5W-30 dan 10W-40 yang merupakan pengguna terbanyak di Indonesia khususnya di wilayah perkotaan.

Gulf Oil menjualnya dengan harga berbeda. Untuk Ultrasynth GDI 5W30 FS API SP dijual dengan harga mulai dari Rp147,5 ribu, sedangkan Ultrasynth GDI 10W40 PS API SP dibanderol Rp105 ribu.

“Khusus untuk periode saat ini, kami mengadakan promo nasional hingga tiga bulan ke depan. Promo yang diadakan adalah pembelian 3 free 1 untuk konsumen yang bisa didapatkan di bengkel terdekat. Saat ini jaringan kami sudah memiliki jaringan distribusi Pulau Sumatera, Pulau Jawa, Bali, Kalimantan dan Sulawesi. Guna memudahkan masyarakat mendapatkan Gulf Oil, kami juga telah menjualnya secara online,” tambahnya. (Adi/Ses)



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar