Guinness Pensiunkan Rekor Dunia Penjualan Mobil Terbanyak oleh 1 Orang

Berita Otomotif

Guinness Pensiunkan Rekor Dunia Penjualan Mobil Terbanyak oleh 1 Orang

LONDON – Tahukah Anda siapa salesman otomotif yang mencatatkan rekor dunia sebagai penjual kendaraan terbanyak? Dia adalah Joe Girard dan rekornya dipastikan abadi.

Joe Girard, mantan tenaga penjual General Motors (GM), berhasil menjual 1.425 unit kendaraan dalam setahun. Ia melakukannya pada 1973 silam.

Guinness World Record, seperti dikabarkan Automotive News pada awal pekan, menyatakan telah menutup selama-lamanya rekor ini. Kebijakan tersebut dilakukan menyusul perselisihan panjang antara Girard dengan Ali Reda, tenaga penjual dealer GM, yang mengklaim berhasil memecahkan rekor tersebut dengan menjual 1.582 unit mobil pada 2017.

GM sebenarnya bersedia menyokong klaim Reda. Namun, Guinness tetap memutuskan untuk memensiunkan kategori itu setelah pertentangan keduanya semakin intens dan tak sehat.

Terlebih, institusi yang terbentuk pada 30 November 1954 tersebut beralasan bahwa kini tidak ada lagi cara yang mampu memverifikasi pencapaian Reda secara netral, seperti yang mereka lakukan pada Girard dahulu.

Guinness menyebut verifikasi rekor penjual mobil terbanyak membutuhkan analisa jernih serta independen, baik melalui riset pasar maupun dari data organisasi global yang mampu mengonfirmasi pencapaian Reda. Karena itu, Girard dinyatakan sebagai ‘pemegang rekor historis’.

Pertengkaran antara Girard, 89, dengan Reda, 45, memang berbuntut panjang. Girard sampai mengajukan tuntutan hukum dengan mengatakan klaim dari Reda mencederai reputasi serta merusak pendapatannya selama ini dari penjualan buku plus dari undangan-undangan sebagai pembicara.

Ia juga menuduh klaim rekor ‘juniornya’ itu bermotif ekonomi belaka. Istri Girard pun ikut-ikutan mendukung sang suami.

“Sampai hari ini, tidak ada satu pihak pun yang bisa membuktikan klaim pencapaian Reda demi mendapatkan rekor tersebut,”ucap Kitty, istri Girard.

Reda, di sisi lain, mengaku terkejut dengan tuntutan hukum Girard atas klaim pemecahan rekor yang ia lontarkan. Ia menilai tindakan tersebut tak masuk akal.

Reda sendiri sempat ingin menyewa auditor independen. Namun, rencana ini akhirnya batal.

“Saya mengirimkan surat elektronik ke Guinness dan mengatakan rencana saya ini akan mahal dan sebelum saya melanjutkanya saya butuh kepastian mereka menerimanya sebagai bukti. Tapi mereka meresponsnya dengan mengatakan kategori tersebut diputuskan untuk ditiadakan,” paparnya. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar