GPS Tracker Canggih Tak Cuma Bisa Lacak Kendaraan, Ini Kegunaan Lainnya

Panduan Pembeli

GPS Tracker Canggih Tak Cuma Bisa Lacak Kendaraan, Ini Kegunaan Lainnya

JAKARTA – GPS Tracker tak hanya bisa melacak lokasi mobil atau motor. Versi canggih perangkat ini juga dapat memantau banyak aspek dari kendaraan.

Pasar otomotif Indonesia kini sudah kedatangan model mobil dengan fitur geopositioning yang bisa mengetahui lokasi kendaraan serta mematikan mesin dari jarak jauh. Contohnya Wuling Almaz RS.

Akan tetapi, model-model mobil yang lebih ‘standar’ pun sebenarnya bisa dibuat memiliki kemampuan serupa dengan memasang alat bernama GPS Tracker.

Perangkat itu bisa dicari di pasar aftermarket—tempatnya aksesori dan komponen otomotif.

Ternyata, menurut keterangan dari PT. Super Spring baru-baru ini, GPS Tracker yang canggih bisa melakukan lebih banyak lagi dari ‘sekadar’ melacak kendaraan dan mematikan mesin dari jarak jauh.

Di antaranya malah ada yang sangat berguna untuk memantau fleet (armada) milik perusahaan.

GPS Tracker Superspring C40

Berikut ini berbagai contoh fungsi lain dari GPS Tracker kelas atas yang bisa dilihat dari aplikasi smartphone:

  • Laporan parkir
  • Laporan perjalanan
  • Laporan lama pengoperasian kendaraan (hour-meter)
  • Pengintegrasian dengan sistem milik korporasi atau pihak ketiga via Open API

PT. Super Spring sendiri merupakan penjual GPS Tracker bermerek Superspring. Produk terkini mereka yang baru saja meluncur ialah Superspring C40 dengan jaringan 4G, sehingga mampu menjangkau lokasi lebih luas dengan pengiriman data lebih cepat.

“GPS Tracker C40 ini menyasar untuk pengguna yang ingin kestabilan data dan penggunaan jangka panjang, umumnya pengguna korporasi,” ujar Presiden Direktur PT. Super Spring Arianto Furiady.

GPS Tracker Superspring C40 diklaim mempunyai ketahanan sangat baik, bergaransi dua tahun, kemudian memiliki fitur-fitur canggih. Seperti misalnya, membaca perilaku mengemudi dari sopir, membaca rekam jejak perjalanan satu tahun terakhir, dan menggunakan jaringan 4G.

Empat poin kemampuan GPS Tracker canggih yang telah dijelaskan sebelumnya juga ada pada GPS Tracker Superspring C40.

GPS Tracker Superspring C40

Arianto menjelaskan pihaknya terus mempertahankan stabilitas server. Aplikasi web dan mobile mereka juga terus disempurnakan dari waktu ke waktu agar lebih relevan, lebih mudah, pun kekinian.

Demi meningkatkan pelayanan dan kemudahan bagi pelanggan, web server PT. Super Spring yakni GPS.id akan mengimplementasikan sistem pembayaran paket berlangganan auto-debet dengan biaya berlangganan yang terjangkau.

“Dengan adanya GPS tipe C40 ini dan didukung dengan tim managemen yang baru, dengan sistem IT lebih kuat, team marketing lebih agresif, kami optimistis atas peningkatan omzet sebesar 350 persen pada akhir tahun 2022,” tutup Arianto. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar