Google Sebut Penjualan Mobil Secara Online di Masa Pandemi Meningkat Pesat

Berita Otomotif

Google Sebut Penjualan Mobil Secara Online di Masa Pandemi Meningkat Pesat

JAKARTA – Penjualan kendaraan secara online di masa pandemi terbukti meningkat pesat dibanding sebelumnya.

Hal ini disampaikan oleh Yudistira Adi Nugroho, Industry Manager, Google Indonesia. Berdasarkan pemaparannya, penjualan kendaraan secara online meningkat dari hanya 9% di tahun 2019 menjadi 43% di tujuh bulan pertama tahun 2020.

Peningkatkan ini disebabkan banyaknya program penjualan yang dilakukan oleh APM dalam memasarkan produknya secara online di masa pandemi. Meski demikian, karena penjualan mobil secara online dirasa masih baru, maka banyak orang yang ragu-ragu.

“Asumsi Saya, masyarakat yang belum ingin membeli mobil secara online adalah karena mereka belum terbiasa dan masih meragukan keamanannya. Sementara untuk mereka yang memilih membeli mobil adalah karena khawatir terhadap isu kesehatan,” ungkapnya.

Menariknya lagi, berdasarkan survey yang mereka lalukan, ditemukan bahwa 71% dari pelanggan mobil online lebih memilih untuk memanfaatkan situs resmi dari APM. Alasannya karena masih khawatir terhadap keamanan transaksi.

“Mereka ada rasa takut tentang keamanan ketika memberikan tanda jadi ke pihak di luar official website. Selain itu, sebagian dari mereka juga mencari promosi khusus dari dealer-dealer kendaraan tersebut,” ungkapnya.

Sejumlah APM pun menanggapi perubahan ini dengan cukup positif dengan memperkuat layanan online di situs resmi mereka. Hasilnya, pada periode April-Juni jumlah konsumen yang merasa puas dengan situs resmi brand otomotif meningkat dari 21% menjadi 36%.

Mobil123 Terus Dukung Penjualan Otomotif

Sejalan dengan yang dilakukan oleh Google, Mobil123 pun sebenarnya sudah melakukan terobosan untuk meningkatkan penjualan mobil di Indonesia. Salah satunya adalah dengan menyelenggarakan Mobil123 Drive Virtual Expo 2020.

Dalam pameran otomotif virtual yang pertama kali diselenggarakan di Indonesia ini dilangsungkan pada tanggal 25 Juli hingga 2 Agustus 2020. Sambutan masyarakat terhadap event ini pun luar biasa karena dikunjungi oleh puluhan ribu orang.

Selain bisa melakukan pendaftaran test drive, dalam Mobil123 Drive Virtual Expo 2020 pengunjung juga bisa melakukan pembelian secara online. Pelanggan juga bisa menikmati beragam promo menarik dari masing-masing peserta pameran. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar