Goodyear Jadi Pemasok Balap Mobil Listrik

Berita Otomotif

Goodyear Jadi Pemasok Balap Mobil Listrik

JAKARTA – Goodyear balik lagi ke dunia balap internasional dengan menjadi pemasok ajang balap PURE ETCR (Full Electric Touring Car Racing).

Sebelumnya Goodyear menjadi pemasok ajang balap mobil Nascar yang populer di negeri Paman Sam. Produsen ban satu ini juga pernah menjadi pilihan para pembalap F1 untuk bisa bertarung di balapan mobil berjuluk Jet Darat.

Kini Goodyear kembali ke arena balap mobil namun bedanya sekarang adalah mobil listrik. Terlibat dalam kejuaraan balap mobil listrik PURE ETCR 2020, mereka memamerkan kecanggihan teknologi buatannya untuk mobil listrik.

Ajang balap mobil satu ini merupakan salah satu bukti jika kejuaraan balap mobil juga bisa menjaga lingkungan agar tetap sehat. Manufaktur peserta event ini meliputi Alfa Romeo, Hyundai dan Seat menurunkan seluruh kendaraan bertenaga listrik murni.

Goodyear akan tampil selama satu musim penuh pada 2021. Adapun produk yang digunakan adalah Eagle F1 SuperSport ultra-high performance. Ban ini akan mulai diuji coba oleh para pembalap pertama kalinya bulan ini.
Goodyear
“Goodyear telah menguasai teknologi ban untuk mobil listrik. Bahkan setengah dari riset yang dikembangkan tertuju sebagai OE kendaraan EV dan Hibrida,” ucap Mike Rytosoki, Vice-President dan Chief Marketing Officer Goodyear Eropa.

Ia menambahkan bahwa balap mobil listrik berbeda daripada balap mobil konvensional. Kendaraan listrik dikenal memiliki torsi yang lebih besar dan instan. Oleh karena itu, daya cengkeram dan traksi sangat dibutuhkan pada ban mobil ini.

Ke depannya dikatakan Goodyear akan terus mengembangkan teknologi baru yang akan menjadi standar baru, bagi industri ban dan otomotif untuk generasi selanjutnya.

Sementara PURE ETCR sendiri dikatakan akan memangkas jumlah putaran pada balapan tiap serinya. Hasilnya penggunaan bahan bakar (listrik) dan kerusakan pada ban juga bisa diminimalkan. Hasilnya pembalap bisa lebih fokus memacu kendaraannya secara maksimal. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar