Gokil, Orang Ini Pecahin Rekor Nikung Elbow Drag Tercepat

Berita Otomotif

Gokil, Orang Ini Pecahin Rekor Nikung Elbow Drag Tercepat

KERN COUNTY – Josh Herrin memecahkan rekor menikung elbow drag tercepat di Buttonwillow Raceway Park.

Josh pada awalnya menggunakan Yamaha R1M namun sang pembalap gagal mencapai misinya tersebut. Kemudian Ia kembali mencoba dengan motor yang lebih kecil yakni Yamaha R6. Dengan moge berlambang Garpu Tala tersebut Josh mampu memecahkan rekor elbow drag tercepat menempuh kecepatan 100.9 mph atau 162.4 kpj.

Untuk diketahui bahwa menikung dengan motor balap memerlukan gaya rebah atau memiringkan kendaraan. Tren yang berkembang saat ini di dunia balap adalah merebahkan kendaraan hingga 45 derajat. Teknik merebahkan ini dikenal dengan elbow down dan banyak dipraktekkan di MotoGP. Pemecahan rekor ini adalah menyeret sikut tangan dengan kecepatan tinggi.

Josh sendiri merupakan pembalap MotoAmerica Superbike Championship. Ia membalap di kelas Moto2 pada musim 2014. Ia melakukan beberapa kali percobaan hingga akhirnya bisa memecahkan rekor dunia elbow drag tercepat di dunia. Dalam tayangan lambat terlihat Josh menyeret sikunya sejauh 30 meter dengan kecepatan di atas 150 km/jam.
Elbow Drag Yamaha R6
“Normalnya ketika saya riding, selalu kena siku (elbow) dan itu hanya menyentuh sedikit saja untuk mengetahui seberapa miring motor. Kali ini saya harus memaksakan hal itu dan memberikan beban lebih berat pada siku, jadi roda depan lebih ringan. Sebenarnya hal ini lebih mengerikan tapi hasilnya memuaskan,” ucap Josh.

Ia menambahkan dengan pecahnya rekor ini adalah sebuah pencapaian baru baginya. Selain pembalap, Josh kini mengukir namanya di Guinness World Record sebagai fastest elbow drag on motorcycle.

Elbow drag memang bukanlah teknik yang mudah untuk dilakukkan. Butuh keahlian khusus untuk menyeimbangkan motor dalam kecepatan tinggi dan kondisi miring. Selain kemampuan sang rider, untuk melakukan hal ini dapat terlaksana dengan motor yang mumpuni. [Dew/Ari]
 



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar