Gila, New Ford Ranger Raptor Nyaris Dijejalkan Transmisi 13-Percepatan

Berita Otomotif

Gila, New Ford Ranger Raptor Nyaris Dijejalkan Transmisi 13-Percepatan

DETROIT – Ford meluncurkan generasi terbaru dari Ranger Raptor pekan lalu. Sang Insinyur mengatakan mobil ini nyaris dijejalkan transmisi 13-percepatan.

Bekerjasama dengan General Motors, Ford mengembangkan sistem transmisi jenis baru, untuk new Ranger Raptor 2019. Jantung pacu 2.0-liter empat-silinder twin-turbo diesel mobil tersebut menyalurkan tenaga keempat roda kendaraan di atas kertas mampu menghasilkan 210 hp dan torsi 500 Nm.

Menurut John Fallu selaku Transmission and Gearboxes Engineering Manager, Ford Asia Pasific, pihaknya berencana untuk menjejalkan sistem transmisi paling canggih pada new Ford Ranger Raptor, termasuk 13-percepatan.

“Kami mencoba beberapa simulasi selama proses pengujian yang melelahkan, untuk menghitung roda gigi optimum untuk produk ini. Kami mencoba kombinasi 7-percepatan, 9-percepatan, hingga 12 dan 13-percepatan. Kami melakukan ini agar mendapatkan kinerja dan perspektif yang paling optimal,” ujar John.

Pada akhirnya mereka memutuskan untuk menggunakan sistem transmisi 10-percepatan, karena dianggap paling pas. Apalagi penggunaan sistem transmisi tersebut, membuat perpindahan gear tidak terasa.

“Kami menggunakan torque converter khusus yang bisa memperbaiki kinerja mesin dan akselerasi kendaraan. Hal ini dianggap cukup untuk memenuhi para pelanggan kami,” jelas John seperti dikutip Caradvice.

Dari sisi tampilan, new Ford Ranger Raptor kini tampil semakin gahar dengan menggunakan perangkat pendukung seperti extra bodi protection. Menariknya bemper depan mobil jenis pick up truck ini dikaitkan dengan frame kendaraan.

Daya jelajah new Ford Ranger Raptor semakin mengagumkan, berkat penggunaan long-travel suspension dari Fox, serta rear coilovers. Mobil buatan negeri Paman Sam ini dilengkapi ban BF Goodrich tipe all-terain.

Meskipun dikatakan buatan AS, namun new Ford Ranger Raptor yang akan dipasarkan di sana tidak menggunakan mesin diesel, melainkan bensin. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual