GIIAS Surabaya Tak Terpengaruh Corona, Ketua Gaikindo: Kalau Batal Bisa Terjadi Kepanikan

Berita Otomotif

GIIAS Surabaya Tak Terpengaruh Corona, Ketua Gaikindo: Kalau Batal Bisa Terjadi Kepanikan

JAKARTA - Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Surabaya 2020 tetap akan berlangsung pekan depan meski wabah virus Corona makin mengkhawatirkan.

GIASS Surabaya 2020 sendiri akan digelar pada 20 - 29 Maret 2020 di Grand City Convex, Surabaya. Dan akan diikuti oleh brand-brand otomotif ternama seperti  Audi, BMW, Daihatsu, DFSK, Honda, Kia, Lexus, Mazda, Mitsubishi Motors, Peugeot, Suzuki, Toyota, Volkswagen, Wuling dan lainnya.

Yang menarik untuk disimak saat ini justru keputusan penyelenggara untuk tetap  melangsungkan pameran meski merebaknya wabah virus Corona. Seperti kita ketahui, dengan berkumpulnya banyak orang dalam satu tempat bersamaan dipastikan rentan terjadi penyebaran.

Kondisi ini berbeda dengan pameran-pameran otomotif dunia yang memilih untuk menunda atau membatalkan hajatannya demi menekan penyebaran virus Corona. Mulai dari Genewa Motor Show, Beijing Motor Show, Bangkok Motor Show hingga yang terakhir New York Auto Show. Bahkan terakhir di Jakarta, hajatan Formula E resmi ditunda tanpa batas waktu yang ditentukan oleh Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta.

"GIIAS Surabaya 2020 masih on Schedule. Kami selalu berkordinasi dengan Kementerian terkait dan Pemda setempat, sampai hari ini belum ada himbauan untuk menunda atau membatalkan pameran," kata Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo kepada Mobil123.com via sambungan telepon. 

Selain itu Ia menambahkan bahwa sampai hari ini wilayah Jawa Timur masih relatif aman dari wabah virus Corona. Malah jika tiba-tiba GIIAS Surabaya 2020 dibatalkan akan menimbulkan efek lain terutama bagi masyarakat Jawa Timur.

"Jawa Timur masih aman. Malah jika tiba-tiba kita batalkan akan ada efeknya yakni kepanikan di mana-mana. Di samping itu ekonomi juga bisa terganggu," tambah Nangoi.

Komentar senada juga dikatakan oleh pihak penyelenggara PT Seven Event. Dan sebagai langkah menekan penyebaran, mereka melakukan cara yang sama dengan saat menyenggarakan Gaikindo Indonesia Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2020 5 - 8 Maret 2020 lalu.

"Kami melakukan langkah preventif seperti mengukur suhu tubuh para pengunjung di pintu masuk dan menyediakan hand sanitizer di beberapa titik. Dan juga tentu mematuhi semua instruksi dari pihak terkait tentang penyebaran virus Corona ini," jelas Dyah Putri, PR Manager Seven Event.

Sampai berita ini dibuat, tercatat ada 27 kasus penyebaran virus Corona di Indonesia. Dari 8 kasus baru yang terdeteksi, 5 di antarnya disinyalir terinfeksi dari luar negeri.

Rabu (11 Maret 2020) kemarin dilaporkan satu pasien Corona nomor 25 dilaporkan meninggal dunia. Dikutip dari media nasional, pasien merupakan seorang wanita berusia 53 tahun yang diketahui memiliki riwayat penyakit berat mulai dari diabetes, hipertensi, hipertiroid dan paru obstruksi menahun. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support