GIIAS 2018 Diharap Perlihatkan Lebih Banyak Mobil Baru dan Konsep

Berita Otomotif

GIIAS 2018 Diharap Perlihatkan Lebih Banyak Mobil Baru dan Konsep

JAKARTA – Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 diharap akan memperlihatkan lebih banyak mobil baru dan konsep dibandingkan edisi setahun sebelumnya.

GIIAS 2018 bakal berlangsung pada 2 – 12 Agustus di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Serpong Tangerang. Sementara ini, ada 27 merek mobil plus 10 merek motor yang telah memastikan ikut dan daftar tersebut kemungkinan masih akan bertambah.

Ketua Panitia Penyelenggara GIIAS 2018 Rizwan Alamsjah berekspektasi pameran tahun ini bakal lebih banyak mempertontonkan kendaraan anyar, baik mobil versi produksi yang dijual maupun versi purwarupa. Pada GIIAS 2017, terdapat 47 produk yang diluncurkan atau pun dipamerkan sebagai mobil konsep.

Di antaranya ada lima world premiere (debut global) untuk kendaraan penumpang, kendaraan niaga, juga mobil konsep. Salah satunya ialah Mitsubishi Xpander.

“Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) berharap akan lebih banyak lagi produk diperkenalkan di GIIAS 2018. Ini karena GIIAS yang didukung federasi otomotif dunia OICA semakin berstatus penting,” klaim Rizwan yang juga Ketua II Gaikindo dalam konferensi pers pada Selasa (22/5/2018) malam di Jakarta.

GIIAS, nilai dia, telah menjadi barometer perkembangan industri otomotif khususnya di region Asia Pacific karena sudah cukup banyak world premiere yang terjadi di sana. Selain itu, kini sudah semakin banyak produk yang hanya diproduksi di Indonesia untuk diekspor utamanya ke sekitar Asia Pasifik.

Project Director Seven Event Agus Riyadi memaparkan bahwa GIIAS sudah berlangsung sejak 2015. Selama tiga tahun pelaksanaan, GIIAS telah menampilkan lebih dari 100 peluncuran produk, lima world premiere, serta 30 mobil konsep. Seven Event selaku organisator acara mengungkapkan bahwa tahun ini mereka kembali memberikan beberapa insentif bagi merek-merek yang bersedia menggelar peluncuran model spesial di GIIAS.

“Tahun lalu kami memberikan insentif untuk agen pemegang merek (APM) yang world premiere mobil baru dan mobil konsep. Tahun ini kami tambah lagi bagi APM yang melakukan Asian premiere,” jelas dia.

Adapun tema GIIAS kali ini ialah ‘Beyond Mobility’ yang bertujuan memperlihatkan bahwa kendaraan kini sudah menjadi sebuah alat meningkatkan kualitas hidup manusia. Agus menyatakan pihaknya berusaha agar tema itu benar-benar terasa di pameran, salah satunya dengan adanya area khusus untuk memamerkan fitur-fitur atau teknologi canggih milik pabrikan-pabrikan dunia.

Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi menjelaskan salah satu kendaraan yang nantinya dipublikasikan perdana di GIIAS 2018 adalah mobil perdesaan, yang disebut sebagai Alat Mekanik Multiguna Perdesaan (AMMDes).

“Mudah-mudahan sudah bisa diluncurkan,” tandasnya. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual