GIIAS 2017 Dibuka dengan Catatan Turunnya Produksi Mobil di Indonesia

Berita Otomotif

GIIAS 2017 Dibuka dengan Catatan Turunnya Produksi Mobil di Indonesia

TANGERANG – Pameran otomotif Gaikindo Indonesia Auto Show (GIIAS) 2017 secara resmi dibuka hari ini (10/08/2017) dengan laporan penjualan domestik naik namun terjadi penurunan pada jumlah produksi.

Bertempat di Indonesia Convention Exhibition (ICE) Tangerang, lebih dari 40 mobil baru akan diluncurkan pada event tahunan ini. Acara ini adalah langkah para pelaku otomotif dan pemerintah dalam menggairahkan pasar otomotif di Tanah Air.

“GIIAS 2017 merupakan event yang sangat penting, karena industri otomotif di Indonesia memiliki peranan penting dalam perekonomian di Tanah Air. Penyelenggaraan GIIAS 2017 sendiri merupakan sumbangsih Gaikindo dalam membesarkan dan memajukan industri otomotif dalam negeri,” ujar Johannes Nangoi selakuk Ketua Umum Gaikindo dalam sambutannya.

Dirinya mengatakan bahwa pasar otomotif di Tanah Air mengalami perbaikan. Penjualan mobil di semester pertama 2017 mengalami kenaikan. Begitu juga dengan ekspor kendaraan yang mengalami perbaikan. Namun Ia mengatakan bahwa produksi kendaraan baru mengalami sedikit penurunan.

“Penjualan domestik sampai Juli 2017 mencapai 532.570 unit naik 0,3 pada periode yang sama tahun lalu. Ekspor CBU sampai Juli 2017 mencapai 113 ribu unit atau naik 20, 5 persen dibandingkan periode sama tahun lalu. Produksi hingga Juli 2017 mencapai 590 ribu atau turun 0,7 persen dibandingkan tahun lalu,” jelas Nangoi.

Dirinya menjelaskan kapasitas produksi kendaraan dapat bertambah pada tahun ini dengan bertambahnya fasilitas produksi dari Mitsubishi Motors. Selain itu dibukanya pabrik baru oleh SGMW Motor Indonesia (Wuling Motors,) dapat membantu naiknya kapasitas produksi kendaraan di Tanah Air.

“Bertambahnya fasilitas produksi kendaraan dari PT Mitsubishi Motors dan Wuling yang baru membuka pabriknya di Indonesia akan menambah kapasitas produksi. Tahun ini Astra juga membuat fasilitas R&D di Indonesia yang mendukung tumbuhnya jumlah kendaraan,” ucap Nangoi.

GIIAS 2017 akan diikuti oleh 32 merk kendaraan yang terdiri dari 24 mobil penumpang dan delapan merk kendaraan niaga. Ke-24 merk kendaraan penumpang yang ikut serta adalah Audi, BMW, Chevrolet, Daihatsu, Datsun, Dodge, Honda, Hyundai, Isuzu, Jeep, Kia, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, Mini, Mitsubishi, Nissan, Renault, Suzuki, Tata Motors, Toyota, Volvo, VW, dan Wuling.

Sementara untuk kendaraan komersial adalah DFSK, FAW, Hino, Hyundai Bus and Truck, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Tata Motors dan UD Truck.

Pameran ini akan diselenggarakan di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City tanggal 10 – 20 Agustus 2017. Tiket masuk akan dijual dengan harga Rp 50.000 untuk weekday, Rp 70.000 untuk weekend dan Rp 150.000 untuk VIP dan Press Day. [Dew/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123          
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual