Gelombang Kedua Covid-19, Toyota Kasih Opsi Pulang ke Ekspatriat Jepang

Berita Otomotif

Gelombang Kedua Covid-19, Toyota Kasih Opsi Pulang ke Ekspatriat Jepang

JAKARTA – Saat pandemi Covid-19 melanda Indonesia pada 2020, Toyota punya opsi bekerja jarak jauh dari Jepang bagi para ekspatriat. Ini berlanjut saat gelombang kedua terjadi.

Gelombang kedua Covid-19 terjadi sejak Mei 2021, pascalibur Lebaran Idulfitri. Angka kasus positif Covid-19 yang makin melonjak membuat pemerintah memberlakukan pengetatan mobilitas melalui Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Pulau Jawa-Bali pada 3-20 Juli mendatang.

Media Jepang Kyodo News kemudian memberitakan pada Rabu (14/7/2021), perihal terbangnya pesawat carteran dari Indonesia ke Negeri Matahari Terbit pagi tadi akibat kekhawatiran terhadap gelombang kedua. Di dalamnya terdapat sekitar 50 orang yang terdiri dari karyawan Shimizu plus keluarga mereka.

Keterangan resmi dari Kedutaan Besar untuk Indonesia mengatakan bahwa hal itu adalah inisiatif perusahaan swasta. Menanggapi pertanyaan soal kebijakan mereka pada masa gelombang kedua Covid-19, eksekutif PT Toyota Astra Motor (TAM) menjelaskan mengenai program remote working (bekerja jarak jauh) dari Jepang bagi para ekspatriat.

para bos Toyota di Indonesia saat peluncuran Corolla Cross

“Kami sudah memberlakukan program untuk ekspatriat agar dapat memilih antara kami fasilitasi WFH (Work From Home/kerja dari rumah) di Indonesia atau pun dari negara asal,” ucap Marketing Director TAM Anton Jimmi Suwandy melalui pesan singkat kepada Mobil123.com.

Menurut Anton program ini sendiri bukannya baru diterapkan saat gelombang kedua terjadi. Mereka sudah memberikan pilihan tersebut sejak tahun lalu.

Ia kemudian menerangkan bahwa para ekspatriat di level manajemen TAM hingga kini masih menerapkan WFH dari kediaman mereka di negeri ini, sejalan dengan kebijakan pada masa PPKM Darurat. Akan tetapi, para trainee (pekerja magang) sudah ada yang kembali ke negara asal.

“Untuk trainee dari Jepang di Indonesia, ada yang kami fasilitasi untuk remote working dari Jepang,” ungkap Anton.

Diberitakan Mobil123.com sebelumnya, pabrikan-pabrikan otomotif besar asal Jepang lainnya di Nusantara seperti Daihatsu dan Honda juga belum memulangkan para ekspatriat mereka gara-gara gelombang kedua Covid-19. Kendati begitu, eksekutif Honda kepada Mobil123.com mengaku bahwa kebijakan tersebut bisa saja berganti karena mereka terus melihat perkembangan situasi dan kondisi.

“Tentunya kami melihat berbagai situasi dan kondisi terkini dan akan melakukan kebijakan secara cepat dan tepat,” pungkas Business Innovation, Sales, and Marketing Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy. [Xan/Had]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar