GELIS Siap Bantu Bisnis UMKM

Berita Otomotif

GELIS Siap Bantu Bisnis UMKM

Jakarta - Produsen motor gerobak Listrik (Gelis), PT Solar Panel Indonesia, menyambut baik dorongan pemerintah dalam penggunaan kendaraan listrik di Indonesia di berbagai sector termasuk kendaraan niaga ringan.

Untuk itulah PT Solar Panel Indonesia menciptakan Gelis dengan berbagai model untuk memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat terutama para pengusaha UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah).

“Pabrik kami di Bogor. Kami memiliki pengalaman di bidang otomotif, sehingga kami coba buat terobosan dengan menghadirkan kendaraan roda-tiga bertenaga listrik," ujar Chief Marketing Officer PT Solar Panel Indonesia, Ary Tjahyono, di Jakarta, kemarin (16/2).

Dia menyebutkan, kendaraan ini diproduksi menyasar para konsumen UMKM. Gelis diciptakan untuk mendukung pengembangan UMKM.

"Kami juga bekerjasama dengan PT Hebat milik Kaesang Pangarep. Di mana kendaraan ini akan digunakan UMKM," ujarnya.

Gerobak listrik Gelis menggunakan 60 persen komponen dalam negeri, seperti chassis, baterai dan lain-lain. Kendaraan ini memiliki beberapa model yakni:

  • Gelis Pick Up
  • Gelis Garbage
  • Gelis Retro
  • Gelis Cargo

Masing-masing dilepas dengan harga dari Rp 14 juta hingga Rp 24 juta.

Motor listriknya bertenaga 800 Watt, dengan baterai 26 Ampere Hour (AH). Pengisian baterai hanya butuh 3-4 jam dan cuma butuh sekitar 300 watt listrik untuk isi daya. Kecepatan maksimal dibatasi hanya 30 km/jam untuk standar dengan baterai 26 AH.

CMO PT Hebat, Ansari Kadir mengatakan pihaknya ingin membantu para pedagang kecil dan UMKM agar naik kelas. Salah satunya dengan penggunaan kendaraan listrik Gelis. 

"Kami punya 800 UMKM binaan dan ini akan terus dikembangkan. Di Indonesia sendiri ada 10 juta UMKM yang perlu dibantu," ujarnya.

Gelis memiliki jarak tempuh 30 kilometer. Suspensi depan teleskopik dan suspensi belakang per daun. Daya angkut bisa mencapai 300 kg. kemampuannya menanjak 150.

PT Solar Panel Indonesia memberi garansi 5 tahun untuk frame atau chassis; masing-masing 1 tahun untuk baterai, motor listrik, dan charger; serta 2 tahun untuk controller.

 



Indra Prabowo

Indra Prabowo

Senang menulis mobil dan sepedamotor dari sisi kendaraan itu sendiri hingga perkembangan teknologi. Dia sendiri paling menyukai jika disodorkan SUV untuk dibawa ke mana dia suka, tentu saja medan offroad.


Berita Utama


Komentar