Geely Menjadi Pemegang Saham Terbesar Daimler

Berita Otomotif

Geely Menjadi Pemegang Saham Terbesar Daimler

STUTTGART - Produsen mobil asal Cina, Geely resmi mengakuisisi saham Daimler senilai USD 9 miliar.

Dengan ini artinya Geely menjadi pemegang saham terbesar Daimler dengan menguasai sedikitnya 9.69 persen Daimler. Sebelumnya, pemegang saham terbesar Daimler adalah Kuwait Investment Authority dengan kepemilikan saham mencapai 6,8 persen.

Investasi yang dilakukan Geely ini juga menunjukkan besarnya minat mereka terhadap produsen mobil Eropa. Saat ini Geely juga menjadi pemilik Volvo Cars sejak 2010, Polestral, London Taxi Company dan baru-baru ini  mereka juga membeli saham Proton sekaligus Lotus.

“Li Shufu adalah pengusaha Cina yang dikenal baik oleh Daimler dan memiliki kompetensi serta fokus terhadap pengembangan kendaraan di masa depan. Daimler pun telah memiliki pondasi yang kuat di Cina,” ungkap  Joerg Howe, Juru Bicara Daimler.

Dengan investasi ini, maka kesempatan Geely untuk mengusai dan mengembangkan mobil masa depan akan semakin besar. Pasalnya, Mercedes-Benz saat ini memang tengah mengembangkan beberapa mobil masa depan mulai dari mobil listrik hingga mobil otonom.

Tak hanya itu, dengan menjadi pemilik saham terbesar Daimler sekaligus pemilik dari Volvo Cars, bukan tidak mungkin akan terjadi pertukaran teknologi di antara keduanya. Tentunya, teknologi-teknologi tersebut pun akan digunakan pula pada mobil-mobil Geely di masa yang akan datang. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support