Xpander Bikin Garuda Indonesia Tak Lagi Pakai Mobilio, Ini Komentar Honda

Berita Otomotif

Xpander Bikin Garuda Indonesia Tak Lagi Pakai Mobilio, Ini Komentar Honda

JAKARTA – Honda mengaku merasa penjualan fleet Mobilio masih baik-baik saja tahun lalu, meski salah satu konsumen korporasi yaitu maskapai Garuda Indonesia berhasil direbut Mitsubishi Xpander.

Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual PT. Honda Prospect Motor (HPM), ketika diwawancarai di sela-sela Uji Keiritan Mobilio facelift belum lama ini di Jakarta mengatakan kontribusi penjualan fleet Mobilio pada 2018 naik menjadi 8 persen. Pada tahun sebelum itu, kontribusinya adalah 6 persen.

“Bukan berarti karena Garuda Indonesia tidak ada, penjualan fleet Mobilio tidak ada. Perusahaannya tidak bisa kami beritahukan ke pihak eksternal, mohon maaf. Tapi Blue Bird masih,” aku dia.

Data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan Mobilio terjual 24.328 unit pada 2018. Volumenya turun 31,34 persen dibanding setahun sebelumnya (year on year) yang mencapai 35.430 unit.

Berdasarkan kalkulasi Mobil123.com dari angka-angka yang diberikan Honda maupun data Gaikindo, secara volume penjualan fleet Honda sebenarnya juga turun.

Lebih lanjut, Jonfis menjelaskan bahwa pihaknya tidak bisa memprediksi apakah performa penjualan fleet Mobilio tahun ini akan naik, stagnan, atau turun. Menurut dia, hal tersebut tergantung pada siklus pergantian armada perusahaan-perusahaan.

Varian pertengahan yaitu tipe E menjadi yang paling banyak dibeli oleh korporasi secara umum. Akan tetapi, khusus untuk armada taksi, tipe terbawah yakni E yang dipilih.

“Kalau untuk taksi tipe S. Karena tidak ada lagi (di bawahnya,” tukas Jonfis.

Persaingan di segmen low multi purpose vehicle (LMPV) sendiri makin ketat sejak 2017 akibat kehadiran dua pemain anyar yakni Xpander plus Wuling Confero. Pada 2018 hingga awal 2019 pemain-pemain lama seperti Suzuki Ertiga, Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Nissan Livina, hingga tentu saja Mobilio silih berganti bergerak menyegarkan diri.

Xpander mulai 2018 mulai melebarkan sayap ke segmen fleet sebagai kompensasi berkurangnya para pembeli emosional. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar