Gara-gara Logo, Mazda Sampai Recall 260 Ribu Unit Mobil

Berita Otomotif

Gara-gara Logo, Mazda Sampai Recall 260 Ribu Unit Mobil

WASHINGTON – Mazda melakukan recall ratusan ribu unit mobil mereka di Amerika Serikat karena penyebab yang sangat simpel: logo dari merek tersebut di bagian setir.

Recall, atau penarikan dan perbaikan unit gratis, merupakan bentuk tanggung jawab pabrikan otomotif terhadap kesalahan atau cacat produksi yang dapat mencelakakan konsumen. Recall menunjukkan pabrikan tidak lepas tangan begitu saja setelah mobil mereka pindah ke tangan konsumen.

Adapun Mazda, seperti dilaporkan Carscoops baru-baru ini, menggelar recall terhadap 260.915 unit kendaraan mereka di ‘Negeri Paman Sam’. Modelnya adalah sedan/hatchback Mazda3 yang diproduksi antara 2004-2007.

Mazda recall 260 ribu unit mobil karena masalah pada logo

Perbaikannya sederhana yaitu mengganti logo Mazda pada lingkar kemudi karena materialnya bisa terpecah menjadi serpihan-serpihan yang berpotensi melukai muka ketika airbag (kantung udara) mengembang.

Laporan pertama dari konsumen kepada Mazda mengenai hal tersebut, menurut dokumen yang dipublikasikan oleh National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), terjadi pada 2015 di luar Amerika.

Pabrikan asal Jepang ini lantas menginvestigasi permasalahan dan ketika itu menemukan terjadinya hidrolisis pada material logo karena bahan kimia poliuretana di dalamnya ketika airbag mengembang. Proses tersebut mengakselerasi deteriorasi logo sehingga membuatnya lebih mudah terpecah menjadi serpihan.

Akan tetapi, level luka yang diakibatkan olehnya dinilai kecil sehingga recall pun tidak dilakukan.

Mazda recall mobil hanya gara-gara logo

Di versi penyegaran model 2007, Mazda kemudian mengganti material logo di setir Mazda3 untuk memperbaiki hal tersebut.

Pada 2021, Mazda menerima laporan kesepuluh di pasar global mengenai isu logo di setir Mazda3 2004-2007. Karena tak ingin membiarkan jumlah laporan bertambah menjadi lebih banyak lagi, mereka akhirnya memutuskan recall mesti dilakukan.

Sejauh ini, recall tersebut hanya dikabarkan terjadi di Amerika Serikat. Belum ditemukan informasi recall karena penyebab yang sama di negara-negara lain.

Pemilik Mazda3 2004-2007 di Amerika Serikat kabarnya bakal dihubungi oleh jaringan penjualan dan purnajual Mazda melalui email. Tentu saja, karena perbaikannya hanya berupa penggantian logo, waktu pengerjaan bisa berlangsung dengan relatif cepat dan mudah. [Xan/Had]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar