Gara-gara Banyak Liburan, Penjualan Honda Merosot

Berita Otomotif

Gara-gara Banyak Liburan, Penjualan Honda Merosot

JAKARTA – PT Honda Prospect Motor (HPM) menyebut bahwa penjualan retail produk-produknya turun sebesar 16 persen.

Jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya, HPM bisa membukukan penjualan retail sebanyak 10.189 unit. Pada Mei 2021, Honda mencatat penjualan retail sebesar 8.538 unit. Hal ini dikatakan dampak dari hari kerja yang lebih sedikit karena libur Lebaran.

Pihak HPM mengatakan bahwa meskipun mengalami kemerosotan 16 persen dibandingkan bulan sebelumnya, hal ini sudah diprediksi. Artinya angka penjualan mobil-mobil Honda disebutkan masih sesuai target.

Penyumbang penjualan terbesar Honda pada bulan Mei 2021 datang dari Brio yang menyumbangkan sebesar 63 persen dari total penjualan. Honda Brio Satya  menjadi yang tertinggi dengan penjualan sebanyak 3.813 unit dan menguasai pangsa pasar segmen LCGC sebesar 27 persen. Sementara Honda Brio RS terjual sebanyak 1.565 unit dan memimpin pangsa pasar segmen City Car sebesar 63 persen.
Honda Brio Indonesia

Produk lainnya yakni Honda City Hatchback terjual sebanyak 892 unit, HR-V 1.5L terjual sebanyak 815 unit, new CR-V terjual sebanyak 680 unit, Mobilio terjual sebanyak 335 unit dan BR-V terjual sebanyak 264 unit.

Produk-produk Honda lainnya seperti HR-V 1,8L terjual sebesar 69 unit, Civic Sedan terjual sebanyak 38 unit, Civic Hatchback RS yang terjual sebanyak 28 unit, Accord terjual 22 unit, Odyssey terjual 14 unit, Civic Type R terjual sebanyak 2 unit dan City terjual sebanyak 1 unit.

“Kami optimis trend penjualan yang positif akan berlanjut pada bulan-bulan mendatang. Terutama didukung oleh penyegaran pasar melalui produk-produk baru, dukungan pemerintah melalui program relaksasi pajak. Kami percaya bahwa pemerintah selalu memantau kondisi aktual pasar untuk dapat terus merancang kebijakan yang tepat, untuk mendorong pertumbuhan pasar otomotif dan ekonomi secara umum,” Yusak Billy, Business Innovation and Marketing & Sales Director PT Honda Prospect Motor.

Ia menambahkan bahwa Honda terus memaksimalkan tingkat produksi sesuai protokol kesehatan yang berlaku. Hal ini guna menyesuaikan dengan permintaan pasar yang meningkat berkat relaksasi pajak. Selain paket promosi yang ditawarkan Honda kepada konsumen tentunya. [Dew/Had]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar