Galaknya Nissan Juke-R di Sentul

Review

Galaknya Nissan Juke-R di Sentul

BOGOR – Empat tahun lalu Nissan memberikan kabar mengejutkan mengenai pernikahan antara crossover Nissan Juke dengan supercar Nisssan GT-R MY12 (model year 2012).

Di awal 2012, akhirnya monster hasil persilangan tersebut diluncurkan di Dubai dengan nama Nissan Juke-R. Dengan begitu Nissan Juke-R menjadi super crossover pertama di dunia.

Nissan Juke-R diracik oleh Nissan Technology Centre for Europe (NTC-E) selama 22 pekan. Para ahli di sana membenamkan mesin Nissan GT-R V6 3.8-liter twin-turbo bertenaga 545 hp.

Akselerasi 0-100 kpj Nissan Juke-R hanya 2,8 detik jika menggunakan launch control (tanpa LC 3,7 detik), sedangkan kecepatan maksimalnya 275 kpj. Batas putaran mesin 7000 rpm.

Di bawah lantai Nissan Juke-R tersembunyi transmisi 6-speed yang menggelontorkan tenaga ke semua roda (4WD). Selain mesin, Nissan Juke-R membawa suspensi dan drivetrain Nissan GT-R.

Dimensi eksterior Juke-R tidak berbeda dengan Juke, lebar 4135mm, tinggi 1575mm dan wheelbase 2530mm, sementara lebarnya bertambah dari 1765mm menjadi 1910mm, dengan fender gendut yang menjadi rumah roda 22” dari RAYS. Jarak antar-roda lebih lebar menjadi 1586mm depan dan 1598mm belakang.

Bumper depan dan belakang terbuat dari serat karbon untuk menghemat bobot kendaraan. Sementara di belakang terdapat spoiler besar agar mobil tetap stabil saat melaju kencang.

Interior Juke-R sendiri menggabungkan Juke dan GT-R dengan dashboard ditransformasi untuk menampilkan gauge, tombol-tombol, dan LCD 7-inchi dari GT-R. Center console-nya terinspirasi dari tangki bensin sepedamotor.

Nissan menghilangkan jok belakang. Kedua jok depan standar diganti dengan jok-balap OMP bertali kekang 5-titik. Ketika Anda masuk ke dalam kabin, Anda akan melihat roll cage untuk memenuhi standar keselamatan FIA.

Untuk meladeni performanya, Nissan mengganti rem standar dengan Brembo cakram 15,4 inchi depan dan 15 inchi belakang.

Dan, kemarin (24/4), Nissan Motor Indonesia mengajak segelintir jurnalis Indonesia termasuk Mobil123.com untuk mencicipi performa monster Nissan Juke-R di sirkuit Sentul, Bogor. Masing-masing diberi kesempatan memutari Nissan Juke-R sebanyak 2 putaran.

Memang agak aneh duduk di supercar berjubah crossover. Jika kita duduk di dalam sebuah supercar maka sangat rendah dan dekat dengan bumi, namun tidak dengan Juke-R yang masih terasa lebih tinggi.

Lalu bagaimana dengan performanya? Begitu pedal gas diinjak, Juke-R langsung meluncur kencang diikuti dengan suara menderu. Gelombang tenaganya terus datang di setiap jengkal lintasan yang dilewati.

Setirnya ringan diputar meski kami melaju di kecepatan tinggi namun tetap memberikan rasa percaya diri. Meski bertenaga sangat besar, Juke-R tetap menjadi anak manis ketika diarahkan sesuai dengan keinginan pengemudi.

Jika Anda berminat meminang Nissan Juke-R, Nissan Motor Indonesia siap membantu meneruskannya ke Nissan Motor Europe. Menurut mereka harganya sekitar 600 ribu dollar AS. [Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 

 

 

 

 



Indra Prabowo

Indra Prabowo

Senang menulis mobil dan sepedamotor dari sisi kendaraan itu sendiri hingga perkembangan teknologi. Dia sendiri paling menyukai jika disodorkan SUV untuk dibawa ke mana dia suka, tentu saja medan offroad.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support