Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Gaikindo Berharap Pajak Mobil Sedan Turun Tahun Ini

Berita Otomotif

Gaikindo Berharap Pajak Mobil Sedan Turun Tahun Ini

JAKARTA – Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) akan melakukan beberapa hal di tahun 2017, yang utama adalah mendorong pemerintah untuk menurunkan pajak sedan.

 Saat ini, pajak mobil sedan adalah yang tertinggi dibanding dengan mobil MPV dan hatchback. Akibatnya, konsumen banyak yang menghidar untuk  mobil jenis sedan.

“Yang akan kami ajukan adalah dengan menurunkan pajak mobil sedan dari sebelumnya 30 persen menjadi sama seperti mobil MPV atau lainnya yakni 10 persen. Dengan penurunan ini maka diharapkan penjualan di segmen sedan akan meningkat,” ungkap Yohanes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo.

Dengan turunnya pajak, Ia jberharap para principal produsen mobil akan semakin giat untuk melakukan investasi di Indonesia, salah satunya dengan memproduksi lebih banyak mobil sedan. Peningkatan produksi tersebut pun diharapkan mampu meningkatkan jumlah eskpor kendaraan khususnya dari segmen sedan.

Nangoi menambahkan, pihaknya juga terus berdiskusi dengan pemerintah tentang penetapan standar emisi gas buang yang lebih tinggi. Ini merupakan agenda besar bagi dunia otomotif nasional yakni menggunakan standar EURO 4 dari EURO 2 yang berlaku hingga saat ini. Meski tergolong sulit untuk terealisasi dalam waktu dekat, pihaknya tetap optimis untuk menyuarakannya pada pemerintah.

"Banyak keuntungan yang kita dapatkan jika memberlakukan standar EURO 4. Yang paling jelas adalah pabrikan otomotif di Indonesia ke depan sudah tak perlu lagi membuat standar produksi mobil untuk konsumsi lokal dan ekspor yang tentunya merepotkan," jelas pria yang akrab disapa Pak Yo.

Patut dicatat, Indonesia melalui Toyota memang gencar melakukan ekspor kendaraan sedan seperti Yaris Sedan ke negara-negara di Timur Tengah. Jumlahnya terbilang besar dan berhasil menjadikan Toyota produsen mobil dengan jumlah ekspor terbesar di Indonesia. [Adi/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123        
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang