Frankfurt Motor Show Telah Mati

Berita Otomotif

Frankfurt Motor Show Telah Mati

FRANKFURT – Frankfurt Motor Show, salah satu pameran otomotif terbesar di dunia tidak akan ada lagi. Pasalnya, dalam penyelenggaran tahun depan, pameran otomotif ini bakal pindah kota.

Pameran otomotif itu memiliki sejarah panjang. Menggelar pameran pertama pada 1951, Frankfurt Motor Show akhirnya menjadi salah satu pameran otomotif paling bergengsi dunia tempat pabrikan-pabrikan otomotif berlomba memamerkan mobil konsep, mobil baru, maupun teknologi termutakhir dan terpenting mereka.

Akan tetapi, menurut laporan Carscoops baru-baru ini, kisah ajang bernama asli the Internationale Automobil-Ausstellung (IAA) Frankfurt Motor Show tersebut telah berakhir. Semua diawali saat kontrak antara penyelenggara pameran dua tahunan ini yaitu Verband der Automobilindustrie (VDA) dengan Messe Frankfurt berakhir pada tahun lalu.

VDA lalu mencari kota baru, juga konsep lebih menarik bagi pabrikan-pabrikan yang tidak mengikuti pagelaran edisi 2019. Secara total, sudah ada tujuh kota yang mengajukan diri serta ide.

Frankfurt sebenarnya menjadi salah satu di antaranya. Di samping itu, ada pula Berlin, Cologne, Hamburg, Hanover, Munich serta Stuttgart.

Akan tetapi, penyelenggara sudah memutuskan menyisihkan Frankfurt. Tiga kota finalis ialah Berlin, Hamburg, plus Munich.

VDA pun memastikan pameran otomotif ini bakal pindah kota ketika diselenggarakan pada 2021 mendatang. Dalam pernyataan resmi, mereka menyatakan Frankfurt Motor Show masih terus berlanjut’, tapi tentu saja kepindahannya di kota lain membuat nama ini tak lagi konstekstual.

Siapa yang terpilih antara Berlin, Hamburg, Munich bakal diumumkan dalam beberapa pekan ke depan. Sampai hari pengumuman tiba, VDA akan memulai pembicaraan serta negosiasi kontrak lebih lanjut dengan ketiganya.

Martin Koers, Managing Director VDA, mengatakan pihaknya menangkap ketertarikan dari banyak pihak untuk menyelenggarakan ‘Frankfurt Motor Show’ dan ide-ide mereka pun memukau. Sayangnya, lokasi-lokasi potensial harus mereka perkecil sehingga negosiasi kontrak yang konkret bisa dimulai sampai akhirnya mereka menetapkan pilihan.

Ia mengaku ide maupun konsep dari Frankfurt amat impresif. Akan tetapi, setelah mengevaluasi seluruh kriteria yang relevan, mereka merasa harus mengesampingkan kota satu itu.

Martin menjelaskan hal itu bukan keputusan mudah. VDA, tandasnya, mengucapkan terima kasih pada Frankfurt maupun Messe Frankfurt yang telah menjadi tuan rumah Frankfurt Motor Show sejak lebih dari setengah abad silam. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar