Fitur Power pada Daihatsu Rocky Bisa Tingkatkan Akselerasi, Benarkah?

Review

Fitur Power pada Daihatsu Rocky Bisa Tingkatkan Akselerasi, Benarkah?

KARAWANG – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) seakan memahami bahwa masih ada masyarakat yang enggan memilih mobil transmisi otomatis, karena khawatir tidak bisa berakselerasi dengan cepat.

Untuk itu, mereka menyematkan fitur Power pada Daihatsu Rocky bertransmisi otomatis jenis CVT. Fitur ini diklaim mampu meningkatkan tenaga mesin secara instan dan membuat mobil dapat berakselerasi lebih cepat dibandingkan versi standar.

Mengaktifkan fitur tersebut pun terbilang sederhana, cukup dengan menekan tombol PWR di palang kanan lingkar kemudi. Dengan demikian, maka performa mobil dapat meningkat dan cocok digunakan bagi mereka yang memang menginginkan kecepatan tinggi.

Daihatsu Rocky

Namun, benarkah demikian? Kami pun mencoba fitur tersebut saat melakukan test drive Daihatsu Rocky 1.2L CVT di Karawang belum lama ini.

Sesuai dengan arahan dari pihak Daihatsu, putaran mesin kami jaga di angka 2.500 rpm saat di lintasan lurus. Kemudian tombol PWR kami tekan untuk mengaktifkannya.

Suara mesin langsung terdengar lebih keras dibandingkan sebelumnya.

Namun, mesin yang berderu lebih keras tersebut ternyata tidak serta merta membuat akselerasi mobil menjadi lebih cepat dibanding sebelumnya. Pasalnya akselerasi mobil hanya sedikit bertambah, itu pun baru kami sadari saat melihat informasi kecepatan di panel instrumen.

Memang performa dari fitur Power yang disematkan kurang terasa, tapi ini tentunya akan menjadi sangat berguna saat berada di tanjakan. Sebab, putaran mesin jadi meningkat dan menjanjikan performa lebih baik.

Untuk diketahui, Daihatsu Rocky 1.2L baru diluncurkan pada Juni 2021 lalu. Mobil ini dilengkapi dengan mesin berkapasitas 1.198 cc dengan tenaga yang dikeluarkan 86,7 hp pada 6.000 rpm dan torsi 112.7 Nm pada 4.500 rpm.

Beragam pengembangan telah dilakukan pada mesin untuk memastikan performa kendaraan maksimal tanpa mengurangi efisiensi bahan bakar.

Hal inilah yang menjadi perhatian ADM dalam pengembangan Daihatsu Rocky.

Daihatsu juga mengklaim bahwa mereka telah melakukan sejumlah pengujian untuk memastikan bahwa mobil dapat melintasi beragam medan jalan di Indonesia. [Adi/Ses]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar