Fitur Honda Odyssey Facelift Ini Belum Pernah Ada di Mobil Lain

Berita Otomotif

Fitur Honda Odyssey Facelift Ini Belum Pernah Ada di Mobil Lain

WASHINGTON D.C – Honda Odyssey facelift untuk pasar Amerika Serikat punya fitur Rear Seat Reminder yang diklaim baru pertama kali ada pada sebuah mobil produksi massal.

Multi purpose vehicle (MPV) mewah Honda ini, menurut situs resmi Honda di 'Negeri Paman Sam', diperkenalkan pada 29 Juli 2020. Adapun penjualannya berlangsung mulai 3 Agustus 2020.

Odyssey facelift menawarkan lima varian yakni LX, EX, EX-L, Touring dan Elite. Banderolnya dimulai dari USD 32.910 sampai USD 48.940 atau sekitar Rp 491,04 juta – 730,20 juta (USD 1 = 14.920,5).

Ubahan eksteriornya dan interiornya terbilang minim. Pada sisi muka, diferensiasi terdapat pada desain gril, bemper, lampu depan, sampai rumah lampu kabutnya. Bohlam LED di bagian depan juga diperbaiki agar lebih efisien plus bertenaga.


Sementara itu, dari sisi samping, perbedaan Odyssey facelift terlihat pada pelek 19 inci mulai varian Touring. Adapun sektor buritan hampir tak berubah karena hanya diberikan trim baru warna gloss black dengan aksen perak di pintu bagasi.

Nuansa interior sedikit disegarkan dengan warna kabin baru. Fungsionalitas dan fleksibilitas ditingkat dengan beragam hal kecil tapi cukup berguna.

Di antaranya adalah pelipatan kursi Captain Seat baris kedua yang kini hampir 90 derajat agar peletakan barang pada bagian belakang jadi lebih mudah. Mulai varian EX, ada pula fitur Magic Slide yang membuat kursi baris kedua bisa digeser ke samping kiri – kanan, selain tentu saja ke depan – belakang.


Varian Touring serta Elite diberikan USB Charging Slot tambahan hingga baris ketiga. Dengan demikian, total USB Charging Slot jadi lima pada dua varian ini.

Rear Seat Reminder
Masih ada lagi beragam penyempurnaan dari sisi interior Odyssey facelift. Tapi, dari semua itu, yang terpenting adalah fitur baru bernama Rear Seat Reminder yang diklaim belum pernah ada sebelumnya di mobil mana pun.

Fitur pintar ini bakal mengetahui jika kita menaruh barang atau anak di bangku belakang, kemudian mengingatkannya lagi sebelum kita turun lewat suara plus tampilan visual di meter cluster. Rear Seat Reminder menjadi standar di semua varian dan melengkapi fitur canggih ramah keluarga lain yang sudah lebih dulu ada seperti CabinWatch (memantau situasi baris belakang lewat Head Unit) serta CabinTalk (mempermudah komunikasi dengan orang-orang di belakang).

Honda Sensing Makin Lengkap
Perangkat keselamatan aktif Honda Sensing pada Odyssey facelift pun diberikan radar depan lebih canggih. Ini untuk memfasilitasi empat fitur baru pada Honda Sensing yakni Pedestrian Emergency Braking, Traffic Sign Recognition, Adaptive Cruise Control with Low Speed Follow, dan Electric Brake Booster.



Fitur-fitur Honda Sensing di Odyssey sebelumnya sudah cukup banyak. Ada, misalnya, Forward Collision Warning (FCW), Lane Departure Warning (LDW), Lane Keeping Assist System (LKAS), plus Road Departure Mitigation (RDM).

Bagian teknis Odyssey facelift sendiri tidak diutak-atik. Sistem penggerak masih mengandalkan mesin bensin V6 dengan tenaga 280 horsepower dengan transmisi otomatis 10 percepatan. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama

Xpander Edisi Khusus yang Makin Greget

Xpander Edisi Khusus yang Makin Greget

Video
Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia meluncurkan Xpander Black Edition dan Xpander Cross Rockfort Fosgate Black Edition yang tampil lebih ...

Komentar