Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

First Drive Mitsubishi Xpander Cross Facelift: SUV Murah, Kok, Bisa Kayak Begini!

Review

First Drive Mitsubishi Xpander Cross Facelift: SUV Murah, Kok, Bisa Kayak Begini!

TANGERANG – Mitsubishi Xpander Cross ada di segmen low sport utility vehicle (LSUV) yang masih termasuk kategori kendaraan murah untuk pasar Indonesia. Namun, satu fitur tambahan di versi facelift-nya yaitu Active Yaw Control (AYC) membuat pengemudi terasa seperti sedang mengendarai SUV premium.

Xpander Cross facelift baru saja meluncur dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, 11-21 Agustus kemarin di Serpong, Tangerang. Adapun harga on the road (OTR) Jakartanya Rp309,95 juta bagi tipe MT dan Rp335,75 juta bagi tipe CVT Premium Package.

Pada Rabu (24/8/2022) kemarin, Mobil123.com langsung dipersilakan menjajal Xpander Cross facelift di atas trek buatan di Pusat Pendidikan Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Pusdiklantas Polri), Serpong, Tangerang.

Beberapa rintangan direka. Tapi, yang paling menarik di trek adalah keberadaan dua bundaran 360 derajat. Satunya ditaburi pasir, sedangkan yang lainnya disiram air cukup banyak hingga menggenang.

Mobil123.com ditantang memutari dua bundaran yang licin karena pasir atau air itu tanpa menginjak rem. Bahkan, salah satu staf humas Mitsubishi menantang untuk menginjak pedal gas SUV 1.5-liter bensin ini dalam-dalam ketika melibas bundaran yang basah.

Apa yang terjadi?

AYC Bikin Mitsubishi Xpander Cross Facelift Seperti SUV Mahal

Salah satu pembaruan Xpander Cross facelift adalah penyematan AYC. Inilah pertama kalinya fitur tersebut hadir di SUV murah Mitsubishi.

“Sebelumnya, Mitsubishi hanya menyematkan AYC di model-model premiumnya. AYC tadinya hanya ada di Eclipse Cross dan Oulander PHEV. Kalau ingat, pada 2008, AYC juga ada di Lancer Evolution 10,” kata Head of Training Section PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Muhammad Arif Dwianto dalam presentasi sebelum sesi test drive (uji kendara).

AYC berfungsi meningkatkan kemampuan manuver kendaraan, meskipun di atas jalan yang licin. Dua lintasan bundaran di Pusdiklantas Serpong kemarin sengaja diciptakan untuk membuktikan keandalannya.

Gilanya, Xpander Cross facelift ternyata benar-benar bisa melaju mulus tanpa understeer atau pun oversteer saat memutari bundaran berpasir dengan diameter pas-pasan.

Padahal, Mobil123.com melaju dengan kecepatan nyaris 40 km per jam tanpa menginjak pedal rem. Sistem pengereman terasa bekerja sendiri mengatur perlambatan pada roda-roda kendaraan ketika sedang bermanuver.

Patut diingat bahwa Xpander Cross facelift masihlah sebuah kendaraan berpenggerak roda depan (forward wheel drive) yang lebih punya kecenderungan mengalami understeer.

Ketika berputar-putar tiga sampai empat kali di bundaran basah, Mobil123.com malah menggeber Xpander Cross facelift di atas 45 km per jam tanpa mengerem. Lagi-lagi, sistem pengereman bekerja otomatis mengatur roda-roda agar mobil tidak melintir.

“AYC meningkatkan rasa aman dan nyaman teruma saat bermanuver karena efisiensi radius putar ketika menikung dioptimalkan. Jadi, tak perlu menginjak pedal rem. Tinggal mengontrol setir dan kedalaman pedal gas,” papar Arif.

“AYC akan otomatis bekerja saat mobil menikung. Apalagi di kondisi jalan licin. Fitur ini akan memberikan kontrol pengereman di roda-roda bagian dalam tikungan,” lanjut dia.

Ada lima level kekuatan AYC di mobil-mobil Mitsubishi. Termasuk pada Xpander Cross facelift.

Seberapa kuat level AYC yang terjadi saat bermanuver dalam dilihat lewat indikator di LCD Meter Cluster 8 Inch anyar Xpander Cross.

AYC berhasil membuat Mobil123.com terheran-heran karena Xpander Cross, sebuah SUV di kategori murah untuk pasar Indonesia, bisa bermanuver sedemikian ‘galak’ layaknya SUV-SUV di atas Rp400 juta atau bahkan Rp500 juta! [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang