FIFGROUP Tawarkan Obligasi

Berita Otomotif

FIFGROUP Tawarkan Obligasi

JAKARTA - PT Federal International Finance atau FIFGROUP -- anak perusahaan PT Astra International Tbk -- yang bergerak dibidang jasa pembiayaan konsumen khususnya pembiayaan ritel sepeda motor Honda, kembali akan melakukan Penawaran Umum Berkelanjutan Obligasi Berkelanjutan II dengan target dana yang akan dihimpun sebesar Rp 10.000.000.000,- (sepuluh triliun rupiah). 

Dalam rangka Penawaran Umum Berkelanjutan tersebut, PT Federal International Finance menerbitkan dan menawarkan Obligasi Berkelanjutan II Dengan Tingkat Bunga Tetap Tahap I Tahun 2015 dengan jumlah pokok sebesar Rp 3.000.000.000.000,00 (tiga triliun rupiah). 

Penawaran umum obligasi ini merupakan salah satu strategi keuangan perseroan dalam rangka diversifikasi sumber pendanaan.

"Dana yang diterima dari hasil penawaran (setelah dikurangi dengan biaya-biaya emisi), akan digunakan untuk pembiayaan kredit kepemilikan sepeda motor Honda sesuai dengan kegiatan usaha utama perseroan,” ungkap Presiden Direktur PT FIF Suhartono.

Suhartono lalu menjelaskan bahwa untuk mendukung penerbitan obligasi ini, FIF telah mengantongi peringkat (rating) idAAA (Triple A) dari Pefindo, dan AAA(idn) (Triple A) dari PT Fitch Ratings Indonesia (FITCH). 

“Kami berharap penawaran umum ini merupakan salah satu pilihan investasi terbaik dan aman bagi investor, baik investor individu maupun investor lembaga, seperti halnya dengan Obligasi PT FIF yang telah kami terbitkan sebelumnya,” tambah Suhartono.

PT Federal International Finance sendiri telah melakukan penawaran umum obligasi sejak tahun 2002, dengan total obligasi yang telah diterbitkan sebesar Rp. 19,25 triliun dan yang telah jatuh tempo dan dilunasi sebesar 14,375 triliun.

PT Federal International Finance saat ini telah memiliki 169 cabang dan 421 Point of Service yang tersebar diseluruh provinsi Indonesia dan didukung lebih dari 15.000 karyawan dengan sistem  yang terintegrasi serta tersentralisasi secara real time online. 

Untuk lebih meningkatkan pelayanan kepada 3.9 juta  konsumennya, Perseroan talah menjalin kemitraan dan kerjasama/aliansi strategis dengan beberapa institusi terkait seperti Kantor POS, Asuransi, Pihak Perbankan, dan toko-toko waralaba” jelas Suhartono.

“Dalam beberapa tahun terakhir, kinerja Perseroan memperlihatkan perkembangan yang sangat mengesankan. Pada tahun 2014, perseroan berhasil membukukan pembiayaan sebesar Rp 25.4 triliun,  mengalami peningkatan sebesar Rp 5,1 triliun dari total pembiayaan tahun 2013 sebesar Rp 20.3 triliun. 

“PT FIF juga membukukan peningkatan revenue sebesar 14%, di mana tercatat pada tahun 2014 perseroan membukukan revenue sebesar Rp 6,34 triliun meningkat dari Rp 5,56 triliun di tahun 2013. Peningkatan kinerja ini didukung dengan manajemen piutang yang handal,” jelas Suhartono.

Keterangan mengenai Obligasi Berkelanjutan II Dengan Tingkat Bunga Tetap Tahap I Tahun 2015:

  1. Obligasi ini diterbitkan dalam 2 (dua) seri sebagai berikut:
    Seri A : Jangka waktu Obligasi adalah 370 (tiga ratus tujuh puluh) Hari Kalender sejak Tanggal Emisi. Pembayaran Obligasi dilakukan secara penuh (bullet payment) sebesar 100% (seratus persen) dari Pokok Obligasi Seri A pada saat tanggal jatuh tempo, yaitu pada tanggal 3 Mei 2016.
    Seri B : Jangka waktu Obligasi adalah 36 (tiga puluh enam) bulan sejak Tanggal Emisi. Pembayaran Obligasi dilakukan secara penuh (bullet payment) sebesar 100% (seratus persen) dari Pokok Obligasi Seri B pada saat tanggal jatuh tempo, yaitu pada tanggal 23 April 2018.
  2. Bunga Obligasi dibayarkan setiap 3 (tiga) bulan sesuai dengan Tanggal Pembayaran Bunga.
  3. Obligasi dijamin dengan piutang lancar sekurang-kurangnya 60% dari pokok obligasi.
  4. Obligasi dicatatkan di Bursa Efek Indonesia.

Adapun Penjamin pelaksana emisi:

  • PT CIMB Securities Indonesia
  • PT DBS Vickers Securities Indonesia
  • PT HSBC Securities Indonesia
  • PT Indo Premier Securities
  • PT Mandiri Sekuritas
  • PT Standard Chartered Securities Indonesia

Akuntan Publik: Tanudiredja, Wibisana & Rekan (a member firm of PwC Global Network)
Konsultan hukum: Thamrin & Rachman
Notaris: Fathiah Helmi, SH
Wali amanat: PT BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) Tbk
Agen pembayaran: PT Kustodian Sentral Efek Indonesia

Temukan mobil idaman di Mobil123.
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Indra Prabowo

Indra Prabowo

Senang menulis mobil dan sepedamotor dari sisi kendaraan itu sendiri hingga perkembangan teknologi. Dia sendiri paling menyukai jika disodorkan SUV untuk dibawa ke mana dia suka, tentu saja medan offroad.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual