Ferrari Monza Sp1 dan Sp2 Berharga Rp 28 Miliar, Cuma Dibuat 499 Unit

Berita Otomotif

Ferrari Monza Sp1 dan Sp2 Berharga Rp 28 Miliar, Cuma Dibuat 499 Unit

PARIS – Ferrari Monza Sp1 dan Sp2 hadir di Paris Motor Show 2018, awal Oktober. Supercar spesial ini dibuat terbatas dan konsumen-konsumennya pun dipilih oleh sang pabrikan.

Monza, seperti diwartakan Bloomberg belum lama ini, terdiri dari dua varian yakni Sp1 dan Sp2. Debut globalnya sendiri sudah digelar pada September di Maranello, Italia.

Adapun harganya adalah 1,6 juta euro (Rp 28,08 miliar) di pasar Italia. Jika pun Anda punya uang sebesar itu, Belum tentu bisa membelinya karena Ferrari punya cara unik dalam pemasarannya.

Dalam hal ini, Ferrari lah yang langsung memilih pembelinya. Mereka pun tidak bisa membeli keduanya, harus salah satu antara Monza Sp1 atau Sp2. Secara total, hanya akan ada 499 unit yang dibuat.

“Kami sudah mengidentifikasi orang-orang yang beruntung yang punya peluang membelinya. Setiap unit mobil sudah dialokasikan untuk nama yang spesifik,” papar Enrico, Galliera, Head of Sales and Marketing Ferrari.

Sebagai informasi, Ferrari adalah pabrikan supercar yang menerapkan sistem ‘kasta’ bagi para konsumen mereka. Mobil-mobil edisi spesial, edisi terbatas, apalagi one-off (modifikasi dari model standar yang hanya dibuat satu unit), cuma dapat dibeli oleh ‘kasta’ teratas. Mereka adalah orang-orang yang mengoleksi Ferrari tanpa pernah menjualnya kembali serta aktif di berbagai kegiatan yang dibuat oleh pabrikan.

Strategi ini mirip dengan yang diterapkan oleh Hermes International dalam menjual tas-tas mewah edisi terbatas seperti tas Birkin berbanderol 10 ribu dollar AS (Rp 152,92 juta). Dengan strategi ini, orang-orang borjuasi yang menjadi target malah makin bernafsu membelinya.

Lebih lanjut, Monza Sp1 dan Sp2 terinspirasi dari mobil-mobil balap tanpa atap Ferrari yang kemudian beralih menjadi mobil sport untuk jalan raya. Tiga model yang menjadi inspirasi terbesar ialah 166 MM produksi 1948, 750 Monza (1950-an), 860 Monza (1950-an).

Perbedaan di antara keduanya hanya jumlah kursi. Monza Sp1 adalah mobil satu penumpang, sedangkan Monza Sp2 dimodali dua kursi.

Spesifikasi lainnya sama. Moza Sp1 maupu Sp2 punya kosntruksi dari serat karbon dan mesin 12 silinder terkuat yang pernah dibuat Ferrari.

Akselerasi 0-100 km/jam digapai dalam 2,9 detik dan untuk menggapi kecepatan 0-200 km/jam diraih dalam 7,9 detik. Tak ketinggalan, mobil ini diklaim dapat dipacu hingga kecepatan lebih dari 300 km/jam.

Monza Sp1 plus Sp1 merupakan bagian dari strategi lima tahun Ferrari di bahwa Louis Camilleri, Chief Executive Officer yang mengambil alih posisi Sergio Marchionne ketika sakit dan kemudian wafat Juli silam. Ferrari ingin memperluas kehadiran model-model edisi terbatas untuk mendorong margin profit hingga lebih dari 38 persen di 2022.

Pada 2017, margin profit Ferrari adalah 30 persen. Angka itu lebih kecil dari Apple (31 persen) tapi masih di atas pabrikan-pabrikan semisal BMW. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar